Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Cara Tingkatkan Masa Pakai Baterai Laptop

Baterai Laptop_1a
Baterai Laptop. (Sumber: Tech Universe)

Unbox.id – Penggunaan laptop menentukan masa pakai baterai. Tidak hanya dari segi penggunaan perangkat, faktor-faktor seperti pengaturan daya, jumlah aplikasi yang berjalan, dan suhu lingkungan juga dapat menentukan masa pakai baterai. Namun, daya tahan baterai laptop dapat dioptimalkan agar tahan lebih lama. Dikutip dari The Express Tribune, berikut cara mengoptimalkan baterai laptop Anda.

Gunakan Alat Manajemen Kinerja Windows

Baterai Laptop_2b

Baterai Laptop. (Sumber: Tech Inspiring)

Alat khusus PC ini tersedia di penggeser bilah tugas di Windows 10. Seperti pada Windows 11, alat ini dapat ditemukan di Pengaturan, khususnya di Sistem dan Daya & Baterai.

Dengan alat ini, kinerja baterai dan laptop dikelompokkan berdasarkan vendor, dari mode Performa Terbaik hingga Penghemat Baterai.

Mode Kinerja Terbaik memaksimalkan kinerja baterai, sedangkan mode Penghemat Daya dapat mengurangi kecerahan layar sebesar 30%, mencegah pengunduhan pembaruan Windows, dan mencegah sinkronisasi dan jeda Mail. Sebagian besar aplikasi berjalan di latar belakang.

Dengan memilih mode Performa Terbaik akan lebih efisien karena membatasi sumber daya untuk aplikasi latar belakang.

Pengaturan Baterai MacOS

Di MacOS, pengguna dapat menggunakan fitur penghemat baterai di aplikasi System Preferences. Pilih “Redupkan layar sedikit saat menggunakan baterai” dan hapus centang “Aktifkan Power Nap saat menggunakan baterai” untuk menghemat baterai perangkat.

Mematikan mode Power Nap akan menyebabkan MacBook Anda menjadi tidak aktif saat tidak menggunakan baterai. untuk pembaruan.

Sementara itu, dengan mengaktifkan fitur “Redupkan layar sedikit saat menggunakan daya baterai”, jika pengguna mencabut kabel pengisi daya dari perangkat, maka kecerahan laptop MacBook Pro terbaru akan disesuaikan menjadi 75%.

Ada juga fitur tambahan yang dapat diaktifkan untuk memaksimalkan penghematan baterai, seperti “Optimalkan pemutaran video dengan baterai” untuk menonaktifkan pemutaran video HDR dan “Optimalkan pengisian baterai”.

Aktifkan Mode Pesawat dan Nonaktifkan Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Tips ini dapat diterapkan dalam praktek ketika pengguna melakukan pekerjaan yang tidak memerlukan koneksi internet. Dengan mengaktifkan Mode Pesawat, Anda akan menghilangkan pengurasan baterai yang signifikan, terutama saat menjalankan aplikasi di latar belakang.

Selain mengaktifkan Mode Pesawat, ini adalah cara lain yang direkomendasikan untuk mengurangi penggunaan aplikasi. Coba nonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Jika menurut Anda aplikasi tertentu paling menguras baterai, pastikan untuk menutupnya setelah digunakan. Di Windows 10, pengguna dapat mencarinya di bilah pencarian, sedangkan di Windows 11, daftarnya tersedia di panel pengaturan Daya dan Baterai, di bawah Penggunaan Baterai.

Pengguna juga dapat Tentang Membatasi aplikasi yang berjalan secara otomatis setiap kali Anda nyalakan komputer Anda, cari lagi di bilah pencarian. Ini juga dapat dilakukan pada perangkat macOS, khususnya di Pengguna & Grup dan kemudian tab Item Masuk.

Baca juga: Laptop Baru Asus Vivobook Go 14 Dan Go 15, Apa Bedanya?

Sesuaikan Grafik dan Tampilan Untuk Aplikasi Tertentu

Baterai Laptop_3c

Baterai Laptop. (Sumber: TechVaganza)

Laptop dengan prosesor grafis yang kuat dapat menghabiskan banyak baterai. Di Windows 11, pengguna dapat membuka Pengaturan dan Tampilan untuk melihat aplikasi mana yang menggunakan GPU tertentu.

Pengguna dapat menyesuaikan GPU untuk aplikasi tertentu, seperti game. Selain itu, pengguna juga dapat memilih mode hemat daya CPU untuk aplikasi lain. Fitur ini tersedia di GPU Windows 11 dan macOS tertentu. Untuk perangkat macOS, pengguna dapat menemukan fitur ini di Setelan, lalu memilih opsi “Pengalihan Grafik Otomatis”.

Meskipun baterai saat ini rumit dan memiliki kemampuan yang jauh lebih baik, baterai dapat dengan mudah menjadi panas dan rusak jika digunakan tanpa baterai. baterai. ventilasi yang baik. Akumulasi debu atau penghalang lain seperti selimut dapat menghalangi kipas internal dan ventilasi baterai saat memanas.

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan laptop pada permukaan yang kokoh seperti meja agar sirkulasi udara tidak terganggu.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hardware

Unbox.id – Vendor laptop lokal Axioo melanjutkan kesuksesan Pongo sebagai laptop gaming dengan performa bagus. Yang terbaru, Axioo memperkenalkan Pongo 760 V2 yang ditenagai...

Tech News

Unbox.id – Penggunaan kecerdasan buatan (AI) adalah solusi yang memenuhi berbagai kebutuhan. Penggunaan AI juga meluas ke banyak bidang kehidupan dan memfasilitasi banyak aktivitas,...

Acer

Jakarta, Unbox.id — Acer kali ini meluncurkan produk laptop gaming terbaru, Predator Helios Neo 16 (PHN16-72) di pasar Tanah Air. Perangkat dengan segmentasi gaming...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id — Samsung baru-baru ini memperkenalkan seri Galaxy Book 4 secara global, tetapi tampaknya ada pengungkapan menarik lainnya yang akan segera terjadi. Laptop...