Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Instagram Jadi Media Sosial Paling Populer

Media Sosial Instagram_1a
Media Sosial Instagram. (Sumber: Tech Post)

Unbox.id – Media sosial kini tidak hanya sekedar platform untuk berinteraksi tetapi juga menjadi alat penting bagi masyarakat dan pelaku industri untuk melakukan pemasaran digital. Oleh karena itu, lembaga pemasaran digital Invinyx dan lembaga survei Jakpat merilis laporan terbaru “Strategi Pemetaan Influencer Sosial”. Laporan ini memberikan wawasan menarik bagi mereka yang berkecimpung dalam industri ini tentang perilaku masyarakat di jejaring sosial. Kesimpulannya, platform Instagram akan tetap menjadi media sosial terpopuler di kalangan Generasi Z pada tahun 2023. Secara keseluruhan, ketiga platform media sosial tersebut paling banyak digunakan oleh peserta survei, yang paling banyak dan sering dikunjungi adalah Instagram (94%), YouTube (91%). persen) dan TikTok (81 persen). Berdasarkan laporan yang sama, ternyata pengguna media sosial di Indonesia lebih menyukai vlog, podcast, dan story. Sedangkan dari segi gender, perempuan cenderung lebih menyukai vlog dan foto. Sedangkan pria lebih memilih live streaming dan giveaway.

Jenis Konten Paling Populer

Media Sosial Instagram_2b

Media Sosial Instagram. (Sumber: Tech Idea)

Menurut laporan tersebut, konten hiburan paling populer dilihat di jejaring sosial dengan tingkat 88%. Ada juga jenis konten makanan (84%) dan fashion (65%) yang disukai pengguna.

Konten makanan adalah produk paling populer yang dibeli oleh responden di platform media sosial. Pada kategori Gen Z ternyata mereka cenderung sering membeli produk kuliner, kecantikan, dan fashion. Sedangkan Generasi Y dan X menyukai produk kuliner dan perangkat elektronik.

Survei ini juga mengungkap faktor-faktor penting yang mempengaruhi responden membeli produk di platform media sosial. Salah satu faktornya adalah konten yang berisi link atau tautan ke produk dalam konten promosi yang dibuat oleh key opinion leader untuk membantu responden menemukan produk dengan mudah.

Ada Perbedaan Preferensi Konten dan Produk

Farida Hasna Annuha, Kepala Riset Jakpat, mengatakan terdapat perbedaan penggunaan media sosial, preferensi konten, dan preferensi produk antara Generasi Z, Milenial, dan Milenial X. Hal ini menyoroti pentingnya menyesuaikan strategi pemasaran digital untuk setiap segmen,” kata Farida.

Disampaikannya kehadiran KOL berpengaruh dalam meningkatkan preferensi dan informasi konsumen dalam keputusan pembelian.

Farida berharap laporan ini dapat menjembatani pelaku industri, pemasar, KOL dan instansi terkait. Dengan cara ini dealer dapat memaksimalkan strategi pemasarannya di era digital.

Baca juga: Instagram Akan Hadirkan Fitur Mundurkan Tanggal Postingan

Gen Z Jadi Pengguna AI Generatif Paling Banyak di Indonesia

Artificial Intelligence_1a

Artificial Intelligence. (Sumber: Biskom)

Masih mengenai Generasi Z, Denny Galant, Country Manager Android di Google Indonesia, adaptasi AI di Indonesia didominasi oleh Generasi Z (Gen Z). “Dan itu adalah titik awal yang luar biasa. Itu, 43%, itu angka yang besar,” ujarnya pada konferensi pers Galaxy AI.

Bukan tanpa alasan jika Generasi Z yang dikenal sebagai pengguna aktif Internet merupakan kelompok anak muda yang memiliki kreativitas dan daya cipta yang besar rasa ingin tahu.

Karakteristik ini sejalan dengan peran dan misi AI kreatif yang dapat berkontribusi terhadap produktivitas dan kreativitas generasi muda. Berdasarkan data tersebut, Generasi Z paling banyak menggunakan foto dan video kreatif AI di ponsel cerdas.

Penggunaan AI di ponsel ini dinilai sangat bermanfaat bagi pengguna Irzan Aditya, pakar AI dan pendiri Kata.ai, mengungkapkan kekuatan dari AI pada perangkat karena lebih mudah diakses.

“Menurut saya, ini adalah masa depan AI Generatif, AI ini akan terlihat kuat jika diterapkan pada perangkat. “Karena dengan menggunakan perangkat itu, kita bisa membuka banyak potensi,” ujarnya. Dengan kenyamanan perangkat seluler, pengguna dapat menikmati berbagai fitur AI inovatif seperti fotografi, komunikasi, bahkan kesehatan.

Setelah sistem terintegrasi ke dalam perangkat, pengguna seperti Gen Z juga dapat mengakses fitur AI tanpa harus terhubung ke Internet. Misalnya saja berkat Galaxy AI, pengguna ponsel Samsung bisa menggunakan fungsi Live Translate Call tanpa harus bertukar data.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Unbox.id – Aplikasi Threads kini memiliki lebih dari 150 juta pengguna bulanan, meningkat sekitar 20 juta sejak Februari 2024. Hal ini ditunjukkan oleh CEO...

Tech Industry

Unbox.id – Threads adalah platform dengan jumlah pengguna yang tumbuh paling cepat, meskipun platform jejaring sosial Meta baru berumur kurang dari satu tahun. Threads...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp, platform perpesanan instan terkemuka di dunia, secara aktif menjajaki pengintegrasian fitur-fitur kecerdasan buatan, yang juga dikenal sebagai AI. Meta dikatakan sedang...

Social Media

Unbox.id – Meta akhirnya menambahkan fitur untuk melihat percakapan yang sedang trending di Threads. Aplikasi pesaing Twitter tersebut merilis fitur Trending Now untuk semua...