Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Intip Kehadiran Ryzen PRO 7040 Generasi Terbaru

Ryzen PRO 7040_1a
Ryzen PRO 7040. (Sumber: TechFinitive)

Unbox.id – AMD baru saja resmi mengumumkan prosesor mobile terbaru Ryzen PRO 7040 Series serta jajaran prosesor server EPYC generasi keempat. Menurut AMD, prosesor Ryzen Pro 7040 Series dirancang untuk memenuhi kebutuhan kerja modern. Tak hanya itu, AMD juga mengumumkan prosesor Ryzen PRO 7000 Series untuk komputer desktop. Prosesor ini dilengkapi dengan grafis terintegrasi Zen 4 dan AMD RDNA 2 untuk pengguna desktop profesional. dan daya tahan yang luar biasa bagi pelanggan,” ujar Alexei Navolokin, manajer bisnis komersial AMD untuk Asia-Pasifik, dalam keterangan resmi yang diterima.

Dibangun Dengan Teknologi 4nm

Ryzen PRO 7040_2b

Ryzen PRO 7040. (Sumber: Radar Cianjur)

Perlu diketahui bahwa AMD Ryzen PRO 7040 dibuat menggunakan teknologi 4nm dan memiliki hingga 8 inti Zen 4. Prosesor ini memberikan tingkat kinerja dan efisiensi luar biasa untuk aplikasi profesional.

Sebagai contoh ilustrasi, Ryzen 7 PRO 7840U memberikan peningkatan kinerja rata-rata sebesar 17% dibandingkan pesaing dengan spesifikasi x86. Bahkan, AMD mengklaim prosesor ini juga memberikan performa CPU 18% lebih baik dan daya tahan baterai 15% lebih lama saat konferensi video, dibandingkan prosesor Apple M2 Pro.

Selain itu, prosesor AMD ini juga dilengkapi dengan Ryzen AI, mesin AI terintegrasi pertama di dunia pada prosesor x86. Mesin AI ini diharapkan dapat merevolusi laptop profesional dengan menghadirkan pengalaman AI premium.

Alat ini juga memberikan kemampuan kolaborasi yang kaya di seluruh platform seperti Microsoft Teams dan konferensi video lainnya.

Kemampuan Ryzen PRO 7000 Series untuk Desktop

Ryzen PRO 7000_3c

Ryzen PRO 7000. (Sumber: Jawa Pos)

Untuk varian desktop, prosesor ini memiliki hingga 12 core Zen4 berperforma tinggi dengan frekuensi boost hingga 5,4 GHz. Prosesor ini juga didukung kartu grafis terintegrasi berbasis arsitektur RDNA 2.

Dibangun di atas platform AMD Socket AM5, prosesor ini mendukung teknologi terkini seperti memori DDR5, memori PCIe, dan WiFi 6E super cepat. Prosesor ini juga dilengkapi dengan fitur manajemen dan keamanan tingkat perusahaan.

Lalu ada prosesor mobile terbaru Ryzen PRO 7030 Series yang dibangun di atas arsitektur inti 7nm Zen 3. Ditenagai oleh teknologi AMD PRO, prosesor ini diklaim mampu menghadirkan solusi resolusi tinggi, manajemen berlapis, dan solusi keamanan multi-lapis untuk bisnis.

Performa prosesor ini juga disebut dapat mendukung daya tahan baterai yang luar biasa untuk memenuhi tuntutan lingkungan kerja hybrid saat ini. Saat ini, prosesor Ryzen PRO 7030 Series tersedia di perangkat HP dan Lenovo mulai Februari 2023.

Baca juga: AMD Ryzen Persembahkan 2 CPU Spesialis Gaming Terbaru

Asus Mini PC Pakai Chipset Intel dan AMD Generasi Baru Rilis di Indonesia

Sebelumnya Asus meluncurkan dua mini PC terbarunya di Indonesia pada Rabu (7 Desember 2023), menggunakan chipset Intel dan AMD generasi terbaru. Kedua Mini PC Asus ini terdiri dari PN53 dan PN64, memiliki bentuk mini ultra kompak, dilengkapi prosesor generasi terbaru.

PN53 menggunakan AMD Ryzen seri 7000 dan 6000 H serta AMD Radeon i, sedangkan PN64 dilengkapi dengan prosesor Intel Core™ generasi ke-12 dan ke-13 serta grafis Intel Iris Xe. Garry Christian, National Product Manager mini PC Asus Indonesia, mengatakan melalui kedua produk ini mereka ingin memenuhi kebutuhan para penggemar compact PC yang menginginkan perangkat dengan banyak fitur, performa, sekaligus hemat ruang.

“Kedua mini PC kami sangat serbaguna. “Pengguna dapat menggunakannya untuk berbagai tugas, mulai dari pekerjaan ringan seperti mengetik dan tugas administratif lainnya hingga keperluan ringan untuk bermain game atau rendering video,” ujarnya.

Mengutip dari siaran persnya, ExpertCenter PN53 menawarkan desain tiga penyimpanan, yang dapat menampung berbagai kombinasi penyimpanan, termasuk dua SSD PCIe 4.0 M.2 dan memori DDR5 untuk waktu booting yang cepat dan memuat aplikasi lebih cepat.

Mini PC ini juga dilengkapi pendinginan canggih, teknologi pengurangan kebisingan bertenaga AI, dan dukungan hingga empat layar dan layar hingga 8K. Sementara itu, PN64 menghadirkan desain arsitektur hybrid baru dengan inti kinerja yang kuat dan efisien untuk menghadirkan multitasking, pengalaman streaming, dan optimalisasi beban kerja yang lebih baik.

Perangkat ini juga memiliki sistem proteksi kebakaran yang dipasang dengan sirip pembuangan panas yang disesuaikan secara khusus untuk mencapai pembuangan panas yang lebih baik. Sistem ini memastikan prosesor menjaga kinerja mini PC tetap optimal bahkan di bawah beban berat.

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hardware

Jakarta, Unbox.id – AMD merupakan salah satu perusahaan ternama yang memproduksi unit pemrosesan komputer di dunia. Kabar terbaru, mereka akan kembali merilis inovasi terbaru...

Hardware

Unbox.id – Dalam sebuah komputer, baik itu laptop, PC, desktop atau bahkan smartphone, terdapat banyak sekali komponen elektronik yang terintegrasi menjadi satu sistem yang...

Hardware

Unbox.id – Sebelum membeli harddisk atau HDD untuk kebutuhan gaming, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mulai dari kecepatan RPM, performa, daya tahan, kapasitas,...

Hardware

Unbox.id – Pilih SSD atau HDD? Apa bedanya, mana yang lebih baik? Bagi orang awam pasti bingung dengan kasus ini. Solid State Drive alias...