Connect with us

Hi, what are you looking for?

Acer

Review Acer TravelMate B117 Laptop Tangguh Berharga Terjangkau

Acer TravelMate B117 merupakan salah satu laptop garapan Acer yang diklaim memiliki daya tahan yang cukup tanggup, namun dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk itu, Unbox berkesempatan mengulas kemampuan laptop tangguh satu ini. 

Di zaman yang serba dinamis seperti sekarang ini, faktor mobilitas tentu menjadi hal yang begitu diutamakan. Manusia dituntut untuk bergerak fleksibel dalam setiap aktivitasnya. Demi menunjang tuntutan tersebut, tentunya manusia membutuhkan perangkat handal dan memiliki daya tahan yang baik. Salah satu perangkat yang menawarkan keunggulan diatas adalah Laptop Acer TravelMate B117.

Acer TravelMate B117

Bagian luar Acer TravelMate B117

Acer TravelMate B117 dirancang untuk berbagai kegiatan mobile, sehingga laptop ini dibekali dengan kemampuannya yang tahan terhadap guncangan. Laptop ini disebutkan juga telah lulus uji military standard, sehingga ketangguhannya tidak perlu lagi dipertanyakan. Bahkan laptop ini diklaim mampu menahan beban hingga bobot 60 kilogram diatasnya.

Unbox.id berkesempatan untuk merasakan pengalaman menggunakan laptop Acer TravelMate B117.  Apa saja keunggulan yang dimiliki laptop ini selain ketangguhannya? Mari simak ulasan eksklusifnya berikut ini.

Desain

Jika diperhatikan dengan seksama, kesan kuat langsung terasa saat TravelMate B117 berada dalam genggaman. Bodinya terasa kokoh dengan sudut yang agak membulat. Bingkainya dilapisi dengan lapisan strip rubber yang berfungsi untuk melindungi laptop saat terjadi benturan ataupun ketika tidak sengaja terjatuh saat digunakan.

Bodi Acer TravelMate B117 berbahan polikarbonat

Bodinya dilapisi dengan material polikarbonat yang membuat kesan tangguh kian terasa. Kelebihan lainnya, laptop ini dapat dibuka tutup hingga rentang 180 derajat hingga hitungan 25 ribu kali. Pada bagian penutupnya terdapat LED notifikasi indicator status dan daya yang bisa menunjukkan kondisi laptop. Seperti ketika laptop sedang diisi daya, maka LED akan menyala berwarna orange. Saat baterai telah terisi penuh, LED bakal berubah menjadi warna biru. Sedangkan saat laptop dalam posisi sleep, LED ini akan berkedip berwarna orange.

Mengingat bodinya yang cukup compact, Acer tidak bisa menyematkan banyak port pada TravelMate B117. Terbukti dengan mesti absennya RJ45 port, yang terbilang masih cukup populer bagi pengguna laptop di Indonesia. Pada sisi kiri berjajar charging port, HDMI port, USB 2.0, jack audio 3,5 mm, dan memory card reader. Sedangkan pada sisi kiri hanya bersanding port USB 2.0 dan kunci keamanan computer yang kompatibel dengan kunci Kensington.

Acer TravelMate B117

Jajaran Port milik Acer TravelMate B117

Melirik ke bagian dalam, tepatnya di sektor layar dan keyboard. Terpasang webcam beresolusi HD dengan dukungan fitur HDR yang tersemat dibagian atas layar.  Melengkapi ketangguhannya, keyboard milik TravelMate B117 telah dilengkapi dengan fitur spill-resistant. Hadirnya fitur ini membuat keyboard memiliki kemampuan untuk tetap terlindung dari tumpahan air. Dengan fitur ini, air yang tumpah keatas keyboard tidak akan masuk ke komponen di dalam, melainkan akan mengalir ke samping dan dapat dengan mudah dibersihkan.

Acer TravelMate B117

Keyboard yang dilengkapi Fitur Spill-Resistant membuatnya tahan terhadap tumpahan air

Dibagian bawah papan ketik, terbenam sebuah precision touchpad. Touchpad milik TravelMate B117 ini telah mendukung beragam Windows 10 Gesture yang semakin memudahkan pengguna kala mengoperasikannya.

Layar

Bergeser ke bagian layar, dibenamkan layar dengan bentang 11, 6 inci. Ukuran yang memang terbilang kecil, namun mengingat kemampuannya yang mengedepankan fleksibilitas, membuat ukuran layar ini terbilang masuk akal. Pengguna tidak perlu repot-repot membawa laptop berukuran besar kemana-mana, untuk menunjang kinerjanya sehari-hari.

Berbekal resolusi layar sebesar 1366 x768 pixel, saat diuji untuk menonton video beresolusi HD 720p, layar laptop masih cukup memanjakan mata, meski ukurannya yang tidak terlalu luas cukup mengurangi kenikmatan menonton.

