Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Android 15 Siap Meluncur dengan Deretan Fitur Baru

Fitur Android 15_1a
Fitur Android 15. (Sumber: GizChina)

Unbox.id – Pada ajang Google I/O beberapa hari lalu, Google memamerkan beberapa fitur kecerdasan buatan (AI) baru yang cukup menarik. Fitur-fitur baru yang diperkenalkan adalah model terbaru AI Gemini 1.5, Project Astra dan masih banyak lagi. Tak hanya fitur AI yang dibahas, Google juga memamerkan sistem operasi Android 15 besutannya yang diperkirakan akan diluncurkan pada akhir tahun 2024. Dalam acara tersebut, Google juga membeberkan beberapa kemampuan baru untuk sistem operasi tersebut di masa depan. Mengutip laporan ZDNET, Google terus mengembangkan Material You dan platform Android, serta membantu sistem beradaptasi lebih baik pada perangkat HP dengan layar lipat.

Berfokus Pada Privasi dan Fitur Baru

Sistem Android 15_3c

Sistem Android 15. (Sumber: Tech Update)

Android 15 juga memiliki pendekatan yang sangat berfokus pada privasi, yang kemungkinan akan bersaing lebih baik dengan semua fitur privasi di iOS Apple. Berikut beberapa fitur baru yang akan tersedia di Android terbaru. Sebagai permulaan, Google akan memperkenalkan fitur PrivateSpace di sistem Android 15. Sebagai informasi, fitur ini sudah tersedia di beberapa ponsel Android.

Kini, PrivateSpace akan tersedia langsung di perangkat Android 15 dan tidak melalui antarmuka pengguna pihak ketiga. Fitur baru di Android 15 ini memungkinkan pengguna mengunci aplikasi apa pun yang tidak ingin dilihat orang lain, seperti aplikasi perbankan atau aplikasi yang berisi informasi sensitif lainnya.

Ruang Pribadi mengisolasi data dan notifikasi aplikasi sehingga tetap tersembunyi. Lebih lanjut, pengguna ponsel Android bahkan bisa menyembunyikan keberadaan fitur tersebut hingga menyulitkan orang lain untuk mengakses aplikasi tersebut.

Fitur ini menggunakan sidik jari sebagai kunci utama, namun pengguna juga dapat mengatur kunci khusus jika ingin membuat aplikasi tersembunyi lebih sulit diakses.

Peningkatan Pengalaman Penggunaan di Tablet dan HP Layar Lipat

Android 15 akan memudahkan pengembang untuk mengadaptasi aplikasi mereka ke perangkat dengan layar lebih besar di tablet dan perangkat lipat. Penyesuaian ini dimungkinkan oleh pustaka tata letak adaptif Compose AI yang baru.

Dengan menggunakan Compose, Google mengatakan akan lebih mudah bagi pengembang untuk memastikan bahwa antarmuka pengguna aplikasi mereka Aplikasi yang mereka kembangkan memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan ukuran jendela, layar, orientasi.

Engine API baru ini menyediakan alat yang memudahkan elemen UI untuk masuk ke dalam area pandang saat ini, bukan hanya memperluas atau menciutkan berdasarkan ukuran layar.

Compose AI akan memungkinkan pengembang menyembunyikan konten tertentu dengan mudah. elemen, mengubah orientasi objek, menggunakan widget panel untuk menyembunyikan atau menampilkan bagian tertentu dari aplikasi, dan banyak lagi.

Google juga meningkatkan pengalaman pena di Android 15 dengan alat baru untuk memudahkan pengembang memastikannya. Latensi pergerakan pena tetap rendah. di aplikasi pihak ketiga. Android 15 juga akan meningkatkan pengalaman menulis dan berkreasi dengan pena sambil menggulir layar secara manual.

Selain itu, Google juga memastikan bahwa pengembang memiliki alat yang mereka perlukan untuk menjadikan penggunaan keyboard dan mouse lebih ramah pengguna saat menggunakan aplikasi pihak ketiga, termasuk game di beragam ukuran layar.

Baca juga: Android Penggunanya Bakal Lebih Aman Dengan Fitur Ini

Keamanan Berlapis saat Ponsel Dicuri

Sistem Android 15_2b

Sistem Android 15. (Sumber: GizChina)

Salah satu fitur paling menarik terkait Google AI adalah kunci pendeteksi pencurian. Fitur ini berfungsi jika ponsel Android mendeteksi ada seseorang yang mencuri ponsel pengguna dan berusaha melarikan diri, ponsel akan mendeteksi gerakan dan langsung mengunci layar.

Ponsel juga akan otomatis terkunci jika terdeteksi adanya aktivitas mencurigakan, misalnya berulang kali. mencoba memutuskan sambungan telepon atau beberapa upaya masuk yang gagal. Meskipun penguncian deteksi pencurian tersedia di perangkat yang menjalankan Android 10, namun perlindungan anti-pencurian Reset Pabrik akan tetap hanya tersedia untuk Android 15.

Fitur ini berfungsi dengan mengunci perangkat jika pencuri mencoba mengatur ulang pencurian ponsel yang diretas. Fitur ini kemudian hanya dapat dibuka jika Anda memiliki informasi login yang ditautkan ke akun Google Anda.

Fitur keamanan ini akan meningkatkan keamanan perangkat Android Anda secara signifikan. Selain itu, fitur ini membuat ponsel Android tidak berguna bagi mereka yang tidak memiliki informasi login akun Google pemiliknya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Google baru saja meluncurkan fitur baru yang akan meningkatkan keamanan Android 15. Fitur ini akan memungkinkan sistem untuk menghapus data biometrik wajah...

Software

Last updated on 18 Juni, 2024 Jakarta, Unbox.id — Beberapa bulan sebelum rilis resmi Android 15, sebagian besar fitur dan perubahan baru telah terungkap....

Tech Industry

Unbox.id – Google dikenal sering mengadakan acara tahunan bertajuk Google I/O. Pada acara ini, perusahaan akan kerap memperkenalkan sederet produk barunya. Untuk itu, pada...

Tech Industry

Unbox.id – Google dikabarkan akan meluncurkan Android 15 dalam waktu dekat. Android terbaru ini akan memperkenalkan banyak fitur dan keamanan baru yang dapat meningkatkan...