Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Pilihan Deretan Laptop RAM 8GB Cocok Buat Video Editing

ASUS ZenBook Pro Duo_1a
Laptop RAM 8GB Untuk Video Editing. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencari laptop untuk editing video. Yang pertama, tentu saja, adalah spesifikasi laptop yang ada di dalamnya. Ini tidak cukup, perlu meninjau prosesor, kartu grafis, memori RAM dan resolusi layar yang digunakan. Ini sangat penting agar semua aplikasi edit video berjalan dengan lancar. Beberapa perangkat lunak pengeditan video yang sudah dikenal seperti Adobe Premiere atau Adobe After Effects dan aplikasi pengeditan video lainnya memiliki persyaratan khusus untuk dijalankan di laptop. Misalnya, jika ingin menginstal Adobe After Effects, laptop yang digunakan harus memiliki prosesor multi-core 64 bit, RAM 8 GB (rekomendasi 16 GB), resolusi layar 1280 x 1080 piksel, dan pengolah grafis yang mumpuni.

ASUS ZenBook Pro Duo

Asus Zenbook Pro Duo merupakan laptop edisi Asus dengan spesifikasi yang sangat berkualitas. Zenbook Pro Duo juga dilengkapi dengan dua layar berkualitas FHD untuk lebih meningkatkan performa multitasking.

Laptop ini sangat bagus untuk digunakan sebagai laptop untuk editing video. Dengan spesifikasi Intel Core i9 dan soket SSD 1TB, laptop edit video ini tahan lama jika digunakan sebagai laptop bisnis.

Lebih spesifiknya, Asus Zenbook Pro Duo dilengkapi dengan GPU high-end terbaru NVIDIA, GeForce RTX 2060 dengan memori 6 GB. Untuk RAM, Asus membekali laptop Zenbook terbaik ini dengan RAM 16 GB dan opsi lainnya dengan RAM 32 GB.

Acer Predator 300 G3-572

Acer Predator 300 G3-572_2b

Acer Predator 300 G3-572. (Sumber: Tokopedia)

Acer Predator 300 G3-572 sangat menonjol dalam kecakapan bermain game, itulah sebabnya laptop gaming ini juga dapat digunakan untuk mengedit video. Kekuatan utamanya terletak pada penggunaan prosesor Core i7-7700HQ yang memiliki clock speed hingga 3,80 GHz. Ini tidak termasuk dukungan untuk RAM 16 GB yang selalu dapat diperluas hingga 32 GB RAM.

Tentunya semua aplikasi edit video yang ada bisa digunakan. Selanjutnya, Acer Predator 300 G3-572 menggunakan NVIDIA GeForce GTX 1060 dengan VRAM hingga 6 GB untuk menghasilkan kualitas grafis terbaik.

Pengoperasian pengeditan video juga nyaman berkat layar 15,6 inci, resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Sedangkan untuk ruang penyimpanan, ia menawarkan kapasitas yang sama dengan SSD 128GB plus ruang hard drive 1TB.

Acer Aspire VX 15 VX5-591G

Acer Aspire VX 15 VX5-591G bisa menjadi pilihan jika Anda sedang mencari laptop video editing murah. Ini memiliki layar 15,6 inci yang relatif besar dengan resolusi FullHD LED. Performanya mengandalkan prosesor Core i7-7700HQ dengan kecepatan 2,8 GHz yang bisa digenjot hingga 3,8 GHz.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan kartu VGA yang sama dengan NVIDIA GeForce GTX1050 asli. Untuk penyimpanan, RAM sebesar 8 GB mampu membuat laptop ini cukup responsif dalam hal editing video.

Baca juga: Laptop Asus Intel Gen 13 Terbaru Dengan RTX 40

MacBook Pro MPTR2

MacBook Pro MPTR2_3c

MacBook Pro MPTR2. (Sumber: BukaLapak)

MacBook Pro MPTR2 hadir dengan bobot yang ringan sekitar 1,8 kg. namun di dalamnya sudah terpasang prosesor Core i7 berkekuatan 2,8 GHz dipadukan dengan GPU AMD Radeon Pro 555 berkapasitas 2 GB, selain itu penyimpanan internalnya cukup mumpuni hingga 256 GB bertipe SSD.

Tak kalah pentingnya dengan Macbook untuk edit video, ia juga menawarkan RAM 16 GB. Tak lupa pula kapasitas layarnya memiliki lebar sayap 15,6 inci dengan resolusi 2880 x 1800 piksel yang enak dipandang.

Macbook Pro MJLQ2

Perangkat Apple Macbook Pro sudah lama dikenal sebagai laptop editing video yang tangguh dengan ketebalan hanya 1,8cm. Selain berbeda, laptop Macbook juga menawarkan daya tahan dan fitur hebat yang tidak dimiliki laptop lain.

Pada laptop Apple Macbook Pro MJLQ2 digunakan layar Retina dengan ukuran 15,4 inci. Menggunakan layar berjenis IPS, resolusinya juga mencapai 2880 x 1800 piksel dan kerapatan 220 ppi.

Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i7 dengan clock hingga 2,2 GHz. Prosesor ini akan dipasangkan dengan kartu grafis Intel Iris Pro dan masih didukung oleh RAM hingga 16 GB dan penyimpanan internal 256 GB.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Trending

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Merek Samsung memang sangat populer dan kini identik dengan lebih banyak produk ponsel. Perusahaan asal Korea ini telah meluncurkan banyak model smartphone...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Ada beberapa merek ponsel yang sangat populer, termasuk Vivo. Alasannya karena ponsel Vivo sendiri dibandrol dengan harga 2 jutaan bahkan 3 jutaan...

Spesifikasi & Harga

Last updated on 26 Juni, 2024 Unbox.id – Apa gunanya laptop dengan RAM 8 GB? Yang pasti ketika menggunakan laptop dengan RAM 8 GB,...

Spesifikasi & Harga

Last updated on 18 Juni, 2024 Unbox.id – Apakah Anda ingin membeli ponsel dengan RAM 8 GB tetapi memiliki uang tunai kurang dari 2...