Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Harga Langganan Spotify Premium Akan Naik Hingga 2 Kali Lipat

Spotify Premium_1a
Spotify Premium. (Sumber: Tech Idea)

Unbox.id – Spotify dilaporkan akan menaikkan harga berlangganan untuk layanan premiumnya setelah mempertahankan harga yang sama selama bertahun-tahun. Tanpa ragu, Spotify akan menggandakan harga berlangganannya. Menurut laporan Bloomberg yang dikutip Engadget, harga Spotify Premium akan naik sekitar $1 untuk paket individu dan $2 untuk paket keluarga atau duo pada akhir April 2024.

Adanya Biaya Penyediaan Konten

Spotify Premium_2b

Spotify Premium. (Sumber: Techno Idea)

Kenaikan harga ini berlaku di beberapa negara, termasuk Inggris, Australia dan Pakistan. Kenaikan harga ini disebabkan oleh biaya penyediaan konten audiobook. Mulai bulan Oktober, pengguna Spotify Premium di negara tertentu dapat mendengarkan buku audio berdurasi 15 jam per bulan tanpa biaya tambahan.

Jika pengguna melebihi batas 15 jam, mereka dapat membayar ekstra untuk mendengarkan buku audio berdurasi 10 jam. Kebijakan ini memungkinkan Spotify menghasilkan lebih banyak uang dari perpustakaan Buku Audio premiumnya. Perusahaan juga menjual buku audio di toko online-nya. Spotify diketahui mengejar keuntungan sejak IPO pada 2018 lalu.

Dan untuk mencapai hal tersebut, perusahaan akan menyiapkan sejumlah biaya pendaftaran lainnya. Salah satu opsi berlangganan baru dilaporkan menawarkan Hi-Fi Audio (audio berkualitas tinggi). Sebuah fitur yang ditunggu-tunggu oleh pengguna aplikasi Spotify.

Layanan streaming musik juga memperkenalkan tingkat dasar yang mencakup musik dan podcast bebas iklan tanpa disertai buku audio. Paket ini dibanderol dengan harga 11 USD per bulan atau setara dengan Rp 174.000.

Spotify Kembangkan Fitur Playlist Berbantuan AI

Di samping itu, Spotify dikabarkan sedang mengembangkan fitur baru untuk membuat playlist menggunakan teknologi AI alias kecerdasan buatan.

Mengutip Tech Crunch, perusahaan mengonfirmasi fitur Playlist AI telah diuji coba secara luas. Namun, mereka tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang teknologi, cara kerja, dan waktu peluncurannya.

Fitur ini ditampilkan dalam video TikTok @robdad_, ia menulis, “Saya baru saja menemukan ChatGPT Spotify secara?” Berdasarkan tangkapan layar yang dibagikannya, fitur playlist AI diakses dari tab Perpustakaan Anda di aplikasi Spotify dengan mengetuk tombol plus (+) di kanan atas layar.

Di sini, menu pop-up akan muncul dan fitur playlist AI dapat ditemukan di bawah opsi Playlist dan Blend. Setelah memilih opsi playlist AI, pengguna akan disajikan layar tempat mereka dapat mengetikkan perintah ke dalam kotak bergaya chatbot AI, atau menelusuri daftar perintah yang disarankan untuk memulai.

Video tersebut juga menunjukkan ide-ide cepat seperti “fokuslah bekerja dengan instrumen elektronika”, “isi keheningan dengan musik latar kafe”, “bergairahlah dengan lagu-lagu yang menyenangkan, ceria, dan positif” dan “jelajahi genre khusus seperti Witch House.”

Setelah pengguna mengetikkan perintah, chatbot AI akan merespons dengan “Memproses permintaan Anda…”. Kemudian contoh playlist alias daftar putar hasil rekomendasi AI akan disajikan.
Pengguna bisa menggeser ke kiri lagu yang tidak diinginkan dalam daftar untuk menghapusnya.

Pada bagian deskripsinya, dijelaskan pula untuk saat ini fitur baru aplikasi streaming musik tersebut hanya tersedia dalam Bahasa Inggris.

Baca juga: Platform Spotify Uji Coba Fitur AI Baru

Pelanggan Spotify Premium Kini Bisa Nonton Video Musik

Spotify Premium_3c

Spotify Premium. (Sumber: Tell Techno)

Selain menggunakan AI dalam playlist, layanan streaming musik tersebut kini juga menampilkan klip video musik langsung di dalam aplikasi.

Dikutip dari Android Authority, Spotify saat ini meluncurkan versi beta dari fitur video musiknya di aplikasinya. Fitur ini saat ini tersedia untuk pengguna premium di platform iOS, Android, dan PC, termasuk TV.

Namun, fitur ini terbatas pada negara tertentu. Berikut daftar negara yang bisa memanfaatkan fitur terbaru Spotify:

  • Inggris
  • Jerman
  • Italia
  • Belanda
  • Polandia
  • Swedia
  • Brazil
  • Kolombia
  • Filipina
  • Indonesia
  • Kenya

Untuk sekarang, Spotify mengatakan, koleksi video musik yang mereka miliki masih terbatas. Meskipun begitu, video dari musisi terkenal seperti Ed Sheeran, Doja Cat, dan Ice Spice telah tersedia di platform streaming musik tersebut.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Spotify dikabarkan akan melakukan perubahan besar pada layanannya. Baru-baru ini, sebuah perusahaan melakukan tes untuk membatasi akses gratis pengguna ke fitur lirik....

Apps & Games

Unbox.id – Spotify adalah layanan streaming musik dan podcast terpopuler saat ini. Layanan streaming ini memiliki jutaan judul lagu dari berbagai artis/musisi serta banyak...

Apps & Games

Unbox.id – Spotify akan menjadi perusahaan teknologi yang menerapkan kecerdasan buatan (AI) pada layanan streaming-nya. Ini bukan pertama kalinya Spotify mengacaukan AI, karena raksasa...

Apps & Games

Unbox.id – Spotify sedang menguji fitur baru yang memungkinkan pengguna mematikan rekomendasi hasil personalisasi. Dengan fitur ini, lagu yang diputar oleh orang lain menggunakan...