Apps & Games

Instagram Bakal Segera Rilis Fitur Baru Lagi

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Bagi pengguna aplikasi Instagram, mungkin ini bisa menjadi kabar baik buat Anda. Karena sebentar lagi Anda akan bisa melakukan pengunduhan data Anda sendiri melalui akun instagram Anda. Hal tersebut berdasarkan laporan dari Techcrunch  yang mengatakan bahwa pihak Instagram telah mengungkapkan rencana fitur baru yang dapat memungkinkan penggunanya untuk bisa mengunduh salinan data mereka sendiri. Hal ini muncul karena sebelumnya salah seorang juru bicara Instagram yang menanggapi Techcrunch setelah mereka menerbitkan artikel tentang kurangnya portabilitas data pada layanan tersebut belum lama ini.

Meskipun kabar tentang fitur baru dari aplikasi Instagram ini cukup kuat   sumbernya, namun hingga detik ini belum ada penjelasan tentang bagaimana detail fitur baru ini. Namun rumornya ini masih belum diselesaikan dan katanya masih dalam tahap diskusi pengembangannya. Jadi para media, termasuk kami masih belum tahu tentang bakal sejauh mana perusahaan mengizinkan mencadangkan data pengguna lewat fitur baru ini. Apakah itu akan terbatas hanya dengan membiarkan pengguna mengunduh semua foto dan video yang telah mereka unggah sejauh ini atau mereka juga akan mendapatkan cadangan dari semua story mereka yang telah diarsipkan dan semua pesan yang telah mereka kirim. Bila pihak Instagram akan melakukan ketiga hal tersebut, pastinya akan membuat senang sebagaian besar penggunanya.

Sebagaimana yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa Facebook sudah lama memiliki fitur atau fasilitas cadangan yang komprehensif seperti itu selama bertahun-tahun. Jadi mungkin agak mengecewakan bila Instagram baru akan melakukannya. Tidak diragukan lagi bahwa langkah tidak menghadirkan fitur ini kemungkinan besar sebagai respon ketidakpercayaan yang tumbuh untuk perusahaan di antara pengguna. Ya, mereka sepertinya khawatir akan terjadinya kalau dianntaranya penggunanya mungkin ada yang ingin mengambil data mereka di tempat lain, atau setidaknya seperti yang pernah dialami Facebook.

Sejauh ini Instagram mengunci semua informasi yang diunggah ke dalamnya, tanpa cara mudah untuk mengunduhnya kembali. Beberapa layanan pihak ketiga ada yang memungkinkan Anda untuk melakukannya, tetapi kepercayaan dari layanan ini selalu menjadi tersangka bila terjadi kebocoran data pengguna. Oleh karena itulah, Instagram mungkin memerlukan lebih banyak persiapan yang lebih matang lagi akan kehadiran fitur ini.

Ya, beruntung dalam rencananya tidak ada yang harus menggunakan layanan ini ketika Instagram meluncurkan fitur baru ini secara native. Adapun tentang rilisnya fitur baru Instagram ini, sayang masih belum diketahui. So, tunggu saja updatenya hanya di Unbox.id!

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Comments

Popular

To Top