Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

NVIDIA Hadirkan GPU RTX 4080 dan RTX 4090

NVIDIA RTX_1
NVIDIA hadrikan seri GPU RTX terbaru yang bisa diboyong oleh para penggunanya. (Sumber: Gizmologi)

Unbox.id – Sebagai sebuah perangkat komputer maupun laptop yang dibutuhkan, kehadiran sebuah GPU di dalam perangkat sistem tersebut pastinya menjadi hal yang penting untuk menunjang performanya tersebut. Sejalan akan hal tersebut, NVIDIA selaku salah satu produk teknologi yang terdepan dalam bagian komputer dan laptop, menghadirkan 2 GPU yang baru yaitu RTX 4080 dan juga RTX 4090. Lantas, apa saja yang baru dari sebuah GPU besutan NVIDIA ini?

NVIDIA Hadirkan Produk GPU Terbaru

NVIDIA RTX Series 40_1

Produsen sistem gadget komputer ini menghadirkan RTX 4080 dan juga RTX 4090 sebagai seri terbarunya. (Sumber: VideoCardz.com)

Sebuah produk-produk yang ada di dalam perangkat komputer ataupun laptop merupakan salah satu kesatuan yang hadir guna melengkapi kebutuhan dari penggunaan para penggunanya. Dalam hal ini, beragam inti sistem di dalam komponen ini menjadi inti utama untuk bisa menghasilkan spek yang mumpuni.

Sejalan akan hal tersebut, salah satu produsen yaitu NVIDIA telah hadir untuk menjawab kebutuhan dari para penggunanya komputer maupun laptop di seluruh dunia. Beragam produk telah dihadirkan agar bisa menunjang performa setiap teknologi yang ada di dalam perangktnya itu. Tidak hanya sampai di situ saja, NVIDIA dikabarkan telah merilis sebuah produk GPU terbaru yang mana memiliki performa yang mumpuni.

Dalam hal ini, NVIDIA bahkan menghadirkan 2 produk GPU yang mana bisa menjadi pilihan untuk para penggunanya. Ya, kedua produk NVIDIA GPU tersebut adalah GPU RTX 4080 dan juga RTX 4090 yang mampu menopang aktivitas dari para pengguna laptop maupun komputer di seluruh dunia. Seiring dengan dihadirkannya dua produk GPU tersebut, makan produk-produk itu akan menjadi pilihan sebagai pelengkap untuk digunakan dalam kesehariannya.

Tentunya dengan hadirnya produk GPU RTX 4080 dan juga RTX 4090 yang semakin canggih, kemampuan dari perangkat laptop maupun komputernya bisa akan menjadi mumpuni untuk digunakan dalam berbagai sistem seperti game, design, AI, ataupun sistem-sistem lainnya yang ada di perangkatnya tersebut.

Baca juga: Pilihan Laptop Murah Dengan Spek Sistem Mumpuni

Spek Dari NVIDIA RTX 4080 dan RTX 4090

NVIDIA RTX Series 40_3

Seri RTX Series 40 ini mempunyai spek yang mumpuni untuk menunjang perangkat komputer dan juga laptop para penggunanya. (Sumber: NotebookCheck.net)

Di desain oleh arsitektur Ada Lovelace, produk GPU terbaru ini telah didukung dengan NVIDIA ShadowPlay yang mana mampu menjalankan sebuah gameplay dengan resolusi 8K pada posisi 60 fps dan juga HDR. Seiring dengan adanya fitur tersebut, lalu bagaimana spesifikasi dari kedua seri RX 40 yang dihadirkan oleh NVIDIA ini?

Untuk RTX 4080, GPU ini menghadirkan dua pilihan opsi memori yang bisa diboyong oleh para pengugnanya. Kedua pilihan memori tersebut adalah GDDR6X 12GB dan juga GDDR6X 16GB yang mampu menunjang performa pada perangkatnya tersebut. Masing-masing varian memori ini mempunyai spesifikasi sendiri yang bisa dipilih.

Lebih lanjut, untuk GDDR6X 12GB diperlengkap 7.680 CUDA Cores dengan clokspeed hingga 2,31 GHz. Lalu diperlengkapi juga dengan 639 Tensor-TFLOPs, 92 RT-TFLOPs, serta 40 Shader-TFLOPs yang membutuhkan power supply minimal 700 watt. Sementara untuk produk GDDR6X 16GB, spesifikasinya sendiri terdiri dari 9.728 CUDA Cores, clockspeed 2.21 GHz hingga 2.51 GHz, 780 Tensor-TFLOPs, 113 RT-TFLOPs, serta 49 Shader-TFLOPs. Untuk versi yang 16GB ini, GPU ini membutuhkan power supply minimal 750 watt untuk penggunaannya.

Sementara untuk varian RTX 4090, spesifikasinya tidak jauh berbeda dengan varian RTX 4080. Varian GPU ini menggunakan memori GDDR6X 24GB yang dikabarkan memiliki kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan varian-varian sebelumnya. Untuk spesfikasi lengkapnya, GPU ini 16.384 CUDA Cores, clockspeed 2,23 GHz sampai 2,52 GHz, 1.321 Tensor-TFLOPs, 191 RT-TFLOPs, dan juga 83 Shader-TFLOPs. Namun untuk GPU ini, membutuhkan power supply yang lebih tinggi yaitu di angka minimal 850 watt.

Baca juga: Rekomendasi Pilihan Laptop Yang Cocok Untuk Pelajar

Harga Dari Seri GPU NVIDIA Terbaru

Seiring dengan dihadirkannya produk-produk GPU seri NVIDIA, harga yang ditawarkan tesendiri bisa dikatakan cukup mumpuni yang sebanding dengan spek perfomanya. Lantas, berapa harga dari produk terbaru dari NVIDIA ini? Untuk harganya sendiri, masing-masing harganya bisa berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Contohnya seperti RTX 4080 12GB dibanderol dengan harga 899 USD atau sekitar Rp. 13,5 juta dan sementara RTX 4080 16GB akan memiliki harga di angka 1.199 USD atau sekitar Rp. 18 juta. Lebih lanjut untuk RTX 4090 akan memiliki harga 1.599 USD atau sekitar Rp. 24 juta.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – Secara resmi, Nvidia telah memperkenalkan GPU alias kartu grafis terbaru mereka, yakni RTX 40 series. GPU buatan Nvidia tersebut tersedia dalam...

Spesifikasi & Harga

Jakarta, Unbox.id – Android TV box adalah merupakan sebuah perangkat elektronik yang dapat mengubah TV Anda menjadi smart TV. Sama seperti namanya, TV box...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Jika Anda penggemar Epic’s Fortnite dan berharap untuk melihatnya kembali ke iOS lagi, Anda beruntung dan layak bergembira. Seperti kita tahu...

Razer

Last updated on 13 Januari, 2019 Unbox.id – Ada desas-desus tentang laptop OLED di CES 2019. Razer telah bergabung dalam tren ini, menyatakan minatnya...