Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

MediaTek dan TSMC Hadirkan System-on-Chip 7nm TV Digital 8K Pertama

Jakarta, Unbox.id  – Hari ini (Selasa, 23/11), MediaTek dan TSMC meluncurkan system-on-chip (SoC) 7 nanometer TV digital 8K pertama di dunia, yaitu MediaTek Pentonic 2000. Diciptakan dengan teknologi proses canggih N7 dari TSMC, MediaTek Pentonic 2000 menawarkan performa dan efisiensi daya yang tak tertandingi dengan fitur-fitur termasuk mesin AI (Artificial Intelligence) yang kuat, MEMC, VVC decoding, dan teknologi picture in picture (PiP).

Pentonic 2000 MediaTek menghadirkan fitur esensial untuk di era streaming saat ini sebagai yang chip TV 8K komersial pertama dengan dukungan media VVC H.266 dan chip all-in-one pertama yang mendukung layar 8K 120Hz dengan mesin MEMC yang terintegrasi.

Chipset ini menggabungkan teknologi tampilan berkinerja tinggi yaitu MediaTek APU (prosesor AI) built-in untuk mendukung teknologi 8K AI-Super Resolution dan teknologi Intelligent View dari MediaTek, yang mendukung multiple picture-in-picture (PiP) atau picture-by -picture (PbP). Di dalam chip terdapat CPU dan GPU tercepat di industri TV, Pentonic 2000 yang ditenagai oleh memory bus yang sangat lebar dan penyimpanan UFS 3.1 yang sangat cepat serta dukungan untuk konektivitas nirkabel tercepat untuk MediaTek Wi-Fi 6E atau bahkan modem seluler 5G.

Pentonic-2000

Dibandingkan dengan generasi teknologi proses 16 nm dari TSMC yang digunakan dalam aplikasi elektronik konsumen, teknologi proses N7 hadirkan peningkatan kecepatan 30%, mengemat daya 55%, serta mengantarkan logic density lebih besar. Proses N7 TSMC memungkinkan AI canggih di perangkat elektronik konsumen untuk tugas-tugas seperti memungkinkan teknologi AI canggih di perangkat elektronik konsumen meningkatkan resolusi HD (High Definition) atau media 4K ke resolusi 8K dengan baik, atau dengan cepat memahami perintah suara pengguna.

Lompatan performa ini memungkinkan teknologi AI canggih di perangkat elektronik konsumen meningkatkan resolusi HD (High Definition) atau media 4K ke resolusi 8K dengan baik, atau dengan cepat memahami perintah suara pengguna. Selain kemajuan dalam performa komputasi, penghematan daya yang ditawarkan oleh teknologi proses N7 TSMC memberikan keuntungan termal untuk desain elektronik konsumen.

Sebagai perusahaan semikonduktor pertama yang membawa teknologi 7nm ke produksi komersial, TSMC memiliki sejarah terpanjang dalam peningkatan hasil dan kualitas, serta dukungan ekosistem desain yang paling luas. Teknologi 7-nanometer TSMC juga merupakan penerima penghargaan 2021 IEEE Corporate Innovation Award.

Pentonic-2000

“Pentonic 2000 menempatkan MediaTek sebagai perusahaan terdepan dalam desain smart TV dengan kemampuannya untuk menawarkan gambar yang kaya dan tajam kepada konsumen, tampilan yang cerah dan audio yang tajam, serta pengalaman pengguna yang cerdas dan intuitif,” jelas Dr. Mike Chang, Corporate Vice President and General Manager of the Smart Home Business Group at MediaTek.

MediaTek Pentonic 2000akan memberi tenaga pada TV 8K flagship generasi berikutnya yang diperkirakan akan diluncurkan di pasar global pada kwartal ke dua tahun 2022.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Kabar terbaru dari Apple mengatakan kemungkinan iPhone 14 dan Mac kehilangan chip 3nm. Terobosan baru yang digadang-gadang sebelumnya ini mengalami tantangan...

Hardware

Jakarta, Unbox.id  –  Kemarin (Jumat, 1/10) MediaTek meluncurkan seri konektivitas Filogic baru dengan memperkenalkan solusi system-on-chip (SoC) Filogic 830 Wi-Fi 6/6E dan kartu jaringan...

Hardware

Last updated on 15 August, 2021Jakarta, Unbox.id  – Belum lama ini, MediaTek mengumumkan chipset baru Dimensity 920 dan Dimensity 810, seri terbaru keluarga Dimensity...

Unboxing

Last updated on 1 August, 2021Jakarta, Unbox.id  –  Baru-baru ini, MediaTek mengumumkan peluncuran Kompanio 1300T, sebuah SoC yang dirancang untuk memberikan pengalaman luar biasa...