Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Komponen Penting Saat Rakit PC Gaming Yang Diketahui

Rakit PC Gaming_1a
Rakit PC Gaming. (Sumber: Murdockruz)

Unbox.id – Dalam sebuah komputer, baik itu laptop, PC, desktop atau bahkan smartphone, terdapat banyak sekali komponen elektronik yang terintegrasi menjadi satu sistem yang saling terkait. Pernahkah Anda membayangkan atau memperhatikan bagaimana komputer bekerja untuk membantu orang bekerja? Perlu dicatat, salah satu komponen penting dari semua perangkat tersebut adalah CPU atau Central Processing Unit. Komponen ini akan mengatur pengoperasian perangkat agar dapat berfungsi dengan baik. Disisi lain pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih detail tentang cara kerja komputer, komponen dan fungsinya. Untuk itu, berikut ulasan lengkapnya.

Apa itu CPU (Central Prossesing Unit)?

CPU PC Gaming_3c

CPU PC Gaming. (Sumber: CNET)

CPU adalah pusat pemrosesan data komputer. CPU adalah rangkaian sirkuit elektronik yang memproses berbagai instruksi atau instruksi dengan parameter aritmatika, logika, kontrol dan data masukan dan keluaran.
CPU itu sendiri juga dikenal sebagai prosesor. Nama itu sendiri mengacu pada perangkat keras komputer yang memahami dan mengeksekusi instruksi dan data perangkat lunak. Di dalam prosesor itu sendiri terdapat beberapa komponen kunci yang memiliki tugas khusus, antara lain:

Control Unit/Unit Kontrol

Unit kontrol adalah komponen yang bertindak sebagai penghubung antar komponen dan mengatur aliran program. Tugas komponen ini selain sebagai pengikat adalah menerima instruksi atau instruksi dari memori utama.

Jika instruksi yang diterima memerlukan resolusi aritmatika atau logika, unit kontrol meneruskan instruksi ini ke komponen lain yang disebut ALU (unit logika aritmatika).

Setelah itu, hasil perhitungan tersebut dimasukkan ke dalam memori utama oleh controller untuk disimpan, kemudian hasilnya ditampilkan pada komponen output seperti monitor, speaker, printer, dll.

ALU & Register

ALU adalah unit yang bertanggung jawab untuk menerjemahkan dan menghitung operasi aritmatika dan logika pada komputer. ALU terdiri dari dua bagian, unit aritmatika dan unit logika Boolean dengan tugas terpisah. Dengan kata lain, tugas utama komponen ini adalah membuat keputusan tentang operasi aritmatika dan logika.

Tugas utama ALU adalah melakukan semua operasi aritmatika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU yang melakukan semua operasi aritmatika berdasarkan penjumlahan disebut penambah.

Merupakan komponen penyimpanan yang memiliki kecepatan akses tinggi dan digunakan untuk menyimpan data dan instruksi selama pemrosesan. Memori ini bersifat sementara dan merupakan area yang digunakan oleh CPU untuk menyimpan instruksi yang diproses oleh ALU.

Demikian pula, register ini dapat diibaratkan sebagai memori manusia ketika kita melakukan pengolahan data secara manual. Oleh karena itu, otak dapat diibaratkan sebagai prosesor, berisi memori, unit kontrol, yang mengoperasikan semua aktivitas tubuh dan memiliki tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.

Baca juga: Sejarah Dan Perkembangan Terkait RAM Komputer

Casing

Casing PC Gaming_2b

Casing PC Gaming. (Sumber: PC Gaming Web)

Case atau disebut juga dengan case atau cabinet berfungsi sebagai tempat menaruh berbagai komponen seperti prosesor, motherboard, video card, sound card, harddisk, dll. Selain itu, kasing ini juga membantu melindungi komponen internal dari berbagai agen eksternal seperti debu, air, panas, atau kotoran lainnya.

Kasing komputer biasanya terbuat dari besi atau baja galvanis (SECC-Steel), aluminium, dan beberapa bagian plastik, kaca, atau kayu. Beberapa pengguna juga menggunakan Lego di komputer buatan sendiri.

Di mana ada dimensi yang berbeda, ini juga menjelaskan kompatibilitasnya dengan komponen yang dapat menumpuk di dalamnya, atau yang disebut peristiwa pembentuk. Beberapa di antaranya adalah ATX, micro ATX, XL-ATX, dll.

Dalam bentuk XL-ATX, casing ini dapat menampung lebih banyak slot komponen, seperti kemampuan untuk menempatkan hingga empat kartu grafis dengan dua slot pendingin, ruang motherboard yang lebih besar dan, dalam beberapa kasus, bahkan ada lebih banyak ruang untuk soket CPU tambahan. Namun, produksi faktor bentuk XL-ATX jarang terjadi karena pangsa pasar yang rendah.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hardware

Unbox.id – AMD baru saja resmi mengumumkan prosesor mobile terbaru Ryzen PRO 7040 Series serta jajaran prosesor server EPYC generasi keempat. Menurut AMD, prosesor...

Hardware

Unbox.id – Hard drive adalah media penyimpanan utama yang ditemukan di desktop, laptop, konsol game, dan bahkan server. Komponen kunci ini juga dapat menyimpan...

Hardware

Unbox.id – Sebelum membeli harddisk atau HDD untuk kebutuhan gaming, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mulai dari kecepatan RPM, performa, daya tahan, kapasitas,...

Hardware

Unbox.id – Pilih SSD atau HDD? Apa bedanya, mana yang lebih baik? Bagi orang awam pasti bingung dengan kasus ini. Solid State Drive alias...