Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Google Podcast Segera Dialihkan ke Youtube Music

Podcast
Google segera hapus Podcast | foto: Engadget

Jakarta, Unbox.id – Setelah melakukan banyak pembaruan di beberapa tahun terakhir, Google mulai membersihkan aplikasi-aplikasi yang menurutnya sudah tidak relevan. Seperti aplikasi Google Chat, dan yang baru-baru ini, yaitu aplikasi Google Podcast.

Melansir dari laman GSM Arena, Rabu 27 September 2023, kabarnya Google tidak akan menghadirkan aplikasi Podcast tersebut di jajaran workspace. Pasalnya, mereka saat ini sedang ingin mengoptimalkan fitur Youtube Music sebagai unggulan.

Baca juga: 10 Set Top Box Terbaik Sejauh Ini Untuk Pelanggannya

Berbicara tentang sejarah, pertama kali Google Podcast rilis adalah di tahun 2018 lalu melalui aplikasi Android. Kemudian, perusahaan memutuskan untuk memperbaruinya dengan aplikasi versi Web dan meluncurkannya di iOS tepat tahun 2020.

Google Podcast sedang dihentikan secara bertahap oleh YouTube Music

Perusahaan saat ini sedang melaksanakan beberapa tahap untuk memberhentikan fitur Google Podcast secara berkala. Bersamaan dengan itu, pemberhentian tersebut merupakan salah satu langkah yang tepat untuk mengoptimalkan fitur Youtube Music.

Di balik pemberhentian aplikasi secara bertahap ini, Google sudah melakukannya di wilayah Amerika Serikat sejak beberapa waktu lalu. Di mana penggunanya beralih untuk mendengarkan siaran yang mereka sukai di satu aplikasi, yakni Youtube Music.

Baca juga: Google Bayar Sanksi Rp 2,3 Miliar Karena Pakai Data Lokasi Pengguna

Bedanya, dengan Youtube Music tersebut, pengguna bebas menikmati siaran apa pun tanpa harus mendaftar biaya langganan alias premium. Dengan demikian, pengguna bisa lebih nyaman menikmati fitur-fitur di dalamnya, seperti pemutaran latar belakang gratis.

Informasi Lainnya

Selain pemutaran latar belakang secara gratis, pengguna juga bisa mengunduh siaran favorit mereka ke dalam bentuk offline. Juga, pengguna dapat melakukan transmisi audio konten tersebut ke dalam perangkat speaker pintar milik pengguna.

Perusahaan mesin pencari terbesar di dunia tersebut menyampaikan dalam situs resminya baru-baru ini, bahwa Youtube memiliki pengaruh besar bagi kenyamanan pengguna. 23 persen pendengar memilih Youtube sebagai layanan podcast terbaik mereka.

Di luar itu, yakni 4 persen pengguna memilih Google Podcasts sebagai aplikasi andalan untuk mendengar siaran favorit mereka. Proses migrasi dari Google Podcasts ke YouTube Music akan memakan waktu, namun Google yakin prosesnya akan berjalan semulus mungkin.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Apple baru saja memperkenalkan sistem kecerdasan buatan (AI) Apple Intelligence. Ini adalah fitur AI terbaru yang terdapat di sistem operasi Apple, termasuk...

Tech Industry

Last updated on 9 Juni, 2024 Unbox.id – Google telah merilis NotebookLM versi terbaru. Sekadar informasi, NotebookLM merupakan asisten peneliti dan penulis yang didukung...

Artikel

Jakarta, Unbox.id — Banyak yang mengunduh aplikasi streaming musik seperti YouTube Music, Spotify, Soundcloud, dan lain sebagainya untuk menikmati musik di latar belakang. Tahukah...

Tech Industry

Unbox.id – Salah satu syarat agar sebuah smartphone dapat beroperasi dengan stabil adalah memiliki daya tahan yang cukup untuk menunjang aktivitas sepanjang hari. Namun...