Social Media

Di Eropa 16 Tahun Baru Boleh Punya WhatsApp

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Sosial media dan layanan chat saat ini sedang hits, bisa dibilang banyak dari kita tidak tahan jika sehari saja tidak melihat social media atau chatting dengan seseorang. Fungsi menghubungkan orang memang positif tapi seperti kita tahu, dua ranah tersebut pun membahayakan, terutama bagi anak di bawah umur. Nah, untuk mencegah hal buruk terjadi, di Eropa sudah diberlakukan usia minimal pengguna WhatsApp.

Laporan dari Sky News telah mengungkapkan bahwa WhatsApp akan menetapkan persyaratan baru bagi penggunanya yaitu usia minimal. Aturan ini menentukan setidaknya pengguna harus sudah berusia 16 tahun sebelum menggunakan aplikasi berkirim pesan ini.

WhatsApp memang terlihat sedikit hati-hati dengan sebelumnya menetapkan usia 13 tahun sebagai usia minimal pengguna aplikasinya tersebut. Namun, perubahan ini tampaknya akan berlaku untuk banyak

Dengan adanya peraturan ini, mau tidak mau penyedia layanan serupa akan mengikuti. Tapi sayangnya kita belum tahu mekanisme filtering usia dari layanan ini, karena kita tahu jika via online akan mudah diakali.

WhatsApp juga mengklaim bahwa mereka tidak akan meminta ijin baru lagi untuk mengumpulkan informasi pribadi, yang berarti verifikasi usia pengguna hanya bersifat formalitas saja. Atau mungkin, WhatsApp akan melakukan hal sama seperti Facebook, yaitu mengharuskan penggguna di bawah umur memiliki akun bapak atau ibunya.

Kapan ini diterapkan di Indonesia? Mari kita tunggu saja aksinya, tetap di Unbox.

COMMENT
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top