Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Xiaomi Bekerja Sama dengan ARM untuk Membuat Chipnya Sendiri

Xiaomi
Perusahaan teknologi raksasa Xiaomi | foto: Gizmochina

Jakarta, Unbox.id – Prosesor adalah jantung dari ponsel pintar mana pun. Komponen ini dikerjakan secara khusus oleh perusahaan seperti MediaTek dan Qualcomm. Meski begitu, Xiaomi tampaknya akan melakukan upaya untuk membuat prosesor mereka sendiri.

Perusahaan teknologi raksasa tersebut rupanya telah menjalin kemitraan dengan perusahaan lain, yaitu ARM untuk membuat prosesor sendiri. CEO MediaTek Rick Tsai mengonfirmasi langsung bahwa ARM berkolaborasi dengan Xiaomi dalam pengembangan chip. 

Baca juga: Google Rilis Alat Deteksi Phishing dan Malware untuk Pengguna Android

Menurut laman Gizmochina, laporan ini datang dari situs Counterpoint Research. Namun, laporan asli dari sumber informasi tersebut masih sulit terungkap. Berita tersebut awalnya muncul melalui keterangan rahasia Stasiun Obrolan Digital populer di Weibo  

Xiaomi Ciptakan Prosesor Khusus dengan ARM

Menurut laporan tersebut, ARM sebelumnya pernah berkolaborasi dengan Oppo, tetapi proyek tersebut menghadapi tantangan dan akhirnya berhenti. Terdapat laporan pada tahun 2022 tentang Oppo yang merambah pembuatan chip ponsel cerdasnya sendiri dengan ARM.

Pada dasarnya, Oppo kemungkinan besar akan menggunakan CPU Cortex ARM dan GPU Mali di prosesornya. Namun, Oppo menghentikan upaya desain chipnya pada tahun 2023 karena penurunan pasar ponsel pintar global.

Sekarang setelah Oppo keluar dari daftar, sepertinya ARM telah menemukan mitra baru di Xiaomi untuk chipset ponsel pintar mereka sendiri.

Baca juga: TCL AR OLED 120Hz Terbaru Menawarkan Pengalaman Vision Pro Tanpa Biaya

Menarik untuk melihat siapa yang dipilih perusahaan asal Tiongkok ini untuk desain dan manufaktur chip. Misalnya, Apple mengandalkan TSMC untuk memproduksi chip Bionic seri A, sementara Google saat ini mengandalkan Samsung untuk SoC Tensor.

Informasi Lainnya

Jadi Xiaomi juga harus memilih mitranya untuk upaya ini. ARM pada dasarnya akan menyediakan basis untuk prosesor, mengembangkan sebuah chip dari awal melibatkan serangkaian tantangan yang berbeda.

Parv Sharma, Analis Senior di Counterpoint Research, juga menekankan kompleksitas pengembangan chip dan tren perusahaan melakukan outsourcing tugas ini. 

MediaTek akan mendapatkan keuntungan dari perubahan ini karena mereka secara aktif berkolaborasi dengan produsen smartphone untuk menyempurnakan chip perangkat mereka. Hanya waktu yang akan membuktikan apakah Xiaomi berhasil mengembangkan chipnya dari awal.

Sumber: Gizmochina

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Xiaomi 14 diluncurkan di MWC 2024 dan langsung diluncurkan di pasar global, termasuk Indonesia pada awal April lalu. Meski Xiaomi 14 baru...

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah Amerika Serikat (AS) di bawah Joe Biden akan memberikan subsidi hingga $6,4 miliar atau sekitar Rs 103,5 triliun kepada Samsung. Menurut...

Software

Unbox.id – Xiaomi terus meluncurkan HyperOS secara bertahap ke perangkat yang lebih tua. Hal ini disambut baik oleh pengguna karena beberapa perangkat lama seperti...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Xiaomi baru-baru ini meluncurkan Xiaomi TV S Mini LED di pasar Cina. Varian TV 75 inci kini telah tersedia di negara...