Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Google Akan Hapus Akun Yang Tidak Aktif Mulai 1 Desember 2023

Google Account_1a
Google Account. (Sumber: Reddit)

Unbox.id – Selain itu, mantan pimpinan Microsoft lainnya, Steve Ballmer, mengaku kurang tanggap terhadap ancaman dari Android dan iPhone dengan fokus pada upaya Windows Phone. Dia bahkan mengkritik iPhone, menyebutnya sebagai “ponsel termahal di dunia dan tidak populer di kalangan pelanggan bisnis karena tidak memiliki keyboard.” Ballmer juga mengaku pada tahun 2013 bahwa ia menyesal tidak fokus pada bisnis ponsel lebih awal, “Saya sedih karena ada suatu masa di awal tahun 2000an ketika kita begitu fokus pada apa yang perlu kita lakukan dengan Windows (Vista) sehingga kita tidak bisa memindahkan bakat ke perangkat baru yang disebut telepon,” katanya. “Itulah yang paling saya sesali,” pungkas Ballmer.

Google Berhak Menghapus Data Kita

Google Account_2b

Google Account. (Sumber: CNET)

“Google berhak menghapus data Anda jika akun dan produk Google Anda tidak digunakan selama dua tahun,” tulis perusahaan itu di situsnya. Akun yang dianggap tidak aktif adalah akun yang sudah dua tahun tidak login atau aktif. Kebijakan ini hanya berlaku untuk akun pribadi, bukan akun yang tertaut ke akun organisasi, seperti kantor atau sekolah.

Nantinya, akun yang dihapus tersebut juga menyertakan data di dalamnya, termasuk Foto, Kalender, Dokumen, bahkan Gmail. Namun sebelum melakukan hal tersebut, perusahaan harus mengirimkan informasi terlebih dahulu ke rekening tersebut.

Dijelaskan bahwa Google mempertimbangkan banyak faktor untuk menentukan apakah suatu akun aktif. Beberapa di antaranya adalah membaca atau mengirim email, menggunakan Google Drive, menonton video di YouTube, berbagi foto, mengunduh aplikasi, dan mencari di mesin pencari.

Selain itu, harap perhatikan bahwa masalah yang dipermasalahkan terkait dengan akun, bukan terkait perangkat. Oleh karena itu, pengguna dapat mengakses akunnya dari perangkat apa pun.

Untuk itu bagi yang tidak ingin kehilangan akunnya bisa mulai membuatnya agar tidak terhapus. Berikutnya, banyak akun juga yang akan dihapus, seperti akun Google yang digunakan untuk transaksi Play Store atau akun dengan saldo aktif di kartu hadiahnya.

Baca juga: Google Hadirkan Fitur Pencarian Berbasis AI Ke 120 Negara

Google Juga Tawarkan Fitur Passkey

Di sisi lain, setelah meluncurkan Password atau Passkey pada awal tahun 2023, Google kini menawarkan fitur tersebut sebagai opsi login default di semua akun pribadi.

Dengan kata lain, pengguna tidak perlu lagi memasukkan kata sandi atau menggunakan verifikasi dua langkah saat ingin masuk ke akun Google. Melalui postingan di blognya, Google juga mengatakan bahwa pengguna yang belum menyetel kata sandi akan menemukan petunjuk cara membuatnya dan menggunakannya saat ingin masuk ke akunnya.

Nantinya, ketika pengguna memperbarui kata sandi, akan muncul opsi baru “Hapus kata sandi jika memungkinkan” di akun Google. Jika pengguna mengaktifkannya, mereka akan diminta untuk menggunakan kata sandi baru, alih-alih memasukkan kata sandi, seperti yang disebutkan dalam Panduan Tom.

Namun, pengguna juga dapat menonaktifkan opsi baru ini jika tidak ingin menggunakan kata sandi dan memilih menggunakan kata sandi untuk masuk ke akun Google. Sekadar informasi, meskipun pengelola kata sandi adalah layanan terbaik untuk membuat, menyimpan, dan mengisi kata sandi secara otomatis, namun pengelola kata sandi menawarkan lebih banyak manfaat dibandingkan kata sandi.

Pasalnya, password tersimpan di dalam kota seperti halnya smartphone atau komputer, sehingga pengguna tidak perlu khawatir jika lupa password. Selain itu, kunci akses tidak dapat dicuri, baik melalui pelanggaran data atau serangan phishing.

Aspek menarik lainnya dari kata sandi adalah penggunaan sensor biometrik, seperti sidik jari atau pembaca wajah pada ponsel pintar. Penggunaan sensor biometrik ini menambah keamanan. Dengan cara ini, pengguna tidak perlu memasukkan kata sandi Google untuk mengakses akunnya.

Google menjelaskan: “Untuk menggunakan kata sandi, cukup gunakan sidik jari, pemindaian wajah, atau PIN untuk membuka kunci perangkat. Keduanya 40% lebih cepat daripada kata sandi dan didasarkan pada jenis kriptografi yang membuatnya lebih aman.”

Perlu diketahui, dengan Paskey, pengguna tidak perlu memasukkan kata sandi Google untuk mengakses akunnya. Pengguna juga tidak perlu memasukkan password setiap kali login ke situs lain, hal ini bisa dilakukan melalui fitur pengelolaan password milik Google.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google memiliki fitur baru yang direncanakan untuk toko aplikasinya, Play Store. Dengan fitur ini, Google akan memudahkan pengguna dalam menentukan asal aplikasi...

Tech Industry

Unbox.id – Google dilaporkan mulai meluncurkan akses Gemini langsung di Google Chrome. Dengan akses tersebut, pengguna Chrome dapat mengakses Gemini langsung melalui bilah alamat....

Tech Industry

Unbox.id – Google telah mengungkapkan beberapa strategi yang diterapkan perusahaan untuk memerangi penyebaran aplikasi berbahaya di platform Android pada tahun 2023. Hal ini diungkapkan...

Tech Industry

Unbox.id – Sekelompok pekerja di Alphabet Inc (perusahaan induk Google) mengajukan keluhan ke Dewan Buruh AS. Mereka mengklaim bahwa perusahaan teknologi tersebut secara ilegal...