Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Apple Akan Gantikan 50 Persen Pekerja Perakitan iPhone dengan Robot

iPhone 15 Pro Max_2b
iPhone 15 Pro Max. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Apple dikabarkan akan mengganti 50% pekerja perakitan iPhone dengan sistem otomasi atau dikenal dengan tenaga robot. Informasi ini berdasarkan laporan dari The Information yang dikutip oleh 9to5Mac. Penggunaan otomatisasi akan meningkatkan proporsi robot yang digunakan dalam proses produksi iPhone. Laporan tersebut menjelaskan bahwa Apple telah memberi tahu para eksekutif bahwa hal itu akan mengurangi jumlah pekerja di jalur perakitan akhir iPhone setidaknya 50% selama beberapa tahun ke depan. Menurut laporan ini, keputusan untuk memangkas 50% pekerja di area perakitan akhir iPhone dibuat oleh Sabih Khan, senior Apple wakil presiden operasi. Keputusan ini diambil tak lama setelah bentrokan sengit antara pekerja iPhone dan polisi di luar pabrik perakitan utama Foxconn pada November 2022. Untuk mengurangi jumlah karyawan, Apple melanjutkan otomatisasi produksi dan proyek rantai pasokan yang sebelumnya diblokir karena hingga biaya di muka yang lebih tinggi. Biaya di muka Biaya tinggi yang diperlukan untuk mengotomatisasi produksi iPhone terkadang menelan biaya ratusan juta dolar per tahun. Dalam beberapa kasus, Apple telah menekan mitranya, para industrialis, untuk melakukan investasi awal, dengan jumlah yang lebih besar atau lebih besar.

Otomatisasi Dicoba untuk Produksi Komponen iPhone

iPhone 11_3c

iPhone 11. (Sumber: Techno World)

Sekadar informasi, selama beberapa tahun terakhir, tim Thompson telah berhasil mengotomatiskan produksi suku cadang iPhone, yaitu komponen. Apple juga secara aktif berkolaborasi dengan mitra manufaktur seperti Foxconn, Luxshare Precision, dan Pegatron.

Keberhasilan ini mencakup mesin yang memasang rangka logam dan papan sirkuit cetak fleksibel ke komponen tanpa memerlukan bantuan manusia. Upaya ini memungkinkan Apple dan mitranya memberhentikan ribuan pekerja di Tiongkok.

Menurut seorang karyawan salah satu mitra manufaktur iPhone, Apple telah memangkas jumlah karyawan di produksi iPhone hingga 30%.

Lakukan Akuisisi Perusahaan AI untuk Dukung Proses Otomatisasi Produksi iPhone

Informasi tersebut juga menunjukkan sejumlah akuisisi yang mendukung upaya otomatisasi rantai pasokan Apple, termasuk Darwin AI.

Apple sebelumnya dilaporkan telah mengakuisisi sebuah perusahaan bernama Drishti, Perusahaan tersebut bertanggung jawab untuk menganalisis rekaman video jalur perakitan, yang bertujuan untuk mengidentifikasi kemacetan dan masalah. produksi real-time.

Untuk memproduksi iPhone 16 yang diluncurkan tahun ini, Apple awalnya berencana mengotomatiskan proses pemasangan tombol dan komponen iPhone lainnya. Namun, rencana ini akhirnya dibatalkan karena tingginya kemungkinan kesalahan.

Meskipun ada kendala yang dihadapi selama implementasi, tujuan utama Apple adalah mengurangi jumlah pekerja di jalur perakitan akhir iPhone hingga 50% dari jumlah tersebut sedang bekerja.

Baca juga: Apple Diam-Diam Akui RAM 8GB Di Mac Tak Memadai

Perusahaan Apple

Apple Company_1a

Apple Company. (Sumber: USA Today)

Apple Inc. adalah perusahaan teknologi multinasional Amerika Serikat yang berkantor pusat di Cupertino, California. Didirikan pada 1 April 1976 oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne, Apple dikenal sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar dan paling berpengaruh di dunia.

Produk-produk Apple yang paling terkenal meliputi:

  • iPhone: Smartphone dengan berbagai fitur canggih yang telah merevolusi industri telepon seluler.
  • iPad: Tablet yang menawarkan kemampuan komputasi mobile yang kuat dan fleksibel.
  • Mac: Lini komputer pribadi, termasuk MacBook (laptop) dan Mac (desktop).
  • Apple Watch: Jam tangan pintar dengan berbagai fitur kesehatan dan kebugaran.
  • Apple TV: Perangkat pemutar media digital dan layanan streaming.
  • AirPods: Earphone nirkabel dengan kualitas suara tinggi.

Apple juga menawarkan berbagai layanan, seperti App Store, Apple Music, iCloud, Apple Pay, dan layanan streaming Apple TV+. Produk dan layanan Apple dikenal karena desainnya yang elegan, inovasi teknologi, dan ekosistem yang terintegrasi dengan baik.

Perusahaan ini juga dikenal karena pendekatan yang kuat terhadap privasi dan keamanan pengguna, serta komitmennya terhadap lingkungan melalui inisiatif-inisiatif keberlanjutan.

Apple menjadi perusahaan publik pada 1980 dan telah menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. Tim Cook saat ini menjabat sebagai CEO Apple, menggantikan Steve Jobs pada tahun 2011.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Seri iPhone 16 disebut-sebut akan meluncur pada acara peluncuran pada September 2024. Meski masih 2 bulan lagi, bocoran informasi mengenai seri iPhone...

Tech Industry

Last updated on 5 Juli, 2024 Unbox.id – Apple saat ini mengklasifikasikan tiga produknya sebagai produk lama, yakni klasik. Perusahaan telah memperbarui daftar produk...

Apple

Last updated on 1 Juli, 2024 Unbox.id – Apple meluncurkan dua produk iPad baru pada Mei 2024, yaitu iPad Pro 2024 dan iPad Air...

Apple

Unbox.id – Apple diam-diam mengatakan bahwa komputer yang menjalankan sistem operasi macOS dengan RAM 8 GB tidak lagi cukup untuk digunakan. Sebelumnya, pada Worldwide...