Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Ini Dia Tips Buat Solusi Untuk Mengatasi Laptop Lemot!

Laptop Lemot_1a
Laptop Lemot. (Sumber: Liputan6.com)

Unbox.id – Sama seperti produk elektronik pada umumnya, semakin lama laptop digunakan maka performa laptop akan semakin menurun. Salah satu tandanya adalah loading yang melambat, apalagi saat membuka aplikasi tidak secepat saat laptop dalam kondisi prima. Jika hal ini terjadi, bisa dibilang kinerja laptop sudah mulai melambat. Namun jangan buru-buru mengganti laptop anda dengan yang baru, karena ada beberapa solusi laptop lemot yang bisa anda coba. Penurunan performa laptop adalah hal yang wajar, tidak peduli seberapa tinggi spesifikasinya. Apalagi jika settingan laptop tidak maksimal. Ini mengacu pada beberapa laptop gaming terbaru saat ini yang sudah mulai hadir dengan perangkat lunak manajemen kinerja.

Penyebab Laptop Lemot

Ada beberapa hal yang membuat kinerja laptop menjadi lambat, dan secara umum masalah-masalah berikut menjadi penyebab utamanya.

  • Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background dan otomatis aktif saat diaktifkan, hal ini akan membuat kinerja perangkat jadi berat dan membutuhkan proses booting yang lebih lama.
  • Umur harddisk sudah terlalu lama, dimana proses read and write berjalan lebih lama dari biasanya. Efeknya akan berpengaruh pada performa laptop secara keseluruhan.
  • Kapasitas harddisk yang sudah penuh, menyebabkan kinerja semakin berat dan membuat laptop menjadi lemot.

Nah, mengetahui apa saja yang memperlambat kinerja laptop, kita bisa mencoba melakukan tindakan perbaikan.

Uninstall Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

Laptop Lemot_2b

Laptop Lemot. (Sumber: Parboaboa)

Jika Anda sudah memiliki laptop, terkadang kami ingin mencoba berbagai aplikasi. Namun, jika kita menginstal terlalu banyak aplikasi, ruang penyimpanan di drive C akan penuh dan sistem akan terlalu lama membaca hard drive.

Efek jangka panjang tentunya akan menjadi salah satu penyebab laptop menjadi lambat. Cara mengatasi laptop lemot karena terlalu banyak aplikasi bisa dilakukan dengan menguninstall beberapa aplikasi yang tidak pernah atau jarang digunakan.

Cobalah untuk memilih aplikasi yang jarang digunakan. Anda juga dapat memeriksa aplikasi yang terinstal secara tidak sengaja saat menjelajah dan kemudian saat mengunduh konten dari situs web tertentu atau selama penginstalan.

Gunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan saja, sayang jika memori penuh karena aplikasi sering tidak aktif. Ini cara yang cukup mudah untuk mencegah laptop melambat karena Anda tidak perlu menggunakan perangkat lunak atau teknik khusus apa pun.

Rutin Membersihkan Cache

Penggunaan laptop dalam jangka panjang akan menyebabkan penumpukan cache, juga dikenal sebagai file sementara. Cache ini harus dibersihkan secara berkala karena memakan ruang memori di laptop.

Cara membersihkannya cukup sederhana, Anda hanya perlu pergi ke file manager lalu memilih tempat menyimpan harddisk yang diinginkan, mulai dari drive C, drive D, dll. Pilih “Properti”, lalu “Umum” dan terakhir “Pembersihan Disk”.

Pakai Aplikasi Sesuai Spesifikasi Laptop

Laptop Lemot_3c

Laptop Lemot. (Sumber: Jalan Tikus)

Sebelum membeli, pemilik laptop sebaiknya mengetahui spesifikasi laptop tersebut. Ini akan membantu pemilik untuk menilai apakah aplikasi yang ingin dimasukkan ke dalam laptop sudah sesuai dengan spesifikasinya.

Misalnya, kami memasang game berat favorit kami meskipun spesifikasi CPU dan RAM tidak cukup. Jika Anda masih bersikeras menginstal aplikasi di laptop Anda, jangan heran jika suatu saat laptop Anda menjadi lemot.

Solusinya, jangan memencet kapasitas laptop. Pilih aplikasi alternatif atau yang speknya lebih rendah agar tidak memperlambat laptop Anda. Dengan spek yang pas dan tepat, Anda bisa mengatasi laptop yang lemot dan meningkatkan performanya menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.

Baca juga: Ini Dia Tips Pilih Laptop Untuk Jualan Di Online

Sesuaikan Penggunaan Aplikasi

Memaksakan kinerja RAM dengan terlalu banyak mengaktifkan aplikasi juga menjadi salah satu penyebab kinerja laptop lemot. Misalnya saat kita sedang bermain game, kita sering membuka aplikasi musik secara bersamaan.

Memang penanganan gamenya sudah berat, tapi juga berjalan beriringan dengan pemutar musiknya. Sesuaikan penggunaan aplikasi dengan spesifikasi laptop Anda. Anda juga dapat mengaktifkan manajemen tugas untuk mengontrol penggunaan RAM saat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan untuk mencegah laptop berjalan lambat.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Artikel

Unbox.id – Penggunaan laptop menentukan masa pakai baterai. Tidak hanya dari segi penggunaan perangkat, faktor-faktor seperti pengaturan daya, jumlah aplikasi yang berjalan, dan suhu...

Artikel

Unbox.id – Laptop yang lemot pastinya sangat mempengaruhi pekerjaan Anda. Karena Anda akan kesulitan berpindah antar tab browser dan laptop juga akan merespon perintah...

Artikel

Unbox.id – Laptop merupakan salah satu perangkat elektronik yang biasa digunakan untuk melakukan berbagai tugas. Mulai dari pekerjaan yang berhubungan dengan pencatatan, editing bahkan...

Hardware

Unbox.id – Pengguna laptop atau komputer yang berfungsi pasti pernah mengalami situasi di mana mereka terpaksa mematikan laptopnya karena gagal atau macet. Fungsi sistem...