Kamera Artikel Video

Nikon D7500, Kamera Mumpuni Harga Tetap Terjangkau

Kamera digital Nikon seri ini memang bukan lagi flagship DX-format, namun Nikon D7500 tetap merupakan kamera dengan kinerja yang sangat mumpuni dan juga dengan harga yang jauh lebih terjangkau dari seri D500. Tak hanya itu, kamera ini menawarkan fitur pipa pencitraan yang sama dan banyak fitur yang hampir sama dengan seri D500. Maka tak heran bila kamera digital tetap menawarkan performa yang baik dan kualitas gambar yang bagus, meskipun bodynya dibuat lebih ringan adanya beberapa pengurangan fitur dari seri D500. Penasaran? Langsung simak saja reviewnya berikut ini;

Spesifikasi Utama

Body monocoque yang didesain ulang untuk lebih bisa menyesuaikan kecerahan cuaca

20.9-megapixel DX CMOS image sensor

Native ISO range of 100-51,200, dan masih bisa diperluas hingga 50-1,640,000

EXPEED 5 processor

Continuous shooting up to 8.2 frames per second

Auto Picture Control

In-camera batch raw processing

4K UHD video recording up to 30p

Built-in Wi-Fi and Bluetooth

SnapBridge functionality

Harga sekitar US$1,250

Berdasarkan spesifikasi utamanya, kamera Nikon D7500 memiliki kemampuan memotret dan merekam video dengan kinerja yang luar biasa. Performa cahaya rendah dan fitur video yang bisa diakses oleh lebih banyak fotografer dengan DSLR Nikon D7500 baru ini meskipun meminjam banyak fitur dari D500, termasuk sensor 20,9 megapiksel, prosesor gambar EXPEED 5, sistem pengukuran dan kemampuan perekaman video 4K UHD, sambil mengurangi ukurannya.

Hasil bidikan kamera DSLR Nikon D7500

Ya, Nikon D7500 ini merupakan kamera yang sangat mumpuni. Diakuinya, dalam beberapa hal hal itu tidak sesuai dengan pendahulunya untuk menciptakan diferensiasi yang lebih besar dari flagship DX-format yang lebih mahal, Nikon D500. Tapi jika pengguna memerlukan fitur tersebut, Nikon akan lebih memilih Anda membayar ekstra biaya lagi untuk kamera itu, dan pengguna akan mendapatkan alat fotografi yang lebih serius lagi yang juga membutuhkan biaya tambahan lagi. Dan ini tentunya bukanlah pilihan ideal bagi pengguna yang bukan seorang pekerja fotografer professional.

Tetapi bila pengguna menginginkan kualitas gambar yang luar biasa dan banyak fitur dengan harga terjangkau, Nikon D7500 adalah pilihan tepat, yang sangat dianjurkan untuk para penggila pemotret antusiasme ataupun amatir yang ingin meningkatkan keahlian memotretnya.  Namun suatu produk tentunya selalu ada nilai plus dan minusnya, tak terkecuali kamera Nikon D7500 ini. Berikut nilai plus minus Nikon D7500;

Plus

– Body dengan serat karbon baru yang jauh lebih ringan, kompak dan sangat nyaman digunakan

– Kualitas gambar sama bagusnya dengan kamera unggulan seri D500

– Kecepatan mengambil kunci objek  8.2 frame per detik dengan minimalisasi terjadinya buffer

– Kinerja autofocus yang sangat cepat dan akurat

– Bisa memiringkan layar sentuhnya

– Baterai tahan lama

– mampu merekam ultra high-def 4K dan 60fps Full HD juga

Minus

– Keseimbangan titik putih cenderung terganggu di bawah lampu pijar

– Hanya terdapat satu slot kartu flash

–  Tidak mendukung aksesori pegangan potret / baterai

– Tidak adanya fitur penerima inframerah belakang lagi

– Lensa AI non-CPU hanya bersifat manual

– Video 4K bisa dihadirkan namun berat

– kinerja AF Film dan sensitivitas ISO Extended masih dipertanyakan

Berikut contoh pengambilan video 4K dari kamera Nikon D7500 :

Sebagai tambahan informasi, Nikon D7500 ini sebenarnya mulai dirilis pada bulan Juni 2017 dengan konfigurasi body dan kit-nya. Body kamera ini sendiri sudah berkisar diharga US $ 1.250. Sementara untuk Kit standar hadir dengan lensa AF-S 18-140mm f / 3.5-5.6G ED VR DX yang sama seperti kit D7200 seharga US $ 1.750. Selain itu, kamera Nikon D7500 ini juga tersedia bersama dengan AF-S 16-80mm f / 2.8-4E ED VR atau lensa ED-18-300mm F / 3.5-5.6G ED VR dengan harga masing-masing sekitar US $ 2.320 atau sekitar Rp 31,3 juta dan US $ 2.000 atau setara dengan Rp 26 jutaan.

Related posts

Dropbox Tambahkan Fitur Komentar Berdasarkan Waktu Untuk File Video Dan Audio

Tri Julman Eldea

Dorong Transformasi Digital, PANDI Gelar Meeting 11

TikTok Melawan Cyber Bullying

Suhat Rifky

Leave a Comment