Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Google Chrome Stop Dukungan ke Perangkat Android Nougat

Android Nougat_1a
Android Nougat. (Sumber: ZDNet)

Unbox.id – Google Chrome telah mengumumkan akan berhenti mendukung perangkat yang masih menjalankan Android versi lama, khususnya Android 7.0 alias Android Nougat. Informasi tersebut diketahui pada laman Google Chrome yang diperbarui pada 25 Oktober 2023. Mengutip informasi dari Android Police, dengan pengumuman ini, pengguna perangkat Android Nougat juga tidak akan lagi menerima dukungan pembaruan dari Google Chrome. Dengan kata lain, mereka tidak lagi dapat memanfaatkan fitur-fitur terbaru dan pembaruan keamanan aplikasi.

Berlaku Untuk Update Chrome 120

Android Nougat_2b

Android Nougat. (Sumber: CNET))

Hal ini akan berlaku pada update Chrome 120 yang dijadwalkan rilis pada 6 Desember 2023. Oleh karena itu, Chrome 119 dipastikan akan menjadi versi terakhir yang masih mendukung perangkat yang menjalankan Android Nougat.

Asal tahu saja, sama saja hal itu sebenarnya dilakukan untuk Android 6 tahun lalu. Pada saat itu, dipastikan bahwa perangkat yang menjalankan Android Marshmallow tidak lagi didukung oleh Google Chrome versi 107.

Langkah ini masuk akal karena Android Nougat atau Android 7 pertama kali dirilis pada tahun 2016, bersamaan dengan dirilisnya Google Pixel generasi pertama. Jadi bisa dikatakan sistem operasi ini sudah cukup tua.

Namun, pengguna perangkat ini belum sepenuhnya hilang. Menurut data distribusi Android terbaru, pengguna perangkat Android Nougat, Android 7 dan 7.1, masih berjumlah sekitar 2,6% dari total pengguna.

Sebagai informasi, Chrome 120 akan hadir dengan banyak pembaruan. Khusus untuk perangkat Android, akan diberikan beberapa pembaruan termasuk opsi tampilan baru.

Google Akan Matikan Aplikasi Calendar di Ponsel Android Lawas

Di sisi lain, sepertinya Google akan segera berhenti menyediakan aplikasi Kalender untuk pengguna Android lama. Sepertinya Google bersiap untuk menghapus aplikasi Google Kalender untuk perangkat yang masih menggunakan sistem operasi operasi Android Nougat 7.1 atau sistem yang lebih rendah.

Perubahan ini diketahui oleh AssembleDebug TheSpAndroid. Orang ini menemukan tanda di aplikasi Kalender versi terbaru (v 2023.46.0-581792699-release) yang disebut “UnsupportedOperatingSystem__enabled”.

Dikutip dari Phone Arena, tanda ini digunakan untuk menampilkan notifikasi kepada pengguna yang perangkatnya sedang berjalan sistem operasi yang tidak didukung. Pesan khusus di penanda ini memberi tahu pengguna bahwa mereka perlu memperbarui perangkat mereka ke Android Oreo, alias Android 8.0 atau lebih baru jika mereka ingin terus menggunakan aplikasi Google Kalender.

Masalah keamanan diyakini menjadi alasan Google Kalender tidak lagi mendukung Android versi lama karena perangkat yang menjalankan sistem Operator lama lebih rentan terhadap peretasan dan data serangan.

Juga, versi Android yang lebih lama. Versi yang lebih baru juga menawarkan beberapa fitur dan peningkatan yang tidak tersedia di versi lama. Google juga mewajibkan pengguna untuk memperbarui perangkatnya ke versi Android terbaru.

Baca juga: Android 13 Jadi OS Android Paling Banyak Digunakan

Android 13 Jadi OS Android Paling Sering Digunakan

Android 13_1a

Android 13. (Sumber: The Keywords)

Kemudian menurut laporan terbaru Google, Nougat masih digunakan di 2,6% perangkat Android. Sedangkan Android 13 merupakan versi sistem operasi atau sistem operasi Android yang saat ini paling banyak digunakan pada perangkat yang menjalankan sistem operasi tersebut.

Hasil tersebut dicatat pada 1 Oktober 2023, melalui pembaruan yang dirilis dua kali setahun di AndroidStudio. Sebelumnya, Google memperbarui data distribusi versi Android setiap bulan, namun hal tersebut tidak lagi terjadi.

Dalam laporan Gizchina, Android 13 telah mengalami pertumbuhan yang signifikan sejak 5 bulan berlalu sejak pembaruan data terakhir, seiring dengan peningkatan pasar membagikan. peningkatan sebesar 7,4 persen.

Peningkatan ini mendorong versi yang dirilis lebih dari setahun yang lalu naik tiga peringkat, menjadi versi Android yang paling banyak digunakan saat ini. Dalam melakukan perhitungannya, Google mencatat bahwa Android 13 digunakan pada 22,4% perangkat Android aktif.

Uniknya, Android 11 berada di urutan kedua dengan 21,6 % perangkat aktif menggunakan Android 11, melampaui tingkat adopsi 15%. penerusnya, Android 12.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google menghadirkan pendekatan AI pada proses pembelajaran guru dan siswa. Dengan teknologi AI ini, Google berusaha meningkatkan fungsionalitas untuk menciptakan kegiatan pembelajaran...

Software

Unbox.id – Google diam-diam merilis fitur Android baru yang bertujuan melindungi pengguna dari upaya phishing dan serangan malware. Hal tersebut diungkapkan pakar Android Mishaal...

Tech Industry

Unbox.id – AnTuTu merupakan salah satu aplikasi benchmarking yang populer dan patut digunakan untuk mengetahui performa ponsel Android. Melalui aplikasi AnTuTu ini, pengguna Android...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Setiap tahun, game Android baru dirilis, membawa ponsel gaming terbaru ke dalam perjalanan yang luar biasa. Namun perusahaan tidak menciptakan semua...