Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Qualcomm Umumkan Nama Baru Snapdragon

nama baru snapdragon

Jakarta, Unbox.id – Qualcomm baru saja mengumumkan akan mengganti nama seri prosessornya. Nama baru Snapdragon pun berubah menjadi format “seri satu digit dan nomor generasi.”

Hal ini diumumkan menjelang Snapdragon Tech Summit 2021 pada 30 November mendatang.

Qualcomm meberitahu bahwa ada beberapa perubahan dalam stratergi branding untuk produk mobile SoC (disebutnya sebagai platform).

Qualcomm pun mengonfirmasi rumor bahwa ia akan mengubah nama mobile paltformnya menjadi format baru di atas.

Hal ini dimulai dari seri flagship terbaru Snapdragon 8. Nama produk terbarunya akan menjadi semacam “Snapdragon 8 Gen1,” dan tahun depan berlanjut menjadi “Snapdragon 8 Gen2,” dan seterusnya.

Akan sangat menarik melihat nama baru ini untuk chipset lain yang lebih rendah. Hal ini keluarga Snapdragon 7, 6, dan 4 memiliki banyak anggota keluarga yang paralel.

Sayangnya Qualcomm masih bungkam mengenai hal ini.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Realme Q3t Ditenagai RAM 8GB ROM 256GB

Nama Sebelumnya

Sebelumnya, pola nama produk Snapdragon terdiri dari 3 digit. Misalnya Snapdragon 480, Snapdragon 765, atau Snapdragon 888.

Angka pertama mewakili chipset. Misalnya Snapdragon 8 – series untuk kelas flagship dan Snapdragon 4 – series untuk entry level.

Digit kedua adalah urutan generasinya. Misalnya Snapdragon 865 akan diteruskan oleh Snapdragon 875.

Angka terakhir akan berubah bila ada minor update, misalnya dari Snapdragon 765G menjadi 786G.

Perubahan Lain

Selain nama baru, Snapdragon juga mengumumkan perubahan lainnya. Nama Qualcomm akan lebih sedikit muncul dalam produk Snapdragon.

Hal ini karena perusahaan telah memisahkan Qualcomm dan Snapdragon, menjadikan chipset ini sebagai produk mandiri “dengan ikatan khusus dengan merek Qualcomm jika sesuai.”

Selanjutnya, akhiran “5G” juga akan dihapus dari platform seluler tersebut di masa depan.

Hal ini karena perusahaan memandang produk 5G saat ini sudah cukup umum dan dikenal luas.

Qualcomm sendiri juga berkomitmen untuk meluncurkan produk SoC berkemampuan 5G di setiap produknya. Jadi tidak perlu diperjelas lagi dengan kode tersebut.

Perubahan terakhir ada di logo bola api Snapdragon. Desain baru logo ikonik itu akan mendapatkan tambahan baru yang membantu menambahkan representasi dari tiap produknya.

Warna-warna abru yang diperkenalkan termasuk Mignight, Gunmetal, Nickel, Snapdragon Red, dan emas.

Warna emas sendiri hanya akan digunakan untuk merepresentasikan produk level premium.

Baca juga: Spesifikasi Vivo Y54s: Resmi Meluncur November 2021

Tentang Snapdragon

Prosessor Snapdragon adalah salah satu SoC paling banyak dipakai saat ini. Berdasarkan informasi yang disebarkan Qualcomm sendiri, saat ini sudah ada 2 miliar pengguna perangkat Snapdragon saat ini.

Tidak heran, sebagai prosessor satu ini dipakai oleh banyak produsen gadget, mulai dari Samsung, Xiaomi, OnePlus, dan lain-lain.

Snapdragon paling mutakhir saat ini adalah Snapdragon 888. Produk dari kelas flagship ini diluncurkan Desember 2020 dan menggerakan ponsel terbaru tahun 2021.

Produk ini diprediksi bisa bekerja 25% lebih baik dan efisien dibandingkan produk sebelumnya.

Contoh ponsel dengan Snapdragon 888 di dalmnya antara lain Xiaomi Mi 11, Samsung Galaxy S21 (di Amerika Serikat), Sony Xperia 1 III dan 5 III, OnePlus 9, dan Xiaomi Mix 4.

Produk terbaru Snapdragon 8 Gen1 (bila format namanya benar) akan resmi diperlihatkan di Snapdragon Tech Summit pada 30 November mendatang.

 

Sumber dan foto: berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Hardware

Jakarta, Unbox.id – Teknologi memang terus hadir memberikan inovasi baru dengan kabar adanya chip mobile kelas atas dari Qualcomm melalui Snapdragon 888 Plus. SoC...

Merk

Jakarta, Unbox.id – Chipset yang kita lihat di ponsel cerdas kita telah berkembang sedikit, apa yang begitu menarik dalam satu tahun terakhir ini adalah...

Tech News

Unbox.id  –  Beberapa kamera ponsel paling kuat yang bisa Anda dapatkan saat mengambil gambar hanya beresolusi pada 48MP. Tetapi Qualcomm, produsen chipset yang memberi...

Tech Industry

Last updated on 14 January, 2019Jakarta, Unbox.id – Ketika produsen ponsel lain sedang ‘tidur siang’, HiSense menyapu dengan handset yang paling menarik di hari...