Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kamera

Review Kamera Ricoh Theta V, Kecil Tapi Tangguh dan Serbaguna

Ricoh Theta V adalah kamera video generasi kelima yang masih mempertahankan fungsi 360 derajatnya, dimana versi pertamanya diluncurkan pada tahun 2013 lalu. Saat itu, Theta adalah satu-satunya kamera shot single 360 ​​derajat yang ada di pasaran, dan menempatkan kamera Ricoh ini di puncak awal pengadopsi ke virtual reality. Kini, empat tahun kemudian, peluncuran Theta terbaru di tengah pasaran yang lebih ramai dengan berbagai kamera dengan fitur video 4K, Theta V adalah kamera 360 derajat Ricoh yang pertama untuk fitur 4K, dan juga dikemas dalam beberapa fitur lain yang membuatnya menarik bagi mereka yang senang berada di dunia VR.

Spesifikasi Utama

Basic Specifications
Full model name: Ricoh Theta V
Resolution: 14.50 Megapixels
Sensor size: 1/2.3 inch
(6.2mm x 4.6mm)
Lens: Non-Zoom
(7.3mm eq.)
Viewfinder: No / No LCD
Native ISO: 64 – 3200
Shutter: 1/25000 – 60 seconds
Max Aperture: 2.0
Dimensions: 1.8 x 5.1 x 0.9 in.
(45 x 131 x 23 mm)
Weight: 4.3 oz (121 g)
includes batteries
Availability: 08/2017
Manufacturer: Ricoh

 

Fitur Utama Ricoh Theta V

– Gambar dan video sphere 360 ​​derajat 360 resolusi tinggi

– Video 360 derajat resolusi tinggi yang kompatibel dengan 4K

– Rekaman audio spasial 360 derajat yang mereproduksi realisme yang luar biasa

– Bisa shot menggunakan shutter hingga 1 / 25.000 detik

– Kisaran ISO 64-6400 dalam video, dan 64-3200 di stills

– Memori internal dan non-removable sekitar 19GB

– Menawarkan peningkatan akurasi proses koreksi gambar atas / bawah menggunakan sensor gyro baru

– Selang waktu interval interval minimal 4 detik

– Transfer data berkecepatan tinggi berkat modul komunikasi nirkabel yang meningkat secara dramatis

– Kemampuan Pemutaran Jarak Jauh ke berbagai merek televisi menggunakan Theta sendiri sebagai pengontrol

– Bluetooth dan komunikasi dual LAN nirkabel

– Fungsi tambahan dapat ditambahkan menggunakan plug-in, karena Theta V berbasis Android OS

– Dukungan streaming 360 derajat 360 derajat (untuk ditambahkan melalui update firmware di kemudian hari, tidak tersedia saat kamera ini diluncurkan)

– Aksesori tambahan: mikrofon 3D TA-1 dan tahan air (hingga kedalaman 30 meter)

Desain

Theta V hampir tidak mengubah apa pun tentang tampilannya namun tentunya menghadirkan berbagai pembaruan disistem kameranya.  Ya, kamera 360 derajat besutan Ricoh yang pertama dengan fitur 4K ini dipastikan memiliki perbedaan kualitasnya sangat jelas, baik pada kualitas gambar diam maupun video secara signifikan, dan juga konsumsi daya telah berkurang berkat sensor gambar baru yang mendukung pembacaan data gambar berkecepatan tinggi.

Perfoma

Menariknya, kamera Ricoh Theta V ini bisa merekam video 360 derajat dengan presisi tinggi 360 derajat pada 30 frame per detik pada resolusi 3840 x 1920 piksel, yang setara dengan 4K dalam kenyataan maya. Selain mendukung format file H.264 untuk perekaman video, standar kompresi video H.265 yang lebih baru juga didukung untuk mengantisipasi aplikasi masa depan berdasarkan rilis API terbaru nantinya. Snapdragon Qualcomm adalah prosesor utama Theta V, yang berarti menawarkan peningkatkan akurasi pemaparan dan algoritma white balance dengan menggabungkan teknologi pengolahan gambar yang dibudidayakan melalui pengembangan kamera PENTAX. Ricoh juga telah melakukan penyetelan untuk mendapatkan penggambaran gambar 360 derajat 360 definisi tinggi yang akurat dan alami dengan sekitar 14 keluaran megapiksel yang efektif untuk gambar diam bahkan saat menggunakan pemotretan otomatis.

