Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Lebih Baik Mana? SSD Atau HDD?

SSD vs HDD_1a
Ketahui mana yang lebih baik antara perangkat SSD atau HDD yang pas untuk media penyimpanan penggunanya. (Sumber: Voltcave)

Unbox.id – Pilih SSD atau HDD? Apa bedanya, mana yang lebih baik? Bagi orang awam pasti bingung dengan kasus ini. Solid State Drive alias SSD adalah salah satu alternatif penyimpanan selain hard disk drive (HDD). Tak perlu dikatakan, komponen memori penyimpanan ini sudah mulai digunakan di beberapa komputer dan laptop selain hard drive juga telah digunakan sejak lama. Pilihan SSD atau HDD benar-benar terserah pengguna. Karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebagai contoh, SSD dikenal lebih tipis, tidak mudah rusak, memindahkan data dengan cepat, namun harganya relatif mahal. Lalu apakah fitur yang ditawarkan oleh kedua komponen hosting tersebut benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda? Sejauh ini belum ada yang memastikan mana yang lebih unggul, antara SSD atau HDD.

Apa itu Solid State Drive (SSD)

Solid State Drive atau SSD merupakan inovasi terbaru dalam penyimpanan data komputer saat ini. Sepintas, ini terlihat seperti flash drive. Satu-satunya perbedaan adalah ukuran dan kompleksitas yang lebih besar dibandingkan dengan perangkat terhubung USB yang lebih kecil.

Juga, chip memori flash dalam SSD berbeda dari chip flash drive dalam hal jenis dan kecepatan. Chip memori SSD memiliki kecepatan dan kapasitas yang lebih tinggi daripada flash drive. SSD juga memiliki teknologi yang lebih cepat, sehingga menghemat konsumsi daya komputer atau laptop. SSD juga memiliki fungsi penyimpanan data yang sama dengan HDD.

Bedanya, data tidak disimpan di lapisan magnetik melainkan di chip memori flash yang saling berhubungan. Chip ini akan tertanam secara permanen di motherboard atau di dalam kotak yang terlihat seperti hard drive.

Jadi Anda tidak akan menemukan bagian yang bergerak di SSD. Tidak mengherankan, SSD tidak seberisik HDD dan jauh lebih ringan.

Apa itu Hard Disk Drive (HDD)

SSD vs HDD_2b

Sama seperti dengan SSD, perangkat HDD juga sedang naik daun sebagai media penyimpanan beragam media pada PC ataupun laptop. (Sumber: Secure Data Recovery)

Setelah berbicara tentang SSD, sekarang mari kita bicara tentang HDD. Harddisk atau HDD merupakan komponen penyimpanan data yang cukup lama bahkan sudah ada sejak tahun 1956. Komponen ini pertama kali diperkenalkan oleh IBM untuk menyimpan file di komputer menggunakan disk magnetik yang berputar.

Dari teknologi sederhana tersebut kemudian dikembangkan teknologi penyimpanan yang cukup cepat. Bahkan hard drive awal yang hanya menyimpan byte data telah berkembang menjadi terabyte.

Komputer desktop menggunakan lebih banyak komponen ini karena memiliki kapasitas yang lebih tinggi daripada SSD. Kapasitas besar ini adalah keunggulan luar biasa dari HDD dibandingkan SSD.

Baca juga: Sejarah HDD Dan Fungsinya, Perjalanan Panjang Penyimpanan Data

Apa yang Menarik dari SSD?

SSD menawarkan kinerja yang lebih baik. Sayangnya, harga yang dihadirkan cukup mahal. Apalagi kapasitas SSD tergolong kecil, mulai dari 128GB, 256GB, 512GB hingga hanya 1TB. Tentu saja, semakin besar kapasitasnya, semakin tinggi juga harga sebuah SSD.

Meski begitu, ada banyak hal menarik yang dihadirkan oleh SSD tersebut. Sebagai contoh SSD tidak membutuhkan daya yang berlimbah ketika membaca dan memindahkan data. Artinya, laptop yang menggunakan baterai kecil bisa lebih tahan lama.

Beberapa uji coba menyebutkan laptop yang menggunakan SSD bisa bertahan hingga setengah jam atau satu jam lebih lama dibanding laptop dengan HDD.

Laptop yang menggunakan SSD juga bisa memiliki waktu Boot OS yang lebih cepat. Bahkan, kamu bisa menyalakan sistem operasi tidak lebih dari 15 detik untuk boot.

Tidak hanya itu, kecepatan membaca atau memindahkan file juga menjadi hal yang menarik di SSD. SSD dapat memindahkan data dengan kecepatan 200 Mbps atau lebih hingga 550 Mbps.

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Qualcomm telah mengumumkan model terbaru dalam lini Snapdragon X Series untuk laptop. Kali ini perusahaan meluncurkan Snapdragon X Plus. Menurut Qualcomm, Snapdragon...

Hardware

Jakarta, Unbox.id — Menurut laporan terbaru dari berbagai sumber, Huawei kabarnya sedang berupaya memperkenalkan perangkat penyimpanan data canggih miliknya. Perangkat penyimpanan canggih tersebut adalah...

Tech Industry

Unbox.id – Sony akan memproduksi dioda laser secara massal untuk menggandakan kapasitas hard drive dan memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat. Sony Corporation dikatakan...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – Asus baru-baru ini telah merilis stasiun dok Thunderbolt 4 baru yang mereka namai sebagai Triple 4K Thunderbolt 4 Dock DC500.  Ini...