Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

WhatsApp Luncurkan Fitur Privasi Baru di Platformnya

Whatsapp Privacy_1a
Whatsapp Privacy. (Sumber: ZDNET)

Unbox.id – Meta disebut sedang menguji fitur keamanan baru di WhatsApp, sebagai upaya melindungi pengguna. Fitur baru WhatsApp ini diklaim akan mencegah pengguna mengambil tangkapan layar gambar profil orang lain di aplikasi perpesanan tersebut. Hal itu diketahui tim Unbox.id saat kami mencoba mengambil screenshot gambar profil pengguna WhatsApp lain. Saat Anda mengambil tangkapan layar, muncul teks yang mengatakan “Aplikasi ini tidak mengizinkan tangkapan layar” atau “Aplikasi ini tidak mengizinkan tangkapan layar”. Dengan fitur WhatsApp baru ini, perusahaan ingin memberikan rasa aman kepada pengguna dan kontrol lebih besar terhadap siapa yang dapat mengakses konten mereka. Selama pengujian beta, upaya tangkapan layar menghasilkan layar hitam atau pesan kesalahan “Tidak dapat mengambil tangkapan layar karena keterbatasan aplikasi”.

WhatsApp Siap Luncurkan Fitur Pin Chat hingga 5 Obrolan Sekaligus

WhatsApp Chat_1a

WhatsApp Chat. (Sumber: Grasp)

Di sisi lain, Meta baru-baru ini melakukan pengujian penyematan hingga lima obrolan sekaligus. Penyematan obrolan merupakan fitur yang telah tersedia sejak tahun 2017. Fitur ini memungkinkan pengguna memprioritaskan satu percakapan tertentu dengan menempatkannya terlebih dahulu. teratas dalam daftar obrolan.

Namun, WhatsApp membatasi integrasi hanya pada tiga obrolan. Kini, aplikasi perpesanan besutan Meta ini mencoba mengintegrasikan fitur yang memungkinkan pengguna menyematkan hingga lima obrolan sekaligus.

Diharapkan Fitur Baru WhatsApp Ini Bermanfaat

Menurut WABetaInfo, dikutip GizChina, WhatsApp versi 2.24.6.13, yang diunduh melalui Google Play Store, memungkinkan pengguna menyematkan lima obrolan sekaligus.

Dua obrolan lagi yang dapat disematkan adalah fitur yang berguna. Namun, bagi pengguna yang ingin memasang pin pada lebih banyak obrolan, versi sebelumnya dibatasi hanya pada tiga obrolan.

Laporan tersebut juga menyatakan bahwa aplikasi obrolan yang dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk mengizinkan pengguna memasang pin pada percakapan dengan lebih dari lima kucing, namun belum ada bukti kuat yang mendukung rumor ini.

Pembaruan ini belum tersedia. Fitur tersebut telah diluncurkan secara luas ke seluruh pengguna beta, menandakan bahwa fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan hingga siap diluncurkan ke seluruh pengguna.

Kabar tersebut muncul setelah Meta mengumumkan pekan lalu bahwa WhatsApp dan Facebook Messenger dapat digunakan dengan aplikasi perpesanan pihak ketiga di Eropa.

WhatsApp Uji Coba Label Enkripsi di Kolom Chat

Sementara itu, WhatsApp dikenal menerapkan enkripsi end-to-end pada platformnya. Dengan cara ini, WhatsApp menjamin keamanan obrolan yang dilakukan di platformnya. Namun label enkripsi end-to-end tidak muncul di kolom obrolan biasa di WhatsApp. Label ini biasanya muncul saat pengguna melakukan panggilan suara atau video.

Namun menurut laporan terbaru dari WABetaInfo, aplikasi chat tersebut berencana menampilkan label enkripsi end-to-end di kolom percakapan. Hal ini diketahui dengan menguji fitur terbaru WhatsApp beta.

Mengutip informasi dari Android Police, pada WhatsApp beta untuk Android versi 2.24.3.17, aplikasi akan menampilkan indikator yang menunjukkan percakapan tersebut dilindungi enkripsi. Indikator akan menampilkan teks “enkripsi ujung ke ujung” diikuti dengan ikon gembok. Indikator ini terlihat di akhir nama akun pengguna lain.

Konon informasi ini tidak selalu ada dan hanya muncul sesekali saja. Perubahan ini tidak terlalu signifikan, karena hanya indikator yang menjelaskan percakapan di aplikasi obrolan Meta yang dilindungi.

Namun, indikator seperti ini tampaknya dilindungi.Konfirmasi bahwa aplikasi obrolan dilindungi dengan enkripsi.

Baca juga: WhatsApp Uji Coba Label Enkripsi Di Kolom Chat

WhatsApp Rilis Stiker Baru Bertema Ramadan

WhatsApp Stiker Ramadan_1a

WhatsApp Stiker Ramadan. (Sumber: Post Tech)

Di sisi lain, WhatsApp juga merayakan bulan suci Ramadhan dengan merilis paket stiker baru. Paket stiker baru ini dirancang khusus untuk membantu pengguna dengan mudah berbagi salam dan doa kepada orang yang mereka cintai.

Dalam rilis resmi yang diterima, paket stiker WhatsApp versi Ramadhan ini telah tersedia untuk pengguna dan dapat digunakan. WhatsApp dalam keterangannya mengatakan: “Selain untuk berbagi makanan dan kebersamaan, Ramadhan juga menjadi waktu berdoa bagi orang-orang terkasih dekat dan jauh.”

Sama seperti stiker lainnya, pengguna WhatsApp dapat menggunakannya untuk mengakses melalui ikon stiker di obrolan. Lalu, ketuk ikon + untuk melihat semua opsi paket stiker yang tersedia. WhatsApp juga memastikan bahwa stiker ini dienkripsi secara end-to-end.

Oleh karena itu, pesan hanya dapat dibaca oleh pengirim dan pengguna, sehingga privasi pengguna tetap terjaga.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Trending

Baca Juga

Software

Unbox.id – WhatsApp adalah salah satu aplikasi paling populer di dunia. Meta terus menyempurnakan aplikasi ini dan mengimplementasikan fitur-fitur baru untuk memperluas kemampuannya. Aplikasi...

Apps & Games

Last updated on 11 Juni, 2024 Unbox.id – Meta terus berinovasi dan memperkenalkan beberapa fitur baru pada aplikasi perpesanan populernya, khususnya WhatsApp. Pada acara...

Apps & Games

Last updated on 6 Juni, 2024 Jakarta, Unbox.id — Aplikasi perpesanan WhatsApp atau WA sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat di Indonesia. Banyaknya...

Social Media

Last updated on 10 Juni, 2024 Unbox.id – WhatsApp kembali merilis pembaruan untuk penggunanya. Pembaruan ini mungkin disukai oleh pengguna yang suka menggunakan fitur...