Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Tips Mencabut Flashdisk Tanpa Harus Melakukan “Safe Remove”

Banyak orang memilih “jalan aman” dengan cara melakukan safely remove sebelum melepas flashdisk dari port USB laptop atau komputer. Tentu saja tujuannya agar data-data yang ada di dalam flashdisk tersebut bisa tetap aman alias tidak rusak. Namun harus diakui bahwa proses safely remove tetap akan memakan waktu yang lebih lama, malah bisa semakin memperlambat gerak pengguna tersebut. Terlebih lagi pada saat pengguna sedang terburu-buru dan ingin bergerak lebih cepat.

“Tahukah Anda bahwa sebenarnya safely remove itu tidak wajib dilakukan. Setiap USB flashdisk dapat diatur supaya bisa dipasang dan dilepas begitu saja, sehingga Anda tidak harus melakukan safely remove. Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mempermudah mencabut flashdisk, sehingga tidak perlu melakukan safely remove lagi.”

Memasang USB flashdisk

Langkah pertama, sebaiknya pasang USB flashdisk pada laptop atau komputer Anda. Kemudian jalankan aplikasi Device Manager dengan cara menekan tombol berlogo Windows yang ada pada laptop atau komputer milik Anda. Lalu ketik “Device Manager” pada bagian search bar. Sehingga aplikasi tersebut dapat dipilih secara langsung.

Mencari Disk Drives

Disk Drives merupakan bagian yang berisi daftar seluruh disk yang terhubung pada laptop atau komputer milik Anda. Anda bisa mencari bagian Disk Drive, kemudian klik untuk melihat daftar disk yang telah terhubung pada komputer. Klik sebanyak dua kali pada nama USB, kemudian akan muncul sebuah menu.

Memilih Quick Removal

Pada menu tersebut, pilih tab Policies, lalu cari bagian Removal Policy. Anda bisa memilih Quick Removal (default). Cara ini bisa membuat USB maupun Windows tidak akan membuat cache, sehingga flashdisk Anda pun dapat langsung dilepas pada saat selesai menggunakan.

Bagaimana, mudah bukan caranya? Kini Anda tidak perlu repot-repot harus melakukan safely remove terlebih dahulu. Namun ingat, Anda tidak disarankan untuk mencabut USB flashdisk pada saat sedang digunakan untuk memutar film, menyalin data, maupun berbagai kegiatan lainnya. Sebaiknya selesaikan terlebih dahulu proses penyalinan data yang hendak dilakukan, kemudian pastikan juga lampu indikator pada flashdisk telah mati sebelum dicabut. Selamat mencoba!

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga