Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Peralatan Podcast Yang Wajib Punya Buat Podcaster Pemula

Mikrofon Podcast_1a
Mikrofon Podcast. (Sumber: Ayo Tekno)

Unbox.id – Membuat podcast membutuhkan banyak persiapan, dan yang paling penting adalah mengetahui peralatan apa yang akan digunakan. Karena pemutaran podcast bergantung pada kualitas pemutaran audio, Anda juga harus memperhatikan pemilihan perangkat. Misalnya, jika Anda akan membuat podcast horor, Anda tentu membutuhkan berbagai jenis efek suara. Anda membutuhkan perangkat audio yang bagus agar suara yang dihasilkan dapat menimbulkan efek yang menakutkan. Lalu, bagi Anda yang akan menyiarkan podcast yang utamanya tentang chatting dengan lebih dari satu orang, maka Anda pasti membutuhkan microphone yang bagus agar suaranya tidak keluar. Berikut adalah beberapa perangkat yang harus disiapkan untuk mulai memutar podcast.

Mikrofon XLR

Podcast siaran berbasis suara. Sehingga memiliki microphone yang baik adalah syarat utama yang harus dipenuhi. Jenis mikrofon yang direkomendasikan adalah mikrofon XLR karena dapat menghasilkan suara yang lebih jernih.

Mikrofon XLR mampu menghasilkan sinyal audio yang seimbang, sehingga mengisolasi suara yang diterimanya. Jika Anda pernah menonton saluran cover di YouTube, mikrofon jenis ini kebanyakan menjadi pilihan para YouTuber tersebut.

Headphone Berkualitas & Pop Filter

Headphone Podcast_2b

Headphone Podcast. (Sumber: Aliexpress)

Memiliki headphone berkualitas juga penting saat streaming podcast. Terkadang pertunjukan datang dari lokasi yang berbeda, terutama saat pembawa acara perlu menghubungi pembicara lain di luar studio. Di sini, peran headset menjadi penting.

Gangguan jaringan terkadang membuat suara yang keluar dari headphone tidak jelas. Headphone yang bagus seringkali memiliki fitur yang dapat meminimalisir masalah ini, sehingga suara yang terdengar di telinga tetap terdengar jernih meski sedikit noise.

Mikrofon yang bagus, terkadang terlalu sensitif. Apalagi jika penggunaannya terlalu dekat dengan mulut pembicara. Filter pop dapat membantu masalah perekaman. Harga pop filter cukup murah. Kami tidak akan rugi memiliki alat ajaib ini.

Baca juga: Sennheiser Rilis Mikrofon Profile USB Untuk Podcast

Mixer Bagus Untuk Investasi & Suspension Boom

Jika Anda ingin serius tentang podcasting, memiliki mixer yang bagus bisa menjadi investasi yang bagus. Apalagi jika channel podcast kita sukses, tentu waktu tayangnya akan semakin ramai. Mixer akan sangat membantu untuk menciptakan suara yang berkualitas.

Untuk memastikan kenyamanan selama siaran, jangan lupa gunakan batang gantung yang berfungsi sebagai penyangga mikrofon. Instrumen dapat dipindahkan dan disesuaikan dengan posisi duduk pembicara.

Audio Interface Agar Lebih Profesional & Komputer (PC/Laptop)

Audio Interface_3c

Audio Interface. (Sumber: The New York Times)

Jika Anda kurang memahami fungsi dari audio interface, perangkat ini merupakan alat untuk menghubungkan microphone ke komputer, melalui mixer. Secara umum fungsinya mirip dengan sound card, namun kualitas rekaman yang dihasilkan jauh lebih baik.

Nah, yang tidak kalah pentingnya. Pastikan Anda memiliki perangkat komputer atau laptop yang memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan. Semua rekaman harus diproses terlebih dahulu dengan perangkat lunak podcast khusus, dan komputer berkualitas tinggi akan memfasilitasi proses ini.

Sebenarnya komputer dengan spesifikasi sedang juga bisa digunakan, namun tidak kami sarankan karena untuk mengolah file audio membutuhkan memori yang besar. Apalagi jika podcast yang Anda buat berformat video YouTube, bukan hanya audio.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Setelah melakukan banyak pembaruan di beberapa tahun terakhir, Google mulai membersihkan aplikasi-aplikasi yang menurutnya sudah tidak relevan. Seperti aplikasi Google Chat,...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Baru-baru ini, para pengguna Spotify dikejutkan dengan update terbaru platform penyedia konten music tersebut. Pasalnya, dalam pembaruan fitur platform ini juga...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Youtube merupakan salah satu platform video yang saat ini menyediakan ribuan konten podcast yang kian populer. Meski begitu, belum ada fitur...

Spesifikasi & Harga

Jakarta, Unbox.id – Microphone condenser atau mic condenser adalah merupakan alat yang sering digunakan untuk rekaman vokal, podcast, dubbing, hingga live streaming. Microphone jenis...