Acer TravelMate B117

Wujud Acer TravelMate B117 Saat Terbuka

Demi menghadirkan rasa nyaman saat memandang layar, Acer telah menambahkan fitur ComfyView. Dengan fitur ini mampu menekan paparan radiasi yang dipancarkan layar, sehingga mata pengguna tetap nyaman dan tidak cepat lelah saat menggunakan TravelMate B117.

Performa

Mengingat kehadiran laptop ini yang menyasar kalangan pelajar, tentu jeroan yang digunakan pun telah disesuaikan. Pada sektor dapur pacu TravelMate B117, Acer membenamkan prosesor Intel Celeron N3060 berkecepatan 1,60 GHz. Kinerjnya turut ditopang dengan keberadaan RAM 4 GB. Sedangkan untuk pengolahan grafis dipercayakan pada chip Intel HD Graphics.

Saat diuji benchmark dengan aplikasi CPU Z, untuk CPU Single Thread memperoleh skor sebesar 369. Sedangkan untuk CPU Multi Thread, TravelMate B117 mampu mencatat skor 714. Sedangkan saat diuji dengan aplikasi PC Mark 7, laptop ini mampu menembus skor hingga 1323.

Acer TravelMate B117

Skor uji benchmark menggunakan aplikasi PC Mark 7

Dengan spesifikasi demikian, berbagai kegiatan multi-tasking yang dilakukan oleh pelajar, seperti mengetik atau presentasi tentu dapat dilibas tanpa cela. Namun untuk kerja berat lain seperti bermain game HD, rasanya laptop satu ini terbilang kurang mumpuni, meski RAM yang dibawa terbilang cukup besar.

Untuk meng-install beragam aplikasi dan menyimpan berbagai file, tersedia memori penyimpanan sebesar 500 GB. Dengan kapasitas yang ada, pengguna dapat menyimpan banyak file seperti dokumen, lagu, musik, bahkan juga beragam judul film.

“Acer TravelMate B117 dirancang untuk berbagai kegiatan mobile, sehingga laptop ini dibekali dengan kemampuannya yang tahan terhadap guncangan. Laptop ini disebutkan juga telah lulus uji military standard, sehingga ketangguhannya tidak perlu lagi dipertanyakan. Bahkan laptop ini diklaim mampu menahan beban hingga bobot 60 kilogram diatasnya.”

Sebagai sumber daya, laptop yang berjalan dengan sistem operasi anyar Windows 10 Pro ini dipersenjatai dengan baterai non-removable yang mampu bertahan hingga 13 jam penuh saat digunakan. Tentunya dengan ini membuat pengguna tak perlu khawatir saat laptop diajak beraktivitas seharian penuh.

Beralih ke bagian audio, TravelMate B117 dibenamkan dua buah speaker yang terletak di bagian bawah sisi kiri dan kanan. Saat diuji untuk memutar lagu, semburan audio yang keluar terasa biasa saja. Tidak ada bass yang teras, sehingga terdengar cukup flat.

Kesimpulan

Mengusung harga sekitar 3 jutaan, Anda disuguhi sebuah laptop dengan daya tahan yang terbilang cukup baik. Tidak hanya mampu bertahan menghadapi guncangan, dengan built quality-nya yang begitu kokoh, laptop ini mampu tetap bertahan ketika terjatuh dari ketinggian, serta sanggup terlindung dari tumpahan air. Kemampuan yang biasanya dimiliki laptop dengan harga jauh lebih tinggi.

Meski kurang bisa diandalkan untuk kerja berat, namun untuk beragam kerja ringan sehari-hari laptop ini sangat bisa diandalkan. Apalagi dengan bentuknya yang compact dan fleksibel, membuat beragam kegiatan mobile dengan Acer TravelMate B117 akan terasa sangat memudahkan penggunanya.

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Acer

Jakarta, Unbox.id — Acer kali ini meluncurkan produk laptop gaming terbaru, Predator Helios Neo 16 (PHN16-72) di pasar Tanah Air. Perangkat dengan segmentasi gaming...

Spesifikasi & Harga

Jakarta, Unbox.id – Raksasa teknologi Taiwan, Acer pertama kali mengumumkan Predator Triton 16 di CES 2023 pada bulan Januari tahun ini. Saat ini, perusahaan...

Merk

Unbox.id – Laptop Acer seringkali menjadi salah satu pilihan ketika konsumen berniat membeli laptop baru karena selain spesifikasinya yang bagus, harga laptop Acer juga...

Review Produk

Unbox.id – Lenovo menawarkan sejumlah laptop dengan fitur dual-screen yang menarik. Misalnya, ada ThinkPad X1 Fold dengan layar OLED yang dapat dilipat, ThinkBook Plus...