Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Cara Pilih Hard Disk Gaming Terbaik Dan Spek OK

Hard Disk Gaming_1a
Hard Disk Gaming. (Sumber: Deskdecode)

Unbox.id – Sebelum membeli harddisk atau HDD untuk kebutuhan gaming, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mulai dari kecepatan RPM, performa, daya tahan, kapasitas, cache dan garansi. Pertimbangan di atas sangat penting, agar hard disk yang dibeli benar-benar merupakan pilihan terbaik dan cocok untuk kebutuhan game. Perlu diketahui bahwa ada banyak hard drive game di pasaran yang kualitasnya jauh lebih rendah dari rata-rata. Jika Anda masih belum mengetahui apa saja fitur harddisk gaming terbaik, Anda bisa menggunakan tips berikut ini sebagai acuan dan acuan sebelum membeli harddisk gaming.

Kecepatan RPM

RPM (Revolutions Per Minute) pada hard drive berdampak besar pada kecepatan transfer data, dan hard drive terbaik untuk bermain game harus memiliki RPM tinggi untuk membantu memuat game lebih cepat.

Selain itu, RPM tinggi pada hard drive game juga dapat mengurangi risiko tersendat/lag, sehingga waktu tunggu game menjadi lebih singkat dan game dapat dimulai lebih cepat. Oleh karena itu, jika Anda ingin membeli hard drive gaming, jangan membeli hard drive dengan kemampuan baca/tulis atau kecepatan transfer data di bawah 180MB/dtk.

Di pasaran, harddisk biasanya dipasarkan sebagai hard disk dengan kecepatan transfer 140MB/s, minimal 7200RPM.

Utamakan Performa

Hard Disk Gaming_2b

Hard Disk Gaming. (Sumber: Popular Science)

Harddisk gaming yang kencang masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan gaming, karena performa ditentukan oleh dua faktor, yaitu kecepatan putaran dan stabilitas.

Jika kedua faktor tersebut tinggi, maka harddisk gaming tersebut bisa disebut “High-End”. Dengan performa tinggi, otomatis Anda akan mendapatkan hard drive terbaik untuk gaming.

Kestabilan yang dimaksud di sini adalah tidak adanya error dan kegagalan harddisk, termasuk bad sector, noise dan frekuensi hard disk hang/steering.

ntuk mengetahui kestabilan hardisk, tidak ada cara lain selain mencari review hardisk, hasil benchmark hardisk pengguna lain dan bertanya pada ahli di bidang komputasi.

Pertimbangkan Masa Pakai Hard Disk

Daya tahan atau umur panjang adalah hal yang tidak bisa dikesampingkan saat membeli hard drive gaming (baik hard drive klasik maupun SSD). Masa pakai hard drive gaming ditentukan oleh MTBF (Mean Time Before Failure). MTBF hard drive biasanya 20.000-25.000 jam (2-3 tahun).

Namun jangan khawatir, bukan berarti harddisk yang sudah berumur 3 tahun tidak bisa digunakan lagi. MTBF hanyalah prediksi dimana setelah periode MTBF terlampaui, resiko kerusakan meningkat hingga 50%.

Jadi jika hard disk hanya digunakan kurang dari 24 jam sehari, umur pakainya bisa lebih lama lagi. Daya tahan hard drive juga dapat ditentukan oleh merek.

Baca juga: Lebih Baik Mana? SSD Atau HDD?

Kapasitas Penyimpanan

Penyimpanan sangat penting ketika game yang ingin Anda mainkan berukuran besar. Tentunya seorang pemain tidak hanya memiliki koleksi satu game saja, melainkan ratusan game.

Game-game jaman sekarang berukuran besar karena kualitas resolusi gambar yang mereka gunakan minimal 720p atau bahkan 4K. Oleh karena itu, model hard drive lama dengan kapasitas 20 GB jelas tidak didukung.

Kapasitas yang dibutuhkan untuk game sekarang minimal 320GB/500GB, jadi hard drive gaming berkapasitas besar, bahkan lebih dari 1TB sekarang dapat dianggap sebagai persyaratan. Dengan kapasitasnya yang besar, Anda dapat menyimpan ratusan game dan file berukuran besar lainnya.

Namun sayangnya, hal ini tidak berlaku untuk SSD yang masih belum menawarkan banyak pilihan berkapasitas tinggi.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Logitech baru saja resmi meluncurkan keyboard nirkabel baru bernama Waye Keys. Keyboard ini memiliki desain bergelombang yang khas dengan tata letak yang...

Hardware

Unbox.id – AMD baru saja resmi mengumumkan prosesor mobile terbaru Ryzen PRO 7040 Series serta jajaran prosesor server EPYC generasi keempat. Menurut AMD, prosesor...

Hardware

Unbox.id – Keberadaan monitor PC umumnya kurang menjadi pertimbangan. Namun untuk beberapa kebutuhan seperti bermain game atau membuat grafik, layar menjadi faktor penting yang...

Hardware

Unbox.id – Dalam sebuah komputer, baik itu laptop, PC, desktop atau bahkan smartphone, terdapat banyak sekali komponen elektronik yang terintegrasi menjadi satu sistem yang...