Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Tips Mudah Menghapus Malware di Android

menghapus malware di android

Last updated on 6 Juni, 2024

Jakarta, Unbox.id – Apakah smartphone Android Anda mulai bermasalah? Misalnya mulai merespon semakin lambat atau mulai banyak bermunculan iklan di mana-mana? Bisa jadi HP Anda terserang malware atau Potentially Unwanted Program (PUP).

Bagaimana cara menghapus malware ini? Cara termudahnya adalah dengan memakai aplikasi anti-malware. Cukup dengan menginstall, nyalakan aplikasi, dan jalankan pemindaian. Berikut adalah jalan proses menghapus malware di Android dari Unbox.

whatsapp"}" data-sheets-userformat="{"2":513,"3":{"1":0},"12":0}" data-sheets-formula="="baca artikel menarik lainnya tentang : "&R[0]C[-6]">baca artikel menarik lainnya tentang : hilangkan iklan di whatsapp

Tanda-Tanda Malware

Saat smartphone Android Anda diserang Malware, ada beberapa tanda-tanda yang bisa diamati. Bila muncul hal-hal di bawah ini, Anda sudah harus mulai waspada, misalnya:

  • Smartphone lebih mudah panas
  • Baterai lebih cepat habis
  • Iklan pop up semakin sering muncul
  • Ada iklan-iklan yang mudah terlalu “pribadi”
  • Performa smartphone menurun
  • Aplikasi mulai sulit dibuka, tidak bisa dibuka sama sekali, atau bahkan crash.
  • Bermunculan aplikasi yang tidak Anda download sebelumnya
  • Menerima biaya pulsa atau telepon yang mahal
  • Peningkatan penggunaan kuota yang tidak bisa dijelaskan.

baca artikel menarik lainnya tentang : ada iklan di whatsapp

Akan lebih berbahaya lagi bila smartphone Anda sebelumnya pernah di-root. Bila Android OS Anda berhenti menerima update OS atau kompatibel dengan versi terbaru tetapi tidak menerima notifikasi, bisa dipastikan HP Anda sudah terserang malware.

Cara Mengecek Malware

Untuk memastikan apakah smartphone Anda diserang malware atau tidak, Google menyediakan Play Protect. Fitur ini bisa diakses di Play Store dan mengecek apakah ada aplikasi berbahaya atau tidak. Untuk menjalankannya, ikuti langkah ini:

  1. Buka Aplikasi Google Play Store
  2. Buka menu dengan memilih ikon profile
  3. Pilih Play Protect
  4. Tekan scan untuk mulai memindai HP
  5. Bila ditemukan aplikasi berbahaya atau malware, akan ada notifikasi dan pilihan untuk membuangnya.

Baca juga: Apa Itu Kamera Makro di HP dan Bagaiman Cara Pakainya?

Cara Menghapus Malware di Android

malware android

Reboot dalam safe mode

Safe mode akan mematikan semua aplikasi pihak ketiga yang ada dan memberi Anda kesempatan untuk menghapus malware. Bila Anda memakai launcher kustom, safe mode akan mengubah tampilan Anda. Namun semuanya akan kembali normal setelah selesai reboot. Hanya saja widget home screen akan menghilang semua. Jadi disarankan untuk screenshot home screen terlebih dahulu agar mudah diatur kembali.

Langkah reboot dalam safe mode:

  1. Tekan dan tahan tombol power hingga muncul opsi Power Off
  2. Tekan dan tahan tombol power kembali sampai ada pilihan Reboot to safe mode
  3. Tekan OK dan tunggu perangkat Anda selesai reboot.
  4. Saat HP menyala lagi, akan ada tanda safe mode yang menunjukkan HP Anda berhasil masuk safe mode.
  5. Buka Setting dengan memilih ikon gigi roda dalam daftar aplikasi.
  6. Pilih Apps & Notifications atau pilihan lain yang mengatur aplikasi.
  7. Cek daftar aplikasi dan hapus aplikasi yang mencurigakan, biasanya dengan menekan nama aplikasi dan pilih Uninstall.
  8. Bila ada aplikasi yang tidak bisa di-uninstall, itulah aplikasi malware yang Anda cari. Pertama matikan aplikasi dengan disable.
  9. Kembali ke tampilan pertama Setting dan cari Device admin apps. Cari nama aplikasi tersebut dan matikan toggle di sebelahnya menjadi abu-abu.
  10. Kembali ke daftar aplikasi, pilih aplikasi mencurigakan itu dan pilih uninstall.
  11. Setelah selesai, tekan tahan tombol power lagi dan Reboot kembali ke mode normal.

Menghapus Aplikasi Mencurigakan

Cara satu ini juga sudah dijelaskan di atas. Namun Anda tetap bisa melakukan di mode biasa. Ada beberapa jenis aplikasi yang perlu diperhatikan. Pertama adalah aplikasi yang baru diinstall. jangan lupa memindai aplikasi dan mengecek apakah aplikasi aman atau tidak.

Kedua adalah aplikasi yang jarang dipakai. Hanya simpan aplikasi yang sering dipakai. Bila jarang terpakai atau sekali pakai seperti doc reader atau face reader, segera hapus setelah selesai dipakai. Terakhir adalah aplikasi yang Anda tidak ingat pernah install. Aplikasi ini sangat mencurigakan jadi segera uninstall bila ditemukan.

Install aplikasi malware

Langkah satu ini bisa dicobakan bila Anda merasa perlu. Ada beberapa pilihan aplikasi anti malware android yang bisa dipilih. Misalnya BitDefender, Norton, Avast, Kaspersky, Lookout Security & Antivirus, McAfee, dan lain-lain. Install aplikasi versi mobile security untuk di Android Anda.

 

Itulah tanda-tanda, cara memindai, dan cara menghapus malware di Android Anda. Selamat mencoba!

 

Sumber: Clairo, Norton, Tom’s Guide
Foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Baru-baru ini ditemukan malware baru yang canggih, menyamar sebagai Google Chrome dan Microsoft. Malware tersebut berpotensi mencuri uang dari pemilik perangkat Microsoft....

Tech Industry

Unbox.id – Pakar keamanan siber McAfee telah mengidentifikasi 13 aplikasi Android berbahaya baru di Google Play Store yang menimbulkan ancaman serius terhadap privasi dan...

Apps & Games

Last updated on 6 Juni, 2024 Jakarta, Unbox.id — Aplikasi perpesanan WhatsApp atau WA sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat di Indonesia. Banyaknya...

Tech Industry

Unbox.id – Saya menemukan malware Android baru bernama Brokewell. Malware ini dapat membahayakan keamanan dan privasi pengguna. Peneliti keamanan di Threat Fabric telah menemukan...