Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Indosat Gelar SheHacks 2024

Indosat SheHacks 2024_1a
Indosat SheHacks 2024. (Sumber: Indosat)

Unbox.id – Indosat Ooredoo Hutchison atau Indosat menyelenggarakan SheHacks 2024. Program ini diselenggarakan oleh Indosat bekerja sama dengan Kumpul.ID, ini merupakan salah satu cara Indosat mendukung perempuan di bidang startup teknologi. Alasannya, bagi Indosat, pemberdayaan perempuan merupakan salah satu program prioritas dan bagian dari misi Indosat untuk memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia.

Pemberdayaan Perempuan Lewat Pemanfaatan Teknologi Digital

Indosat SheHacks 2024_2b

Indosat SheHacks 2024. (Sumber: Indosat)

Vikram Sinha, CEO Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan pemberdayaan perempuan SheHacks 2024 adalah melalui pemberdayaan ekonomi melalui pemanfaatan teknologi digital. “Melalui SheHacks, kami ingin memberikan dampak yang lebih besar terhadap perempuan di dunia startup teknologi.

Pernyataan resmi Indosat mengutip Vikram yang mengatakan: “Kami percaya bahwa kepemimpinan perempuan memainkan peran penting dalam memperkuat kesetaraan digital untuk beroperasi di kancah internasional.” SheHacks 2024 memiliki dua pertunjukan.

Yang pertama adalah SheHacks Ideation Lab. untuk pemula dan peserta UMKM, yang kemudian akan mendapatkan manfaat dari pendampingan online pribadi dengan orang-orang yang berpengalaman di bidangnya. Tujuan dari program ini adalah untuk mengasah keterampilan wirausaha melalui kegiatan seperti program bidding dan akselerator.

Pemberdayaan Startup

Program kedua adalah SheHacks untuk Startup. Pada program kedua ini, Indosat akan bermitra dengan ekosistem startup lokal di tiga kota berbeda: Batam, Malang, dan Bali.

Program ini juga akan mencakup serangkaian workshop offline di lima Kota yaitu Medan, Pekanbaru, Palangkaraya, Likupang, dan Sumbawa. Agenda ini bertujuan untuk mendukung perempuan dalam mengembangkan bisnis yang inovatif dan berkelanjutan, dan peserta terpilih akan berpartisipasi dalam program pendampingan intensif.

Apresiasi Pemerintah

5 startup terpilih kemudian akan mendapatkan perjalanan validasi internasional berupa perjalanan ke Australia untuk merasakan langsung ekosistem bisnis global seperti korporasi internasional, dana modal ventura, fintech, e-commerce, teknologi pertanian, teknologi medis, bioteknologi. dan Teknologi Bersih.

Kehadiran program SheHacks 2024 juga diapresiasi oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Anak.

Menteri Negara PPPA Bintang Puspayoga mengatakan: “SheHacks 2024 dapat menjadi platform pembangunan untuk melahirkan generasi perempuan unggul masa depan. dan setara dengan laki-laki serta dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.”

Pengusaha perempuan dan startup yang ingin berpartisipasi dalam SheHacks 2024 dapat berpartisipasi secara individu atau kelompok yang beranggotakan maksimal tiga orang.

Mereka dapat mengajukan proposal dalam bentuk ide atau prototipe produk yang dapat memajukan kesetaraan dan peran perempuan Baik di bidang pendidikan, kesehatan, dan lingkungan hidup dengan menggunakan teknologi. Pendistribusiannya dapat dilakukan melalui shehacks.id mulai tanggal 31 Maret hingga 31 Mei 2024.

Baca juga: Indosat Ajak Generasi Muda Jaga Lingkungan

Sejarah Indosat

Indosat_2b

Indosat. (Sumber: Indosat Ooredoo)

PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) adalah salah satu operator telekomunikasi terbesar di Indonesia. Sejarah Indosat dimulai pada tahun 1967, saat pemerintah Indonesia mendirikan Perusahaan Umum Telekomunikasi Indonesia (Perumtel).

Pada tahun 1980, Perumtel dipecah menjadi dua perusahaan: PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) yang fokus pada layanan telepon tetap, dan PT Indonesian Satellite Corporation Tbk (Indosat) yang mengelola layanan telekomunikasi nirkabel dan satelit.

Indosat memperoleh hak eksklusif untuk menyediakan layanan telekomunikasi internasional bagi Indonesia pada tahun 1989. Pada tahun 1994, Indosat menjadi perusahaan publik dan terdaftar di Bursa Efek Jakarta (sekarang Bursa Efek Indonesia) dan Bursa Efek New York (sekarang Nasdaq).

Selama dua dekade berikutnya, Indosat mengalami pertumbuhan pesat dan mengembangkan infrastruktur serta jaringan telekomunikasi di seluruh Indonesia. Pada tahun 2009, Qatar Telecom (Qtel) mengakuisisi mayoritas saham Indosat, sehingga mengubah nama perusahaan menjadi Indosat Ooredoo, setelah Ooredoo menjadi pemegang mayoritas saham Qtel.

Indosat terus berkembang sebagai salah satu operator telekomunikasi terkemuka di Indonesia, menyediakan layanan telepon seluler, internet, dan jaringan data kepada jutaan pelanggan di seluruh negeri. Perusahaan ini terus berinovasi dan menghadirkan teknologi baru untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di era digital saat ini.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Indosat melalui brand Tri mendukung perkembangan esports di Indonesia dengan menghadirkan turnamen H3RO Esports 5.0. Untuk tahun kelima, Indosat menjadikan Mobile Legends:...

Tech Industry

Unbox.id – Manajemen XL Axiata bertemu dengan Menteri Informasi dan Komunikasi Budi Arie Setiadi di kantor Kominfo di Jakarta. Kabar pertemuan manajemen XL Axiata...

Tech Industry

Unbox.id – Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan pertumbuhan tahunan sebesar 14% (year-on-year) pada kuartal pertama tahun 2024 (Q1 2024), sebesar Rp 11,7 triliun. Sebagai informasi,...

Operator

Unbox.id – Starlink disebut-sebut telah mendapat lisensi untuk menyediakan layanan di Indonesia. Demikian pernyataan Direktur Departemen Telekomunikasi, Direktur Departemen Pos dan Informatika Kementerian Informasi...