Komparasi

Redmi Note 5 vs Nokia 5 vs Honor 7X, Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Smartphone Xiaomi Redmi Note 5 telah meluncur dan menjadi yang pertama dalam seri Note dengan layar tanpa panel dan lampu kilat selfie. Ponsel besutan produsen asal China ini didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 625 dan mengemas baterai 4000 mAh hingga bisa memberikan persaingan ketat bagi Nokia 5 dan Honor 7X yang juga baru diluncurkan. Hal tersebut dikarenakan harga dan spesifikasi ketiga perangkat smartphone tersebut hampir sama atau dengan kata lain sama-sama kompetitif. Maka dari itulah, kami ingin membandingkan ketiganya, baik dari sisi spesifikasi, fitur maupun harga. Manakah yang lebih baik antara Redmi Note 5 vs Nokia 5 vs Honor 7X ini? Simak saja ulasannya berikut ini

Display

Xiaomi Redmi Note 5 dibekali layar bezel minimalis. Ini adalah pertama kalinya perusahaan memperkenalkan tampilan layar penuh di segmen harga ini. Perangkat ini menampilkan layar full HD 5,99 inci dengan rasio aspek 18: 9 dan resolusi 2160×1080 piksel. Layarnya juga terlindungi dengan lapisan Corning Gorilla Glass. Sedang Nokia 5, menampilkan layar 5,3 inci Full HD dengan resolusi 720×1280 piksel dan juga ada lapisan Corning Gorilla Glass di atasnya. Sementara Huawei Honor 7X juga dilengkapi layar penuh serta dilengkapi dengan display full HD 5,73 inci dengan resolusi 2160×1080 piksel dan rasio 18: 9. Yang satu ini juga ditutupi dengan Corning Gorilla Glass. Meskipun kedua Xiaomi Redmi Note 5 dan Honor 7X hadir dengan tampilan layar penuh namun layar Redmi Note 5 sedikit lebih besar sehingga berada di depan dua perangkat lainnya. Dengan kata lain, dari sisi display, Redmi Note 5 lebih unggul dari Nokia 5 dan Honor 7X.

Prosesor

Smartphone Xiaomi Redmi 5 didukung oleh prosesor yang sama dengan pendahulunya, yakni Qualcomm Snapdragon 625 yang merupakan prosesor yang efisien dan juga menawarkan kinerja bebas lag. Sedangkan Nokia 5 didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 430 yang banyak terdapat di smartphone kelas menengah dan tentunya kurang kuat bila dibandingkan dengan Qualcomm Snapdragon 625. Sementara untuk Honor 7X didukung oleh chipset Kirin milik perusahaan seperti perangkat Honor lainnya, yakni Kirin 659. Sesuai catatan bencmark yang pernah dilakukan, Kirin 659 juga masih kalah cepat dengan Qualcomm Snapdragon 625. Jadi, untuk sisi ini antara Xiaomi Redmi Note 5 vs Nokia 5 vs Honor 7X, ponsel besutan Xiaomi menjadi pemenangnya.

Sistem operasi

Diketahui ketiganya telah berjalan di OS Android 7.0 Nougat, tetapi tentu saja dengan stok milik perusahaan masing-masing. Pada Xiaomi Redmi Note 5, Android 7.0 Nougat dilapisi oleh sistem MIUI 9 milik perusahaan hingga ada aplikasi-aplikasi standar Xiaomi seperti Mi remote, Anti-virus dan lain-lain. Di sisi lain, Nokia 5 juga menjalankan Android 7.0 Nougat out-of-the-box namun memberikan pengalaman Android sesungguhnya dan juga akan menerima update Android 8.0 Oreo seperti yang diumumkan oleh perusahaan tadi. Sedangkan untuk Huawei Honor 7X, Android 7.0 Nougat yang berada di atas lapisan UI EMUI 8.0 perusahaan. Tidak jelas apakah perangkat akan menerima update OS atau tidak. Jadi, nampaknya Nokia 5 berada di depan dua perangkat lainnya karena pasti akan menerima update Android 8.0 atau 8.1 Oreo.

Kamera

Xiaomi juga belum banyak berinovasi dalam hal kemampuan kameranya di  Redmi Note 5. Dihadirkan dengan kamera belakang 12MP yang sama dengan dual LED flash dan front shooter 5MP. Sedang Nokia 5 menawarkan kamera belakang 13MP dengan dual tone LED flash dan 8MP front shooter untuk selfie. Kamera ini juga mampu merekam video HD. Sementara Honor 7X, hadir dengan pengaturan dual rear camera, dimana ia bersensor utama 16MP dan penembak sekunder 2MP di bagian belakangnya lengkap dengan fitur LED. Bagian depannya ada kamera kecil 8MP untuk keperluan selfie. Di sini terlihat jelas, kamera antara Xiaomi Redmi Note 5 vs Nokia 5 vs Honor 7X ini dimenangkan oleh Huawei Honor 7X.

RAM dan Penyimpanan

Xiaomi Redmi Note 5 hadir dalam dua varian – RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB, RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB. Pengguna juga bisa menambahkan kartu microSD hingga 128GB untuk menambah penyimpanan. Nokia 5 hadir dalam RAM 2GB dan penyimpanan 16GB yang kurang dibandingkan dengan Redmi Note 5. Namun, pengguna dapat memperluas penyimpanannya hingga 256GB dengan menambahkan kartu microSD. Sedangkan Honor 7X juga hadir dalam dua versi penyimpanan – 32GB dan 64GB. Kedua versi tersebut menawarkan RAM 4GB. Perangkat ini juga mendukung kartu microSD hingga 256GB. Dengan begitu, Huawei Honor 7X juga unggul dalam segmen ini, sedang Nokia 5 tertinggal jauh.

Baterai dan Harga

Xiaomi Redmi Note 5 mengemas baterai 4000mAh. Nokia 5 didukung oleh baterai 3000mAh. Sedangkan Honor 7X memiliki baterai 3340mAh. Lagi-lagi dalam baterai, Redmi Note 5 adalah pemenangnya. Sementara untuk sisi harga, Xiaomi Redmi Note 5 dilepas dengan harga sekitar 2 – 3 jutaan Rupiah , sedangkan Huawei Honor 7X dibanderol seharga kisaran 2.5 – 3 jutaan Rupiah. Sementara Nokia 5 dibanderol dengan harga sekitar 2.3 jutaan Rupiah. Jadi, mana yang lebih menguntungkan menurut  kebutuhan dan budget Anda antara Xiaomi Redmi Note 5 vs Nokia 5 vs Honor 7X ini?

COMMENT
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top