Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Tips Memilih Monitor PC Sesuai Kebutuhan Penggunanya

Tips Pilih Monitor PC_1a
Tips Pilih Monitor PC. (Sumber: Liputan6.com)

Unbox.id – Keberadaan monitor PC umumnya kurang menjadi pertimbangan. Namun untuk beberapa kebutuhan seperti bermain game atau membuat grafik, layar menjadi faktor penting yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Banyak pengguna desktop percaya bahwa harga adalah tolok ukur utama monitor PC daripada spesifikasi yang dikandungnya. Namun, anggapan ini tidak benar. Monitor khusus untuk gaming, atau monitor gaming misalnya, harus memiliki spesifikasi yang dapat mendukung tampilan grafis dari game yang dimainkan. Aspek visual yang dihadirkan oleh monitor PC akan mempengaruhi kenyamanan bermain game. Oleh karena itu, kehati-hatian harus dilakukan untuk memastikan bahwa performa yang dicapai tidak memengaruhi permainan, desain, pengeditan, atau aktivitas profesional lainnya.

Teknologi Panel

Tips pertama sebelum membeli monitor adalah perhatikan teknologi panel yang digunakan. Pada umumnya produk monitor PC yang beredar di pasaran menggunakan panel yang terdiri dari In-Plane Switching (IPS) dan Twisted Nematic (TN).

Jika Anda memiliki kebutuhan untuk bermain game, Anda dapat memilih panel dengan teknologi Twisted Nematic (TN). Meskipun panel ini memiliki sudut pandang yang relatif rendah, ia memiliki keunggulan waktu respons yang tinggi serta harga yang terjangkau.

Khusus untuk gaming, teknologi monitor PC telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Kini kamu bisa menemukan teknologi layar melengkung yang bisa menambah keseruan bermain game.

Sedangkan untuk keperluan grafis dan untuk editing gambar atau video, Anda bisa melihat monitor PC yang menggunakan panel IPS (In-Plane Switching). Panel IPS ini memiliki keunggulan color array ketika mampu menampilkan secara akurat, jelas dan dapat dilihat dari berbagai sudut pandang tanpa menimbulkan perbedaan warna.

Ukuran Layar

Selain teknologi panel, perhatikan juga ukuran layar monitor yang akan dibeli. Untuk grafis dan game, idealnya monitor dengan ukuran layar 17 inci hingga 30 inci. Mengenai resolusi layar, tentunya semakin tinggi angka resolusi yang diberikan maka semakin baik pula performa tampilan dari monitor komputer tersebut.

Namun, Anda tetap harus menyesuaikannya dengan anggaran Anda, karena resolusi 2K jauh lebih mahal daripada layar Full HD 1080p. Bahkan sekarang ada monitor PC yang mendukung 4K dan 8K yang tentunya harganya jauh lebih mahal.

Juga, semakin tinggi resolusinya, semakin sulit kartu video Anda. Untuk itu sesuaikan resolusinya dengan spesifikasi komputer anda agar performa yang dihasilkan tetap stabil dan tidak mengganggu pekerjaan.

Baca juga: Komponen Penting Saat Rakit PC Gaming Yang Diketahui

Aspect Ratio & Kualitas Tampilan

Monitor PC_2b

Monitor PC. (Sumber: JawaPos)

Aspect ratio atau rasio aspek dalam bahasa Indonesia adalah perbandingan besar kecilnya tampilan layar. Biasanya diukur dari panjang ke lebar. Umumnya, monitor di pasaran memiliki rasio aspek 16:10 atau 16:9.

Namun Anda juga tidak perlu heran, karena kedua aspek rasio tersebut tidak memiliki perbedaan tampilan yang terlalu jauh.

Kontras memengaruhi tampilan layar, terutama antara cahaya paling lemah dan paling terang. Sedangkan Brightness menentukan kecerahan cahaya pada layar yang dinyatakan dalam satuan candela per meter persegi (cd/m2).

Saat membeli monitor, seseorang harus mengetahui kualitas tampilan kedua area tersebut, melalui fitur kontras dan kecerahan yang disediakan di pengaturan monitor.

Secara khusus brightness, monitor PC 300 cd/m2 cukup nyaman digunakan untuk keperluan standar, namun untuk kebutuhan khusus seperti grafis dan gaming disarankan menggunakan brightness 400 cd/m2.

Refresh Rate

Tampilan berbeda, kapasitas jadi berbeda. Hal ini terlihat pada layar standar yang digunakan oleh game tersebut. Hasilnya tentu tidak akan memuaskan karena monitor tidak bisa menampilkan pergerakan halus saat digunakan menjalankan game PC berat.

Untuk itu, Anda perlu memperhatikan refresh rate pada monitor karena semakin tinggi kemampuan refresh rate yang didukung monitor, maka performa keseluruhan akan semakin baik. Jika Anda harus menggunakan monitor dengan kecepatan refresh serendah 60Hz, Anda harus mengaktifkan V-sync sehingga output tampilan game dibatasi hingga 60 frame per detik.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hardware

Jakarta, Unbox.id — AOOSTAR belum lama ini telah meluncurkan perangkat komputer personal (PC) andalan baru di Tiongkok. Perangkat komputasi dengan fitur canggih tersebut memiliki...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Keychron baru-baru ini meluncurkan iterasi terbarunya, keyboard mekanis low-profile K1 Max di pasar Cina. Produk ini sudah tersedia di beberapa situs...

Review Produk

Jakarta, Unbox.id – Lenovo GeekPro Gaming Desktop 2024 telah rilis di negara asalnya, Tiongkok. Produk tersebut memiliki beberapa tambahan baru pada jajaran mesin gaming...

Spesifikasi & Harga

Jakarta, Unbox.id – Lenovo telah menambahkan produk PC terbaru dengan nama Legion Blade 7000K 2024 sebagai inovasi baru tahun ini. Perangkat komputer ini menjadi...