Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Kinerja Laptop Mulai Lemot? Ini Cara Mengatasinya!

Laptop Lemot_1a
Laptop Lemot. (Sumber: BlogPress.id)

Unbox.id – Laptop yang lemot pastinya sangat mempengaruhi pekerjaan Anda. Karena Anda akan kesulitan berpindah antar tab browser dan laptop juga akan merespon perintah dengan lambat. Masalah laptop lemot ini bisa terjadi karena perangkat sudah tua. Namun, Anda tidak perlu terburu-buru menggantinya dengan yang baru. Rangkuman dari PCWorld, sebenarnya ada beberapa cara untuk meningkatkan performa laptop yang mulai lemot. Untuk mengetahuinya, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Restart PC/Laptop

Trik ini merupakan yang paling dasar dan sering digunakan oleh para pengguna laptop. Namun, sebagian besar laptop modern dapat diandalkan dan dialihkan ke mode tidur untuk menghemat daya.

Oleh karena itu, laptop jarang mati kecuali pengguna menginstal pembaruan Windows atau memperbaiki masalah. Oleh karena itu, restart laptop Anda untuk mengatasi masalah ini.

Bersihkan Aplikasi Startup

Laptop Lemot_2b

Laptop Lemot. (Sumber: Popbela)

Saat Anda memulai Windows, Anda mungkin akan melihat bahwa sebuah aplikasi segera diluncurkan. Ada beberapa aplikasi yang dirancang untuk diluncurkan segera ketika Windows dijalankan. Akibatnya, seiring berjalannya waktu, permintaan tersebut akan terakumulasi.

Penumpukan ini dapat menyumbat laptop sehingga perlu dibersihkan. Untuk melakukannya, buka menu “Pengaturan Windows”, lalu cari “Aplikasi startup”. Di sana Anda dapat melihat daftar aplikasi startup yang dapat Anda hapus. Tombol di samping setiap aplikasi memungkinkan Anda mengaktifkan atau menonaktifkan aplikasi tersebut.

Sebagian besar aplikasi akan muncul dalam daftar ini, namun ada pula yang tidak. Jadi Anda juga dapat menonaktifkannya dengan cara lama menggunakan aplikasi Konfigurasi Sistem Windows.

Koneksi Internet Bisa Menyebabkan Laptop Lemot

Beberapa tugas yang Anda lakukan di laptop mungkin memerlukan koneksi Internet. Misalnya browsing web, streaming, atau bermain game online. Namun tidak jarang koneksi internet yang buruk membuat pengalaman menggunakan laptop menjadi kurang maksimal.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menguji koneksi Internet Anda dengan alat uji kecepatan seperti speedtest.net. Jalankan pengujian beberapa kali dan perhatikan waktu ping serta kecepatan unggah dan unduh. Idealnya, kecepatan unduh dan unggah harus di atas 10 Mbps.

Selain itu, perhatikan perubahan kinerja yang tidak terkendali di antara pengujian. Ini tandanya koneksi Internet Anda berfungsi tetapi tidak dapat diandalkan.

Kosongkan RAM

RAM laptop Anda adalah penyimpanan jangka pendek. Laptop yang kekurangan RAM harus memulihkan data langsung dari hard drive. Anda dapat melihat program yang aktif dan memori yang terpakai di Task Manager.

Untuk mengaksesnya, Anda dapat mencarinya di Windows Search atau dengan menekan Ctrl+Alt+Del. Selanjutnya, pilih Task Manager dari menu yang muncul. Task Manager akan menampilkan daftar program yang aktif. Pilih Lebih detail untuk melihat jumlah memori untuk setiap program yang digunakan.

Pilih aplikasi yang jarang digunakan dan menghabiskan terlalu banyak ruang. Lalu ketuk Akhiri Tugas untuk mengakhirinya. Namun perlu diingat bahwa saat Anda melakukan ini, Anda mungkin menghapus data yang belum Anda simpan.

Baca juga: Tips Cara Mengatasi Layar Laptop Yang Berkedip

Bersihkan Hard Drive Laptop

Hardrive Laptop_3c

Hardrive Laptop. (Sumber: JalanTikus)

Sedikit berbeda dengan RAM, harddisk merupakan tempat penyimpanan jangka panjang. Ini juga dapat menimbulkan masalah jika terisi penuh. Anda dapat memeriksa memori laptop Anda dengan membuka Pengaturan Windows, lalu memilih Sistem dan Memori.

Setelah dibuka, Windows akan menampilkan grafik batang yang menunjukkan jumlah penyimpanan yang digunakan. Jika hard drive terlalu penuh, bilah ini akan berubah menjadi merah. Anda dapat membersihkannya dengan memilih aplikasi atau file yang menghabiskan ruang penyimpanan.

Beberapa cara diatas sudah terbukti dapat membantu untuk mempercepat kinerja laptop, silahkan dicoba.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Trending

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Setelah memperkenalkan laptop seri Copilot+ yang menjalankan Snapdragon, meski masih hanya tersedia di pasar Amerika, kemungkinan besar laptop ini akan dirilis ke...

Artikel

Unbox.id – Menghemat daya laptop adalah keterampilan penting, terutama ketika Anda harus bekerja atau belajar dalam perjalanan tanpa akses mudah ke sumber listrik. Dengan...

Software

Last updated on 10 Juni, 2024 Unbox.id – Laptop adalah salah satu perangkat yang sering digunakan untuk berbagai kegiatan, baik itu untuk bekerja, belajar,...

How To

Jakarta, Unbox.id — Ada beberapa hal yang perlu menjadi catatan tambahan untuk pengguna tentang pengaturan dasar pada sistem operasi laptop Windows 10. Di antaranya...