Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Alasan Menggunakan Digital Zoom di Kamera Smartphone Tidak Baik

digital zoom
(sumber: unsplash/@akshar_dave)

Last updated on 14 Maret, 2022

Unbox.id Siapa  yang tidak  suka foto-foto dan berhasrat jadi fotografer handal? Karena banyak penyuka fotografi inilah kemudian banyak bermunculan smartphone dengan kamera terbaik dan juga berbagai aplikasi kamera serta edit foto.

Tapi, bukan cuma itu saja yang jadi penentu kualitas foto. Teknik pengambilan gambar juga sangat menentukan hasil foto.

Pengertian Digital Zoom

Di dalam kamera smartphone, umumnya sudah tersedia fitur zoom yang kebanyakan masih menggunakan Digital Zoom. Fitur ini memungkinkan kamu untuk memperbesar objek gambar agar kelihatan seolah mendekat.

Namun, Digital Zoom ini bukanlah fitur zoom yang sebenarnya seperti Optical Zoom pada kamera DSLR. Karena itu sebaiknya kurangi penggunaan Digital Zoom.

Baca juga: Tips Memotret dengan Kamera Smartphone di Kondisi Gelap

Digital Zoom

Alasan jangan mengunakan Digital Zoom

Digital Zoom itu dirancang untuk memperbesar objek yang kita foto. Pembesaran ini menggunakan perangkat lunak dari perangkat tersebut, agar dapat mendapatkan efek zoom seperti lensa pembesar yang terdapat pada kamera DSLR.

Dalam pengambilan gambar dengan smartphone disarankan untuk menghindari Digital Zoom karena hasilnya biasanya kurang tajam dan bahkan tidak jelas.

Bila ingin hasil gambar yang baik sebaiknya mengurangi Digital Zoom karena fungsinya sama dengan melakukan cropping di foto saja! Makanya hasil foto menjadi kabur.

Lebih baik mendekat ke objek fotonya kalau ingin menghasilkan foto yang jelas dan lebih baik seperti fotografer.

Optical Zoom

Optical Zoom juga kini menjadi satu fitur di smartphone yang digunakan untuk membuat objek foto terlihat lebih dekat. Namun fitur ini masih lebih banyak tersedia untuk smartphone mid-range hingga flagship yang telah memiliki lensa telephoto.

Optical zoom ini dinilai menghasilkan gambar yang lebih jelas karena dukungan sensor dan lensa tambahan. Namun, hasilya terbatas dan belum bisa semaksimal dari gambar yang diambil dengan zoom dengan kamera DSLR.

Baca juga: iPhone 8 Plus Jadi Smartphone Kamera Terbaik di Dunia Versi DXO Mark

Optical Zoom

(sumber: unsplash/@ozgut)

Hybrid Zoom

Hybrid Zoom menjadi harapan untuk hasil foto bebas zoom sesuka hati. Sesuai namanya zoom ini menggabungkan optical zoom, digital zoom dan sentuhan software untuk menghasilkan gambar yang jelas.

Fitur Hybrid Zoom seperti yang tersedia di Samsung Galaxy S20 dan Pixel 4 contohnya, dengan kemajuan AI yang berkembang cepat, kedepannya batasan zoom bisa diatasi untuk menghasilkan gambar yang lebih baik. (Fzh/Crs)

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Kemajuan teknologi telah memungkinkan ponsel dilengkapi dengan fungsi kamera yang canggih di kelasnya. Dengan adanya perangkat kamera tersebut, value dari sebuah smartphone...

Hardware

Unbox.id – Kamera pada smartphone telah menjadi salah satu fitur yang paling penting dan menarik bagi pengguna. Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi kamera...

Hardware

Unbox.id – Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi kamera pada smartphone telah mengalami kemajuan pesat. Ponsel pintar kini dilengkapi dengan fitur-fitur kamera yang canggih...

Software

Unbox.id – Saat sedang buka pengaturan pada kamera smartphone, pernahkah Anda menemukan fitur “anti-banding”? Fitur anti-banding bisa saja tidak dapat ditemukan di semua smartphone....