Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Mark Zuckerberg Borong 350.000 Chip dari Nvidia

Mark Zuckerberg NVIDIA Chip_1a
Mark Zuckerberg NVIDIA Chip. (Sumber: IT News)

Unbox.id – Bos Facebook Mark Zuckerberg saat ini memasukkan Meta ke dalam upayanya mengembangkan kecerdasan umum buatan (AGI). Untuk mewujudkan upaya tersebut, Mark Zuckerberg bahkan disebut telah membeli lebih dari 350.000 unit GPU Nvidia H100, hingga akhir tahun 2024. Mengutip The Register, keputusan Zuckerberg membeli GPU Nvidia terjadi setelah OpenAI mencoba “meningkatkan investasi hingga miliaran dolar”. Dolar AS untuk membangun jaringan pabrik chip. Tujuannya adalah untuk menyediakan akselerator kecerdasan buatan yang cukup untuk memenuhi permintaan yang ada. Kesediaan bos Facebook untuk membeli lebih dari sepertiga juta GPU Nvidia juga menunjukkan mengapa tim ChatGPT begitu antusias untuk memiliki lebih banyak pabrik prosesor. Asal tahu saja, para insinyur Zuckerberg saat ini sedang melatih model bahasa pembuatan konten baru mereka. Facebook berencana merilisnya ke publik, seperti yang diungkapkan Zuckerberg di Instagram.

Tim AI Generatif Meta

Meta AI Generatif_1a

Meta AI Generatif. (Sumber: Channel 9)

Zuckerberg mengatakan AI Research Group dan Meta Generative AI Group akan bekerja sama untuk mengembangkan kemampuan yang diperlukan untuk menciptakan AGI, atau kecerdasan umum buatan.

“Jelas bahwa generasi layanan berikutnya memerlukan pengembangan kecerdasan sintetis, yaitu pengembangan asisten AI paling cerdas”, AI untuk pencipta, AI untuk bisnis, dan kebutuhan lainnya di berbagai bidang, mulai dari penalaran hingga perencanaan melalui memori dan kemampuan kognitif lainnya”, Mark Zuckerberg menjelaskan rencananya.

Bos Facebook adalah bos dari perusahaan teknologi baru yang ingin menciptakan AGI. Copy AGI sendiri merupakan teknologi teoritis yang bisa lebih pintar dari manusia dalam berbagai tugas kognitif.

Kenapa Mark Zuckerberg Butuh Banyak GPU untuk AI AGI

Untuk membuat AGI, diperlukan pelatihan model bahasa. Zuckerberg mengatakan Meta sedang mencoba mengumpulkan 350.000 unit GPU Nvidia H100 untuk tugas ini.

Meta juga akan menggunakan chip lain untuk mencapai daya komputasi yang setara dengan 600.000 unit GPU H100 dari berbagai merek. Meta juga sedang mengembangkan silikon AI miliknya sendiri.

Tidak seperti perusahaan lain yang ingin mengembangkan AGI, Meta berencana untuk membagikan upayanya secara terbuka. Zuckerberg bahkan berjanji akan merilis model AGI miliknya agar pengembang lain dapat menggunakannya.

Tak Bakal Tinggalkan Metaverse Demi AI

Meski proyek AI sangat besar, Zuckerberg mengaku tidak akan langsung menyerah pada Metaverse dan berbagai proyek headset VR-nya. Daripada hanya berfokus pada AGI, Zuck mengatakan AGI akan membantu memperluas dan melengkapi konektivitas dunia realitas virtual 3D.

“Orang-orang akan membutuhkan alat baru untuk AI dan ini akan menjadi AI terbaik dengan alam semesta super seiring berjalannya waktu,” kata Zuck.

AI dan Manusia Butuh Jembatan

Selain itu, saat ini ada banyak orang yang menggunakan AI secara kreatif. Menurut Zuck, untuk menghubungkan interaksi manusia dengan AI, kacamata merupakan salah satu perangkat yang diperlukan. “Kacamata berbentuk ideal memungkinkan kecerdasan buatan melihat apa yang dilihat pengguna dan mendengar apa yang mereka dengar,” kata Zuck.

Meta baru-baru ini meluncurkan kacamata pintar dengan Ray-Ban sebagai bagian dari kemitraan mereka. Setiap kaca pintar dilengkapi dengan kamera, speaker, dan mikrofon.

Baca juga: NVIDIA Dan Pabrik Perakit IPhone Foxconn Jalin Kemitraan

Penjelasan Singkat Tentang AI Pada Meta

Meta AI_3c

Meta AI. (Sumber: Computerworld)

AI (Artificial Intelligence) berperan penting dalam berbagai produk dan layanan yang dikembangkan Meta. Beberapa aplikasi AI yang dapat terhubung ke Meta antara lain mengenali wajah di foto, mempersonalisasi konten berdasarkan preferensi pengguna, dan meningkatkan pengalaman pengguna di platform Meta seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Oculus VR.

Dalam konteks Meta, AI dapat digunakan untuk memproses dan menganalisis big data, memberikan rekomendasi konten yang lebih relevan, meningkatkan keamanan melalui pengenalan pola wajah dan mendukung pengembangan teknologi baru seperti augmented reality (AR) dan virtual reality (VR).

Namun, agar lebih akurat dan informasi terkini, disarankan untuk berkonsultasi dengan sumber Meta utama, berita atau pembaruan terbaru perusahaan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Kita tahu bahwa Nvidia dan Indosat Ooredoo Hutchinson akan berinvestasi dalam pengembangan AI atau kecerdasan buatan di Indonesia. Informasi tersebut diungkapkan Menteri...

Tech Industry

Unbox.id – Qualcomm resmi meluncurkan Snapdragon 7+ Gen 3 yang dilengkapi dengan kemampuan AI umum pada perangkatnya. Dijelaskan bahwa chipset Snapdragon ini mampu menjalankan...

Tech Industry

Unbox.id – Infinix akan mengirimkan chip Cheetah X1. Chip ini akan digunakan untuk meningkatkan manajemen daya di seri smartphone mereka yang akan datang. Infinix...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Qualcomm baru-baru ini mengumumkan agenda konferensi peluncuran produk baru pada hari Senin, tanggal 18 Maret 2024. Rencananya, mereka akan meluncurkan prosesor...