Theta memiliki dua mode status “dimatikan”. Hal ini dapat sepenuhnya dimatikan, yang kemudian memerlukan beberapa detik untuk menghidupkan kembali kembali. Ini adalah mode yang dianjurkan saat Anda tidak berencana untuk melakukan shoot untuk sementara waktu, atau dilakukan sepenuhnya dengan perangkat pada hari itu. Tapi untuk pemakaian biasa, ada mode “sleep” yang memungkinkan untuk instan dan mematikan. Modus ini menghemat daya, namun tidak mematikan perangkat sepenuhnya dan juga memungkinkannya untuk menjaga koneksi nirkabel tanpa kabel nirkabel dengan telepon Anda. Setelah mengambil gambar atau video dengan Theta, Anda dapat langsung memposting gambar bola 360 derajat yang diambil tersebut ke Facebook, YouTube dan layanan sosial lainnya, lalu unggah ke situs web theta360.com dan bagikan di jejaring sosial seperti Twitter dan Tumblr serta Instagram. Anda juga mungkin bisa mengirimkan video bola bulat ke Google Maps menggunakan kamera ini.

Selain itu, Kamera Riicoh Theta V ini memiliki mikrofon 4 kanal yang mendukung rekaman audio spasial 360 derajat yang terpasang di bodinya. Omnidirectional audio direkam tidak hanya di arah horizontal tapi juga dalam arah vertikal, sehingga memungkinkan untuk mereproduksi suara dan video seperti di lingkungan di mana video diambil dengan menghubungkan video 360 derajat dan audio bersama. Selanjutnya, dengan menggunakan aksesori khusus “Mikrofon 3D TA-1” (yang akan dijelaskan di bawah) akan memungkinkan Anda mengambil suara alami dengan volume informasi yang besar dengan frekuensi rendah dan tinggi.Ini termasuk kamera yang keren. Kecepatan rana atas Theta V telah meningkat drastis dari pendahulunya, Theta S. Dahulu, kecepatan rana berkisar antara 1/6400 detik sampai 1/8 detik, namun Theta V sekarang dapat mencapai 1/25.000 detik untuk 1/8 detik. Kedua model memungkinkan eksposur selama 60 detik dalam mode manual. Theta V juga meningkatkan penyimpanan on-board dari 9 GB menjadi sekitar 19 GB. Hal ini memungkinkan cuplikan sekitar 40 menit dari 4K, 130 menit rekaman HD dan sekitar 4800 gambar foto. Ricoh menurunkan interval waktu minimum hingga 4 detik, yang akan menghasilkan pengalaman timelapsing yang lebih baik.

Untuk baterai, Ricoh Theta V bertahan hingga antara 160 dan 300 gambar atau video berdurasi 80 menit . Dan saat diluncurkan, Theta V besutan Ricoh ini menawarkan fitur live streaming, namun memerlukan koneksi yang tertambat dengan komputer dengan pemrosesan gambar berperforma tinggi dan lingkungan komunikasi berkecepatan tinggi untuk ditransmisikan. Hal ini bisa diterapkan pada bulan Oktober 2017 kemarin. Yang jauh lebih menarik, Theta V adalah kamera sphere pertama yang dipasarkan secara komersial pertama di pasaran yang memungkinkan “Pemutaran Jarak Jauh”. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memutar gambar dan video 360 derajat tanpa kabel pada layar besar, seperti televisi. Banyak merek televisi sudah mendukung fitur ini, dan menggunakan adaptor layar nirkabel yang kompatibel mungkin bisa memutar pemutaran gambar diam 360 derajat dan data video yang tersimpan di kamera ini.

Tentang aksesoris tambahan Ricoh Theta V

Kamera ini diberikan dua aksesori opsional yang berbeda, yakni Mikrofon TA-1 3D dan Underwater TW-1. Ya, mikrofon 3D akan tersedia saat diluncurkan dan merupakan mikrofon Theta V-dedicated. Dilengkapi dengan unit mikrofon yang dikembangkan oleh Audio-Technica Corporation, mikrofon dapat mengambil suara dalam pada frekuensi menengah ke bawah karena mikrofon directional dengan aperture besar sekitar 10mm, dibandingkan dengan mikrofon built-in. Hal ini membuat sangat cocok untuk memotret pertunjukan musik.  Lalu ada aksesoris yang memiliki fitur tahan air TW-1 hingga kamera ini bisa dibawa di kedalaman 30 meter  untuk mencapai pemotretan bawah laut 360 derajat-nya. Aksesoris ini juga kompatibel dengan kamera Ricoh Theta S dan SC selain Theta V. Dengan kata lain, kamera tahan air air memiliki ketangguhan di kelasnya.

Sekeren-kerennya kamera ini, tentu masih ada sisi negatifnya, yakni Theta V masih tetap menggunakan memori internal yang tidak bisa dilepas, dan waktu perekaman maksimalnya juga masih selama 25 menit, tidak bisa lebih.

Harga dan Ketersediaan Ricoh Theta V

Kamera Theta V besutan Ricoh ini dilepas pada akhir bulan Oktober 2017 kemarin dengan harga USD429,95 untuk bodinya saja. Sedangkan mikrofon 3D TA-1 3D dibanderol dengan harga sekitar USD 269,99, dan Case Underwater TW-1 USD199,95.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga