Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Spotify Hadirkan Tampilan Beranda dengan Fitur Terbaru, Mirip Tiktok

spotify
ilustrasi: berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id Baru-baru ini, para pengguna Spotify dikejutkan dengan update terbaru platform penyedia konten music tersebut. Pasalnya, dalam pembaruan fitur platform ini juga memunculkan konsep video layaknya Reels di Instagram maupun Tiktok.

Sebelumnya, pihak Spotify melalui acara Stream On telah memberi pengumuman terkait desain platform yang berubah. Tentu saja, hal ini akan memberikan perubahan terhadap algoritma konten dan dominasi kreator yang ada di dalamnya.

Baca juga: Centang Biru Instagram dan Facebook Seharga 200 Ribuan

Hal ini diperkuat oleh ungkapan CEO Spotify, Daniel Ek bahwa platform Spotify akan mengalami rombakan besar yang mencakup umpan halaman utama. Penampilan baru halaman rumah tersebut di klaim akan membuat platform semakin hidup.

Rombakan Besar Pada Halaman Rumah Platform Spotify

Meski nantinya platform musik tersebut akan merombak tampilan halaman depannya secara besar-besaran, tetapi tampilan utama grid akan tetap bertahan. Namun, platform akan membatasi jumlah grid menjadi lebih sedikit daripada sebelumnya.

Pada bagian bawah umpan halaman beranda, pengguna akan menemukan klip pendek musik yang dapat digeser seperti reels. Video-video tersebut berjajar secara lurus dari atas ke bawah mengikuti alur canvas.

Baca juga: Instagram Kenalkan Broadcast Channels Seperti Telegram

Pengguna juga dapat menentukan mana konten yang ingin mereka lihat, antara musik maupun podcast. Kedua pilihan tersebut ada di tab bagian atas, cukup dengan mengklik salah satunya, dan pengguna akan menikmati jenis konten sesuai keinginan.

Fitur-fitur Tambahan Lainnya

Selain fitur tersebut, Spotify juga akan segera meluncurkan yang lainnya seperti AI DJ serta Smart Shuffle. Fungsi AI DJ adalah untuk merekomendasikan musik dengan kecerdasan buatan serta memperkenalkannya pada para pengguna.

Kemudian, Smart Shuffle adalah hasil pengembangan dari fitur Enhance yang berfungsi untuk mencari lagu rekomendasi secara acak. Fitur tersebut dapat menyisipkan lagu rekomendasi dan memainkannya secara acak.

Khusus untuk fitur smart shuffle, pihak pengembang hanya akan menyediakannya bagi pengguna yang berlangganan premium. Artinya setelah platform tersebut mendapatkan pembaruan, Anda tidak bisa memanfaatkan smart shuffle kecuali berlangganan.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Spotify adalah layanan streaming musik dan podcast terpopuler saat ini. Layanan streaming ini memiliki jutaan judul lagu dari berbagai artis/musisi serta banyak...

Apps & Games

Unbox.id – Spotify akan menjadi perusahaan teknologi yang menerapkan kecerdasan buatan (AI) pada layanan streaming-nya. Ini bukan pertama kalinya Spotify mengacaukan AI, karena raksasa...

Apps & Games

Unbox.id – Spotify dilaporkan akan menaikkan harga berlangganan untuk layanan premiumnya setelah mempertahankan harga yang sama selama bertahun-tahun. Tanpa ragu, Spotify akan menggandakan harga...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – OpenAI, perusahaan di balik ChatGPT, memperkenalkan model generasi teks-ke-video pertama yang didukung kecerdasan buatan (AI) Sora pada hari Kamis. Perusahaan mengklaim...