Komparasi

Riset Buktikan Pengguna Android Lebih Setia dari iOS

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Ketika memilih platform mobile alias sistem operasi mobile, Anda benar-benar perlu memikirkannya dengan serius karena pada dasarnya Anda akan terkunci dalam aplikasi dan layanan platform tersebut dalam waktu yang cukup lama, kecuali Anda gemar gonta-ganti smartphone. Inilah sebabnya mengapa dapat dimengerti bahwa terlepas dari keraguan orang pada software dan hardware perangkatnya, pengguna cenderung berpegang pada satu platform tertentu.

Apalagi jika Anda termasuk pengguna yang benar-benar mengeluarkan uang untuk aplikasi dan layanan tertentu, pastinya sangat sayang jika harus berganti platfome. Namun, jika menyangkut loyalitas pada sistem operasi, meskipun penggemar Apple dikenal karena keteguhan dan semangat mereka, sebuah studi yang dilakukan oleh Consumer Intelligence Research Partners menemukan bahwa pengguna Android tampaknya lebih setia daripada pengguna iOS.

Seperti yang dapat Anda lihat pada grafik di atas, pengguna IOS sebagian besar lebih loyal daripada pengguna Android sekitar tahun 2014. Namun selama bertahun-tahun setelah itu, pengguna Android mulai menjadi lebih loyal terhadap platform besutan Google ini, sampai pada titik di mana pada bulan Desember 2017, loyalitas untuk pengguna Android ada di 91% versus iOS pada 86%.

Tidak jelas mengapa pengguna Android lebih loyal daripada pengguna iOS, atau apa yang mendorong peralihan tersebut. Ada kemungkinan bahwa dengan OEM sekarang mulai menggabungkan versi Android yang lebih bersih dan lebih murni ke dalam produk smartphone-nya, sehingga pengguna tak ragu akan adanya bloatware yang mengganggu. Atau mungkin juga karena iPhone dan iPad semakin mahal, sehingga ada sedikit alasan bagi pengguna Android untuk tidak melakukan perpindahan OS. Bagaimana menurut Anda?

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Comments

Popular

To Top