Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kamera

Sensor Baru Canon SPAD Bisa Ambil Foto Dalam Kegelapan

sensor baru Canon SPAD
Canon EOS R

Jakarta, Unbox.id – Fotografi membutuhkan cahaya, inilah mengapa memiliki lensa dengan aperture lebar dapat berguna dalam situasi cahaya rendah. Mengapa berguna? Tentu saja karena aperture yang lebih lebar pada dasarnya memungkinkan lebih banyak cahaya mengenai sensor kamera. Itu juga mengapa saat memotret di studio, pencahayaan sangat penting.

Tetapi bagaimana jika hampir tidak ada cahaya yang tersedia? Tentu, ada kamera yang dapat memotret foto inframerah, tetapi itu cenderung sedikit lebih khusus. Tenang, tentu saja kini itu bukan masalah lagi, terutama setelah Canon berpikir bahwa mereka dapat memecahkan masalah itu.

Baca juga: Discord Bekerja Pada Aplikasi M1 Asli Untuk MacOS

Sensor Baru

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Menurut laporan dari Nikkei Asia (paywall), tampaknya Canon telah mengembangkan sensor pencitraan baru. Sensor itu mampu mengambil foto berwarna bahkan dalam kegelapan total. Sensor ini dikenal sebagai SPAD (single photon avalanche diode) dan disebut dapat menggunakan satu foton dan melipatgandakan efeknya.

Selain itu juga memberikannya lebih dari 10 kali sensitivitas terhadap cahaya daripada sensor tradisional. Sensor tradisional adalah sensor yang biasanya membutuhkan banyak foton selama periode waktu tertentu. Artinya, kamera baru Canon ini dapat “melihat” secara efektif dalam gelap.

SPAD juga memungkinkan peningkatan kepekaan terhadap cahaya berkat kemampuannya untuk bertindak sebagai penguat linier. Canon mengatakan sensor barunya dapat diproduksi menggunakan teknik yang sama seperti sensor CMOS. Namun dari segi biaya, dapat menghabiskan biaya yang kira-kira sama per unit, dengan asumsi hasil produksi yang sama.

Baca juga: Tahun Depan Instagram Akan Dilengkapi Umpan Kronologis

MASIH CUKUP KEREN

Canon EOS Design

Canon EOS Design

Teknologi SPAD tidak sepenuhnya teknologi baru, tetapi pencapaian Canon adalah mereka telah mengembangkan sensor 3.2MP. Sebuah sensor yang menjadikannya tiga kali lebih padat dari pendahulunya. Bahkan resolusi ini bisa disebut sebagai yang terpadat di dunia, dan tiga kali lebih baik daripada sensor SPAD Canon sebelumnya.

Karena itu, tampaknya tidak mungkin teknologi ini akan masuk ke ponsel atau kamera dalam waktu dekat. Jika ada, sepertinya itu sempurna untuk robot atau mobil self-driving yang mungkin menghadapi skenario mengemudi di mana ada sedikit cahaya.

Seolah semua itu belum cukup, sensor SPAD memiliki satu trik lagi yakni frame rate super tinggi. Tidak seperti sensor CMOS yang memiliki rolling shutter yang mengaktifkan piksel dalam sensor satu per satu. SPAD memiliki “global shutter” yang dapat mengaktifkan semuanya secara bersamaan.

Global shutter, dapat mengurangi waktu pencahayaan hingga 3,8 nanodetik, yang adalah sepersejuta detik. Hal ini memungkinkannya untuk memiliki frame rate yang menakjubkan sebesar 24.000 frame per detik.

Dalam PR-nya untuk versi sebelumnya dari sensor ini, Canon mendemonstrasikan kemampuan ini. Mereka mendemonstrasikan dengan menangkap berkas cahaya dalam gerakan lambat yang merambat melalui asap.

Perusahaan berencana untuk memulai produksi massal sekitar paruh kedua tahun 2022. Diharapkan untuk mengintegrasikan sensor baru ke dalam kamera keamanannya pada akhir tahun depan. (Eli/Eve)

 

Sumber dan foto : dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Kamera

Jakarta, Unbox.id — Xiaomi terus memperluas jajaran produknya, menawarkan berbagai perangkat pintar yang cocok untuk hampir semua orang dan tujuan apa pun. Kali ini,...

Kamera

Unbox.id – Manfaat kamera mirrorless dalam dunia fotografi modern tidak bisa dianggap remeh. Alasannya karena keunggulan kamera mirrorless telah merevolusi cara fotografer memandang proses...

Kamera

Unbox.id – Jenis kamera yang digunakan sangat penting bagi setiap orang sebelum memasuki dunia fotografi. Pasalnya dengan memahami detail kamera, maka hasil pengambilan momen...

Kamera

Jakarta, Unbox.id – Xiaomi baru-baru ini memperluas jajaran perangkat rumah pintarnya dengan memperkenalkan kamera luar ruangan PTZ (Pan-Tilt-Zoom) CW500. Kamera tersebut kini sudah tersedia...