Software

Ini Hasil Update Aplikasi Google Play Store Terbaru

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Sudah bukan hal istimewa lagi kalau Google memperbarui aplikasi Play Store-nya secara berkala, karena perubahannya itu biasanya tidak kentara bagi pengguna gadget awam. Tetapi kini Google membuat banyak perubahan ketika ia melakukan update server-side baru-baru ini, terutama pada listing aplikasi Play Store-nya itu. Ya, aplikasi Google Play Store kini mengalami penampakan perubahan yang jelas baru-baru ini.

Di versi terakhirnya, laman pemasangan aplikasi memiliki gambar atau video di bagian atas halaman untuk memberi kesempatan kepada pengembang aplikasi untuk memisahkan diri. Namun tidak untuk laman hasil uji upgrade Google Play Store versi kali ini. Karena perancangan ulang yang baru pada aplikasi tersebut. Dilihat dari banyaknya perubahan redesign Play Store oleh Google seperti memperlihatkan bahwa upgrade ini diluncurkan hanya untuk pengguna terbatas selama ini, dan kini diperlihatkannya  secara terbuka hingga membuat halaman ini lebih seragam.

Sebelum update

Sesudah update

Menariknya, cantuman aplikasi Google Play Store sekarang menampilkan informasi secara berbeda bergantung pada apakah Anda telah memasang aplikasi atau tidak. Sebelum memasang aplikasi, video, tangkapan layar, deskripsi aplikasi, dan ulasan pengguna ada di urutan teratas. Namun setelah Anda menginstal aplikasi, bagian “Apa yang Baru” muncul lebih dulu, lalu diikuti kartu yang mengundang Anda untuk menilai info kontak pengembang dan pengembang aplikasi itu.

Tampilan versi lama

Tampilan versi baru dari sisi server

Desain ulang yang “reaktif” ini seakan mencoba menyoroti informasi yang mungkin Anda butuhkan pada waktu tertentu. Sebelum memasang aplikasi, Anda dapat membaca dan melihat tangkapan layar pada aplikasi itu. Setelah menginstal aplikasi itu, sekarang lebih mudah untuk melihat changelog, menilai aplikasi, atau menghubungi pengembang jika ada masalah. Jadi upgrade Google Play Store ini seakan lebih mudah membuat pemakainya lebih mengenal atau memahami aplikasi yang ingin diinstal dan setelah diinstal.

Selain penataan ulang, perubahan terbesarnya adalah action bar di bagian atas layar. Alih-alih header media visual masa lalu dari revisi Play Store terakhir, sekarang ada bar putih polos dengan tombol pencarian, panah belakang, dan menu overflow. Tombol “Install” secara signifikan lebih besar sekarang juga, mungkin dalam upaya menarik perhatian mata Anda hingga mampu membuat Anda menarik pelatuk pemasangan aplikasi.

Secara keseluruhan, ini merupakan desain ulang yang cukup radikal dari sebelum-sebelumnya sejauh ini. Tidak ada kabar kapan desain baru aplikasi Google Play Store ini akan ‘menerjang’ massa, tapi sepertinya ini lebih merupakan update untuk sisi servernya, jadi ini hanya masalah menunggu untuk bisa diluncurkan untuk publik. Adapun rincian Play Store lainnya tetap tidak berubah, namun Anda dapat melihat lebih banyak perancangan ulang listing aplikasi di galeri screenshot aplikasi ini, seperti yang telah ditunjukkan di bawah ini;

COMMENT
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top