Connect with us

Hi, what are you looking for?

Operator

Selamat Tinggal 3G!

selamat tinggal 3G
3g network technology. Wireless mobile telecommunication service concept. Marketing website landing template. Vector stock illustration.

Unbox.id – Selamat tinggal 3G, mungkin sebuah pesan singkat tapi ngena bagi jaringan internet 3G. Karena sebentar lagi operator asal Amerika Serikat bakal tinggalkan 3G selama-nya. Iya, Verizon sendiri mengungkap rencana mereka untuk tinggalkan 3G pada akhir tahun 2022.

Meskipun keputusan ini seharusnya terjadi pada tahun 2019 kemarin, namun mundur karena satu dan lain hal serta munculnya pandemi. Membuat semua kebijakan penghapusan 3G dari jaringan terpaksa mereka tunda hingga ke 31 Desember 2022 kemarin.

selamat tinggal 3G

3g network technology. Wireless mobile telecommunication service concept. Marketing website landing template. Vector stock illustration.

Tentu saja, kemarin adalah hari terakhir 3G menyala pada operator Verizon. Karena itulah operator terbesar dari Amerika Serikat ini menyatakan sudah mematikan layanan 3G untuk smartphone yang mendukung layanan tersebut.

Sedangkan waktu migrasi butuh waktu, mereka beri tenggat waktu untuk pengguna telepon 3G tersebut bisa gunakan hanya untuk telepon ke customer service dan 911. Karena migrasi tersebut, banyak yang mencoba untuk berpindah ke smartphone yang lebih bagus lagi.

Selamat Tinggal 3G juga terjadi di Seluruh dunia termasuk Indonesia

Pastinya mengucapkan selamat tinggal pada 3G merupakan hal sulit. Sebagai pionir internet sekaligus pembuka awal teknologi broadband sampai saat ini. Banyak sekali jasa-nya yang mereka hadirkan untuk perubahan dari peradaban internet seluruh dunia.

Meskipun kecepatannya terasa lamban atau aneh. Namun awal mula kehadirannya membuka cakrawala baru sebuah dunia virtual dengan tersambung melalui jaringan nirkabel tersebut. Bahkan kehadiran iPhone 3G sendiri berawal dari booming-nya 3G saat itu.

Namun, perkembangan teknologi tidak seimbang baik dari segi infrastruktur maupun ketersediaan gelombang frekuensi. Alih-alih pertahankan frekuensi gelombang untuk 3G supaya bisa berjalan bareng dengan 5G. Namun, itu semua tidak bisa kita lakukan.

Karena 5G sendiri butuh bandwidth dari 3G dan sebaliknya. Sehingga kebutuhan akan kecepatan stabil dengan latensi frekuensi rendah jadi solusi buat mengatasi kemampuan dari network ini. Hasilnya 3G pun kena gusur demi anak baru yang sebentar lagi akan dominan jadi internet super cepat.

Apakah Indonesia sudah migrasi? Tentu saja mereka sudah selamat tinggal ke 3G semenjak Maret 2022 kemarin. Lebih cepat 9 bulan daripada Amerika Serikat. Lantas, 5G sendiri bisa jadi solusi internet cepat terutama Indonesia atau Amerika?

Sumber: The Verge

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Trafik internet di jaringan XL Axiata meningkat 16% selama Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H dibandingkan hari biasa sebelum Ramadhan. Mengutip informasi...

Operator

Unbox.id – Telkomsel resmi meluncurkan layanan eSIM atau Embedded Subscriber Identity Module untuk seluruh pelanggan di Indonesia dan luar negeri. eSIM merupakan layanan yang...

Operator

Unbox.id – Indosat Ooredoo Hutchison mengajak generasi muda untuk menjaga lingkungan melalui film bertajuk “Jaga Raya”. Film pendek ini bercerita tentang seorang peneliti biologi...

Operator

Unbox.id – Telkomsel resmi meluncurkan layanan eSIM atau Embedded Subscriber Identity Module untuk seluruh pelanggan di Indonesia dan luar negeri. eSIM sendiri merupakan layanan...