Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Langkah Cepat Membuat Daftar Isi di Microsoft Word

Daftar Isi
foto: berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Banyak orang awam kesulitan ketika ingin membuat sebuah daftar isi yang ada di dokumen menggunakan Microsoft Office Word. Namun, pada dasarnya hal tersebut mudah dilakukan jika dokumen tersusun secara berurutan dan tidak acak. Dengan kata lain, anda harus membuat dokumen yang sudah anda ketahui sistematisnya terlebih dahulu.

Baca juga: 4 Cara Perbaiki Scroll Mouse Tak Berfungsi

Baiklah, dalam artikel kali ini, redaksi akan mengupas bagaimana langkah-langkah membuat daftar isi yang mudah. Sebelumnya, redaksi akan menggunakan aplikasi Microsoft Office 2010 yang saat ini masih banyak terdapat di masyarakat. Langsung saja, simak penjelasan cara membuat daftar isi berikut ini.

Membuat Daftar Isi di Microsoft Office 2010

Langkah pertama-tama yang harus anda lakukan ketika ingin menambahkan daftar isi ke dalam dokumen adalah menentukan halaman yang ingin anda jadikan daftar. Setelah anda menyediakan satu halaman untuk bagian tersebut, pastikan daftar sudah sesuai dan tidak ingin anda ubah-ubah lagi. Daftar yang berubah-ubah tentu akan menyulitkan.

foto: berbagai sumber

Langkah kedua, buka bagian References di bagian menu atas. Setelah anda membuka References, pilih opsi Table of Contents, kemudian pilih gaya atau style otomatis. Nah, dengan menambahkan table of contents ini, anda sudah bisa menulis daftar sesuai keinginan anda. Mudah, bukan?

Cara Menambahkan Perubahan dan Entri yang Hilang

Nah, lalu bagaimana cara menambahkan adanya perubahan di dalam daftar? Tentunya akan merepotkan jika ternyata masih ada satu bab yang belum anda tulis. Sementara itu, menambahkan bab dalam daftar isi tidak bisa semudah menambahkan teks di dalam paragraf. Lalu bagaimana caranya?

Baca juga: Cara Ganti Atau Hapus Password Saat Login Windows

Bagi anda yang sudah bisa membuat daftar, tapi belum mengetahui cara menambahkan bab yang terlewat, tidak perlu menulis ulang. Caranya adalah mengklik kanan daftar isi yang anda ingin tambahkan bab, lalu pilih opsi Update Field. Setelah itu, anda bisa menuliskan bab baru.

Kemudian, untuk mencari entri yang hilang, bagaimana caranya? Sebagai catatan tambahan, entri yang hilang disebabkan oleh penulisan judul yang tidak menggunakan format judul atau heading.

Nah, untuk menuliskan judul bab, misalnya, pilih heading text yang tersedia dalam menu dalam daftar. Kemudian, masuk ke Home, lalu Styles, dan pilih Heading 1. Mudah, bukan? Selamat mencoba.

sumber: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Hardware

Unbox.id – Perangkat PC adalah salah satu platform yang memiliki pengguna cukup besar di seluruh dunia. PC menjadi sebuah hal yang penting untuk menunjang...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Akhir-akhir ini, memang banyak akun media sosial yang hilang atau terhapus akibat ulah oknum yang dengan teganya melakukan peretasan. Namun, tahukah...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – Kehilangan sebuah foto penting tentang suatu kejadian atau album kenangan memang membuat hati sangat kecewa. Penyebab foto terhapus di antaranya adalah...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Banyak cara, tips dan trik untuk membuat dokumen yang anda buat tampil lebih enak dan mudah untuk dibaca. Untuk bacaan pribadi...