Connect with us

Hi, what are you looking for?

Operator

XL Axiata Tingkatkan Jaringan 5G di Jawa Tengah

XL Axiata 5G_1a
XL Axiata 5G. (SUmber: Uo Techno)

Unbox.id – XL Axiata mengumumkan keberhasilan peningkatan 4.400 lokasi di seluruh Indonesia dengan mengganti jaringan dan menambah lokasi baru. Semua itu tercapai berkat proyek lima tahun antara XL Axiata dan perusahaan jaringan telekomunikasi Nokia. Dalam hal ini, XL Axiata mengadaptasi solusi Nokia untuk membangun jaringan 5G di empat kota di Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2023. Empat kota yang disebutkan adalah Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Pekalongan.

Punya Jangkauan Yang Lebih Baik

XL Axiata 5G_3c

XL Axiata 5G. (Sumber: Gizmologi)

Berkat pembangunan jaringan 5G, pengguna XL Axiata di wilayah tersebut kini bisa menikmati jangkauan dan kualitas jaringan yang lebih baik. Hal ini juga tergambar dari peningkatan pertumbuhan tonase di Jawa Tengah hingga 27%, tertinggi di antara wilayah lain pada masa Idul Fitri 2023 dan Natal dan Tahun Baru (NARU) 2023.

Data Point Anonymous, benchmark yang andal menunjukkan XL Axiata menjadi nomor satu. latensi rendah dibandingkan dengan operator lain di wilayah ini. Pencapaian di atas tidak lepas dari implementasi program AirScale, Dynamic Spectrum Sharing (DSS) dan Network Performance Enhancement (NPI) Nokia.

Selain itu, operator yang terkait dengan warna biru juga memodernisasi jaringannya dan meningkatkan kapasitas untuk kinerja jaringan yang lebih tinggi secara keseluruhan. XL juga menggunakan layanan dukungan dan pemeliharaan jaringan Nokia untuk memastikan kualitas layanan tertinggi. Nokia juga memodernisasi jaringan di Jawa Tengah tanpa mengganggu operasional pelanggan.

Bangun Jaringan 5G di 4 Kota di Jawa Tengah

XL Axiata berkomitmen membangun jaringan 5G menggunakan teknologi Nokia 5G di empat kota di Jawa Tengah. Infrastruktur 5G ini akan menjadi landasan bagi pengembang aplikasi yang mencoba menyebarkan aplikasi 5G mereka.

Sebelumnya, operator XL Axiata dan Nokia juga menandatangani nota kesepahaman mengenai program kerja sama pengembangan 5G Cloud RAN di kantor pusat Nokia di Finlandia. Melalui pertemuan ini, kedua belah pihak akan bekerja sama mempersiapkan XL Axiata untuk berbagai aplikasi 5G di masa depan.

Direktur dan Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan dengan modernisasi jaringan, XL Axiata dapat memenuhi kebutuhan pelanggan akan jangkauan dan kinerja jaringan terbaik.

Nantikan Kolaborasi dengan Nokia

“Kedepannya kami juga berharap dapat terus menjalin kerja sama dan kolaborasi dengan Nokia,” kata Gede.

Direktur Unit Pasar Nokia Indonesia Ozgur Erzincan mengatakan timnya berkomitmen mengembangkan solusi yang relevan bagi penyedia layanan untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman pengguna.

“Kami senang solusi kami membantu XL Axiata melakukan modernisasi sekaligus meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan 5G. XL Axiata kini menawarkan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna,” kata Erzincan.

Baca juga: XL Axiata Perluas Layanan Penggantian

Mengenai XL Axiata

XL Axiata 5G_2b

XL Axiata 5G. (Sumber: XL Axiata)

XL Axiata merupakan salah satu operator telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1989 dengan nama PT Grahametropolitan Lestari dan kemudian berganti nama menjadi PT Excelcomindo Pratama pada tahun 1996. Pada tahun 2009, XL melakukan merger dengan Axiata Group Berhad, sebuah perusahaan telekomunikasi yang berkantor pusat di Malaysia, hingga menjadi XL Axiata yang kita kenal sekarang.

Sebagai operator telekomunikasi, XL Axiata menyediakan beragam layanan, termasuk layanan seluler, Internet, dan data baik untuk pelanggan perorangan maupun bisnis. Mereka memiliki jaringan yang luas di seluruh Indonesia, termasuk berbagai teknologi seperti 2G, 3G, dan 4G.

Selain itu, XL Axiata juga turut serta mengembangkan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia, seperti membangun jaringan 4G LTE dan berinvestasi pada teknologi baru seperti Internet of Things (IoT) dan 5G.

XL Axiata juga aktif dalam banyak program dan inisiatif Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) yang bertujuan untuk meningkatkan akses terhadap pendidikan dan teknologi di berbagai wilayah di Indonesia.

Secara keseluruhan, XL Axiata berperan penting dalam industri telekomunikasi Indonesia dan terus berupaya meningkatkan layanan dan infrastrukturnya untuk mendukung mendukung perkembangan teknologi masa depan dan kebutuhan pelanggan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Trafik internet di jaringan XL Axiata meningkat 16% selama Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H dibandingkan hari biasa sebelum Ramadhan. Mengutip informasi...

Tech Industry

Unbox.id – Operator seluler menunggu keputusan pemerintah mengenai besaran tarif penggunaan frekuensi radio (BHP), alias tarif regulasi, untuk memperkenalkan spektrum frekuensi baru yang akan...

Tech Industry

Unbox.id – Berdasarkan penelusuran pada 24 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, rata-rata trafik layanan XL Axiata pada periode Natal dan Tahun Baru naik...

Operator

Unbox.id – Pengguna internet di Platform X alias Twitter mengeluhkan hilangnya sinyal Indosat sejak sekitar pukul 10.00 WIB. Sontak, kata kunci Indosat langsung menjadi...