Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Perbedaan Prosesor Intel Core i3, i5 dan i7 di Laptop

Intel Core i3_1ic
Ketahui berbagai macam perbedaan dari prosesor Intel Core yang ada di pasaran laptop global. (Sumber: Eurogamer)

Unbox.id – Meskipun laptop dengan prosesor Intel Core i9 sudah banyak tersedia di pasaran, namun banyak calon pembeli yang masih mencari laptop dengan prosesor Intel Core i3, Intel Core i5 dan Intel Core i7. Karena harganya lebih bersaing. Selain harga, spesifikasi laptop yang menggunakan salah satu dari ketiga prosesor tersebut sangat cocok untuk melakukan berbagai hal mulai dari pekerjaan kantor hingga desain dan edit. Nah pertanyaan yang sering ditanyakan saat hendak membeli laptop dengan prosesor Intel adalah mana yang lebih baik? Tentu saja diperlukan jawaban klise. Namun jika ingin mengetahui perbedaannya lebih jelas, berikut ini yang patut Anda perhatikan.

Apa Yang Membedakan?

Tidak dapat disangkal popularitas laptop Intel Core i3, i5 dan i7. Sebagian besar laptop terlaris di pasaran terutama dilengkapi dengan ketiga prosesor tersebut, karena dari segi performa, ketiganya sangat bisa diandalkan.

Pengguna yang membutuhkan laptop untuk bekerja biasanya akan memilih laptop dengan prosesor Intel Core i3 atau i5, namun jika kebutuhannya lebih spesifik dan membutuhkan spek yang lebih tinggi maka pilihan utama adalah Intel Core i7.

Bagi Anda yang masih bingung ingin membeli laptop dengan prosesor Intel Core mana, berikut perbandingan langsung antara prosesor Intel Core i3, i5 dan i7.

Intel Core i3

Prosesor Intel Core i3 memiliki 2 prosesor dual core. Kedua prosesor dapat menjalankan 2 instruksi secara bersamaan. Kelebihannya, Core i3 lebih tahan panas dan lebih hemat daya. Berikut adalah beberapa sorotan dari Intel Core i3:

  • Tidak support teknologi Hyper-Treading
  • Turbo Boost dengan maksimum overclocking otomatis berkisar antara 2.933 GHz sampai dengan 3.2 GHz
  • Clock Graphics Processor 100 MHz
  • L3 Cache 4 MB
  • LGA Socket 1156
  • Core I3 dapat mengintegrasikan Virtualizing Tecnology dengan GPU (Graphic Processing Unit) sehingga berjalan lebih cepat

Intel Core i5

Intel Core i5_2ic

Prosesor Intel Core i5 jadi salah satu yang cukup populer untuk digunakan di dalam platform laptopnya. (Sumber: Rock Paper Shotgun)

Prosesor Intel Core i5 mencakup 2 prosesor dual core. Namun, ada juga Core i5 yang menyertakan prosesor Quad Core tetapi tidak hadir dengan teknologi Hyper-Treading. Prosesor Core i5 sangat cocok untuk pengguna tingkat lanjut.

Meskipun lebih panas dari Core i3, ia memiliki kemampuan untuk mengungguli terutama dalam hal multitasking dan kemampuan untuk mendukung perangkat lunak yang berat. Berikut adalah beberapa keunggulan Intel Core i5:

  • Mendukung Hyper-Treading
  • Terdiri dari 2 prosesor Dual Core. Terdapat juga seri i5 yang berisi 2 prosesor Quad Core, namun tidak mendukung Hyper-Treading
  • Turbo Boost maksimum overclocking otomatis antara 2.4 GHz sampai 3.33 GHz.
  • L3 Cache 4-8 MB
  • LGA Socket 1156
  • Intel HD Graphics
  • Maximal RAM 16 GB

Baca juga: Intel Umumkan Platform VPro Terbaru Dengan 13th Gen Intel Core

Intel Core i7

Prosesor Intel Core I7 adalah yang tertinggi dari ketiganya. Core i7 memiliki 4 prosesor Quad Core masing-masing 3,07 GHz, atau ada 6 prosesor di beberapa seri Core i7. Prosesor ini memiliki kemampuan khusus untuk membagi 4 prosesor menjadi 8 bagian, sehingga tugas berat dapat dijalankan secara bersamaan.

Kemampuan ini memungkinkan pengguna laptop untuk melakukan berbagai proses dan operasi secara bersamaan, seperti rendering 3D, pengeditan video, dan animasi secara bersamaan. Berikut adalah beberapa manfaat lainnya:

  • Mendukung Hyper-Treading
  • Turbo Boost maksimum overclocking otomatis berkisar antara 1.73 GHz sampai 3.33 GHz
  • L3 Cache 8-12 MB
  • Teknologi Intel QuickPath Interconnect yang berfungsi untuk mempercepat proses pembacaan data mencapai 25.6 GB / detik
  • LGA Socket 1156
  • Intel HD Graphics
  • Maximal RAM sebesar 24 GB

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Qualcomm baru-baru ini mengumumkan agenda konferensi peluncuran produk baru pada hari Senin, tanggal 18 Maret 2024. Rencananya, mereka akan meluncurkan prosesor...

Software

Jakarta, Unbox.id — MediaTek kini berhasil menyaingi dominasi SoC Snapdragon dari Qualcomm dengan seri Dimensity 9000 miliknya. Hal ini terbukti dari skor milik Oppo...

Software

Jakarta, Unbox.id – Prosesor adalah jantung dari ponsel pintar mana pun. Komponen ini dikerjakan secara khusus oleh perusahaan seperti MediaTek dan Qualcomm. Meski begitu,...

Unboxing

Jakarta, Unbox.id – Geekom, merek mini PC yang sudah terkenal memproduksi model berperforma tinggi, kembali menciptakan alternatif lain untuk PC desktop biasa.  Secara khusus,...