Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Ryzen Generasi Ketujuh Hadir di AS dengan Beberapa Seri Lainnya

Ryzen
AMD Rilis Chip Ryzen Terbaru | foto: USA Today

Jakarta, Unbox.id – AMD merupakan salah satu perusahaan ternama yang memproduksi unit pemrosesan komputer di dunia. Kabar terbaru, mereka akan kembali merilis inovasi terbaru di seri Ryzen 5000. Di antaranya adalah Ryzen 7  5700X3D dan 5 5500X3D.

Kedua prosesor buatan AMD tersebut merupakan bagian dari CPU gaming X3D yang memiliki L3 cache dengan kapasitas 96 MB. Generasi ke 7 kabarnya adalah kembaran dari 5800X3D. Sebab, kedua prosesor tersebut memiliki 8 buah inti dan TDP 105 w.

Baca juga: Realme GT5 Mendapatkan Pembaruan UI, Simak Apa Saja Sorotannya

Hal yang membedakannya adalah, 5700X3D mempunyai frekuensi yang relatif lebih rendah, yaitu 3GHz untuk base dan untuk boost sebesar 4,1 GHz. Sementara 5500X3D memiliki 6 buah inti, serta kecepatan 3 GHz pada base, dan 4 GHz untuk boost.

AMD Hadirkan Prosesor Chip Prosesor Ryzen Generasi Ketujuh

Pada kesempatan sebelumnya, perusahaan AMD yang ada di Amerika Serikat tersebut telah meluncurkan prosesor Ryzen 5 5600X3D. Di mana produknya ini memiliki 6 buah inti dengan base clock 3,3 GHz dan boost clock 4,4 GHz.

Akan tetapi, mereka hanya merilisnya secara terbatas melalui toko-toko ritel Microcenter di Amerika Serikat. Tidak ada informasi apa pun, apakah prosesor 5700X3D dan 5500X3D akan tersedia secara global atau rilis terbatas seperti sebelumnya?

Baca juga: Google Widget Alami Kesalahan yang Mengganggu Fungsi di Seluruh Perangkat

Tidak hanya 2 prosesor tersebut yang akan meluncur. AMD juga telah mempersiapkan 3 jenis prosesor lainnya dari seri Ryzen 5000. Mereka adalah 5 5600GT dan 5500GT yang memiliki pemroses grafis terintegrasi, dan 5700 (non-X).

Platform AM4 yang Senantiasa Bertahan

Secara keseluruhan, ada lima jenis prosesor yang meluncur dari AMD kali ini. Kelimanya akan memakai soket AM4. Menurut perkiraan dari beberapa sumber terpercaya, kelima prosesor akan meluncur pada akhir bulan Januari tahun 2024 mendatang.

Sejatinya, perusahaan AMD itu sendiri telah membuat platform terbaru, yakni AM5 sebagai soket untuk seri 7000. Akan tetapi, platform AM4 masih memiliki banyak penggemar, sebab kinerjanya yang mampu menarik minat dan menunjang segala kebutuhan.

Motherboard yang memakai soket AM4 telah memulai kiprahnya sejak 2016 lalu dengan prosesor seri 300. Platform ini telah berlanjut hingga chip generasi kelima yang muncul pada tahun 2020 lalu, hingga akhirnya muncul AM5 di tahun 2022.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Jakarta, Unbox.id — MediaTek kini berhasil menyaingi dominasi SoC Snapdragon dari Qualcomm dengan seri Dimensity 9000 miliknya. Hal ini terbukti dari skor milik Oppo...

Hardware

Jakarta, Unbox.id — AOOSTAR belum lama ini telah meluncurkan perangkat komputer personal (PC) andalan baru di Tiongkok. Perangkat komputasi dengan fitur canggih tersebut memiliki...

Review Produk

Jakarta, Unbox.id – Lenovo GeekPro Gaming Desktop 2024 telah rilis di negara asalnya, Tiongkok. Produk tersebut memiliki beberapa tambahan baru pada jajaran mesin gaming...

Software

Jakarta, Unbox.id – Prosesor adalah jantung dari ponsel pintar mana pun. Komponen ini dikerjakan secara khusus oleh perusahaan seperti MediaTek dan Qualcomm. Meski begitu,...