Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Tim Cook Beri Tanda Apple Bakal Hadirkan Kemampuan AI Generatif di iPhone 16

AI Generative iPhone_1a
AI Generative iPhone. (Sumber: ZDNET)

Unbox.id – Apple diperkirakan mulai menerapkan teknologi AI secara umum pada lini iPhone terbaru. Hal ini diumumkan oleh CEO Apple Tim Cook saat pertemuan dengan investor usai laporan keuangan tahunan perusahaan. Mengutip informasi dari GSM Arena, dalam pertemuan tersebut Tim Cook menyatakan akan membahas Generative AI pada akhir tahun ini. Ada keraguan kuat bahwa adopsi AI generasi ini akan mulai digulirkan di iPhone 16. Oleh karena itu, kemungkinan besar Apple akan membahas lebih lanjut teknologi tersebut di WWDC pada pertengahan tahun 2024, sebelum perusahaan mengumumkan iPhone secara resmi. Baris ke-16, yang biasanya berlangsung pada bulan September.

Tentang AI Generatif

AI Generative iPhone_2b

AI Generative iPhone. (Sumber: Android Headlines)

Tim Cook mengatakan dalam pernyataannya: “Jika menyangkut AI, yang menurut saya adalah Anda, kami melakukan pekerjaan internal seperti yang saya sebutkan sebelumnya.”

Di sisi lain, kehadiran Kehadiran AI yang dapat dibuat di iPhone 16 juga diperkuat dengan bocoran mengenai iOS 18. Seperti diketahui, saat diperkenalkan nanti, kemungkinan besar iPhone 16 akan langsung menjalankan iOS.

Bocoran dari reporter Bloomberg Mark Gurman mengklaim bahwa iOS 18 akan membawa sejumlah perubahan besar. perubahan pada sistem operasi. Salah satunya adalah meningkatkan kemampuan Siri.

Sepertinya Apple akan menghadirkan kemampuan AI umum ke iOS menggunakan LLM (Large Language Model) miliknya sendiri. Dukungan AI umum ini akan meningkatkan kemampuan Siri dan beberapa aplikasi lainnya, seperti Messages, Apple Music, Pages, Keynote, dan Shortcuts.

Apple Akhirnya Izinkan Toko Aplikasi Selain App Store di Uni Eropa

Di sisi lain, Apple akhirnya akan mengizinkan toko aplikasi pihak ketiga di iOS untuk pertama kalinya di Uni Eropa. Hal ini untuk mematuhi peraturan Digital Markets Act yang akan berlaku di blok ini.

Dengan adanya perubahan pada iOS 17.4 Maret mendatang, App Store tidak lagi menjadi distributor atau satu-satunya toko aplikasi yang disahkan oleh Apple. Mengutip The Verge, ke depannya, pengguna iOS 17.4 di Uni Eropa akan dapat mengunduh “pasar aplikasi alternatif” dari situs pasar tersebut.

Namun, untuk dapat menggunakannya di iPhone, App Store harus tetap menerima persetujuan dari Apple, dan setelah diunduh, pengguna harus memberikan izin untuk mengunduh aplikasi ke perangkat.

Setelah toko aplikasi disetujui dan diinstal pada perangkat, pengguna dapat mengunduh aplikasi apa pun yang mereka inginkan, bahkan aplikasi yang melanggar Pedoman App Store.

Baca juga: Apple Gulirkan IOS 17.4 Versi Beta

Pengguna iPhone Bisa Tetapkan Toko Aplikasi Pihak Ketiga

Apple App Store_1a

Apple App Store. (Sumber: Reddit)

Pengguna juga dapat mengatur toko aplikasi selain App Store sebagai toko aplikasi default di perangkat mereka.

Di sisi lain, pengembang juga dapat memilih apakah mereka akan menggunakan layanan pembayaran dan pembelian dalam aplikasi Apple atau akan mengintegrasikan pihak ketiga -aplikasi pesta. sistem pembayaran pihak ketiga tanpa biaya tambahan apa pun kepada Apple.

Jika pengembang ingin terus menggunakan sistem pembayaran dalam aplikasi Apple yang sudah ada, akan dikenakan biaya tambahan. Biaya pemrosesan 3%.

Apple telah mengumumkan bahwa mereka masih berencana untuk melakukannya terus memantau distribusi aplikasi dengan cermat. Semua aplikasi harus “dinotariskan” oleh Apple, dan distribusi melalui pasar pihak ketiga masih ditangani oleh sistem Apple.

iPhone dari tahun ke tahun dalam perilisannya selalu tidak membuat para penggunanya menjadi kecewa, selalu ada saja fitur-fitur baru yang kian menarik dan berfungsi untuk kehidupan sehari-hari.

Dengan begitu, pengguna iPhone selalu merasa tercukupi hanya dengan satu genggaman saja dimana dapat menjawab kebutuhan dari para penggunanya di akativitas kesehariannya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Dalam diskusi mendalam mengenai perkembangan terkini teknologi prosesor di Intel Tech Tour 2024, di Taipei, Taiwan, Intel memberikan pandangan mendalam tentang Xeon...

Tech Industry

Last updated on 19 Juni, 2024 Unbox.id – Apple terkena gugatan class action yang menuduh mereka membayar sekitar 12.000 pekerja perempuan di California lebih...

Tech Industry

Unbox.id – Asus menjadi salah satu perusahaan teknologi yang membuat kemajuan besar di bidang komputasi AI dengan memperkenalkan lini produk barunya, Zenbook Duo (UX8406)....

Tech Industry

Unbox.id – Pada Konferensi Pengembang Sedunia (WWDC) 2024, Apple mengumumkan beberapa fitur kecerdasan buatan (AI) baru, termasuk Image Playground. Sekadar informasi, Image Playground merupakan...