Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Snapdragon 8 Gen 4 Bakal Hadirkan Performa Tinggi

Snapdragon 8 Gen 4_1a
Snapdragon 8 Gen 4. (Sumber: Smartprix)

Unbox.id – Qualcomm dikabarkan tengah bersiap memperkenalkan chipset terbaru yakni Snapdragon 8 Gen 4. Seperti generasi sebelumnya, chipset ini akan digunakan di ponsel andalan Android mendatang. Chipset ini dikabarkan memiliki peningkatan performa yang cukup signifikan dibandingkan generasi sebelumnya. Snapdragon 8 Gen 4 akan memiliki konfigurasi inti CPU yang berbeda dengan seri 8 Gen 3. Beberapa rumor menyebutkan bahwa Snapdragon 8 Gen 4 akan memiliki dua core berperforma tinggi dan enam core berperforma menengah berdasarkan proses manufaktur 3nm dari TSMC.

Dikabarkan Sebelumnya Hadir di Oktober 2024

Snapdragon 8 Gen 4_2b

Snapdragon 8 Gen 4. (Sumber: Indie Tech)

Sebelumnya, Qualcomm mengonfirmasi Snapdragon 8 Gen 4 akan meluncur pada Oktober 2024. Rumornya pula, smartphone pertama yang dibekali prosesor tersebut adalah Xiaomi. Sebagian besar laporan menunjukkan bahwa chip ini akan memiliki skor benchmark yang jauh lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya.

Namun berdasarkan skor benchmark perangkat prototipe yang menggunakan chipset ini, hasilnya tidak jauh berbeda. Namun, leaker China Digital Chat Station mengungkapkan, seperti dikutip Phone Arena, prototipe tersebut hanya menggunakan core performa, tidak termasuk core performa.

Leaker tersebut juga mengklaim bahwa inti dari chipset Snapdragon terbaru ini berjalan pada kecepatan antara 3,6 GHz hingga 4,0 GHz. Snapdragon 8 Gen 4 mencetak Geekbench sekitar 2.700 pada pengujian single-core dan 10.000 pada pengujian multi-core.

Skor tersebut merupakan peningkatan signifikan dibandingkan Snapdragon 8 Gen 3 pada Galaxy S24 Ultra yang masing-masing mendapat skor 2.187 dan 6.669. Berdasarkan bocoran informasi, kemungkinan Qualcomm akan lebih meningkatkan kemampuan chipset tersebut sehingga membuahkan hasil benchmark. akan meningkat dalam beberapa bulan mendatang.

HP Android Asal Tiongkok yang Pakai Snapdragon 8 Gen 4

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, Snapdragon 8 Gen 4 diperkirakan akan diluncurkan tahun ini di acara tahunan Qualcomm, khususnya Snapdragon Summit 2024.

Snapdragon 8 Gen 4 akan dipasang di tiga merek ponsel baru, laptop yang diluncurkan awal tahun depan. Akun media sosial (medsos) 3. Kutipan unggahan dari Yogesh Brar (@heyitsyogesh), chipset Snapdragon 8 Gen 4 akan dipasang di Xiaomi 15/15 Pro, OnePlus 13, dan iQOO 13.

Seperti sebelumnya Xiaomi 13, ponsel baru Xiaomi ini akan diluncurkan terlebih dahulu di pasar Cina sebelum Xiaomi 15 dan 15 Pro akhirnya dirilis secara global.

Snapdragon X Plus Resmi Meluncur

Sementara itu, Qualcomm mengumumkan model terbaru dari lini Snapdragon X Series yang ditujukan untuk perangkat laptop. Kali ini, perusahaan tersebut meluncurkan Snapdragon X Plus.

Menurut Qualcomm, Snapdragon X Plus dilengkapi dengan CPU Qualcomm Oryon yang memberikan kinerja CPU hingga 37 persen lebih baik, tapi dengan konsumsi daya 54 persen lebih efisien dibandingkan pesaingnya.

Selain itu, chipset ini juga disebut dirancang untuk memenuhi operasional aplikasi berbasis AI on-device dengan Qualcomm Hexagon NPU yang mampu mencapai 45 TOPS. Diklaim Qualcomm, kemampuan ini menjadikannya NPU tercepat di dunia untuk laptop.

“Snapdragon X Plus akan mendukung PC AI-Supercharged, yang memungkinkan lebih banyak pengguna mencapai tujuan komputasinya seiring pesatnya perkembangan dan penerapan AI yang semakin revolusioner,” tutur SVP and GM Computer and Gaming Qualcomm Technologies Kedar Kondap dalam keterangan resmi yang diterima.

Baca juga: Snapdragon X Plus Resmi Meluncur, Intip Speknya

Snapdragon X Plus Bakal Punya Fitur AI

Snapdragon X Plus_1a

Snapdragon X Plus. (Sumber: Techno Idea)

Selain itu, fitur lainnya adalah kemampuan membuat musik di Audacity menggunakan Riffusion AI di perangkat. Jadi chipset ini mendukung pembuatan musik baru dari prompt atau musik yang sudah ada. Terakhir ada subtitle langsung di OBS Studio.

Kemampuannya dijelaskan mampu menerjemahkan 100 bahasa lisan menjadi rangkaian kata dalam 100 bahasa berbeda secara otomatis menggunakan Whisper di perangkat.

Rencananya beberapa merek akan mulai meluncurkan perangkat tersebut menggunakan Snapdragon X Juga pada pertengahan tahun 2024. Tak jauh berbeda, perangkat yang menggunakan Snapdragon.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Huawei

Jakarta, Unbox.id — Huawei telah meluncurkan seri Pura 70 sebagai penerus Kirin 9000s. Chip baru ini telah teruji dengan benchmark dan beban kerja di...

Tech Industry

Unbox.id – Qualcomm telah mengumumkan model terbaru dalam lini Snapdragon X Series untuk laptop. Kali ini perusahaan meluncurkan Snapdragon X Plus. Menurut Qualcomm, Snapdragon...

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah Amerika Serikat (AS) di bawah Joe Biden akan memberikan subsidi hingga $6,4 miliar atau sekitar Rs 103,5 triliun kepada Samsung. Menurut...

Tech Industry

Unbox.id – Pembahasan mengenai ponsel gaming tidak pernah berhenti. Selain itu, banyak ponsel dengan prosesor gaming bertenaga yang diluncurkan di pasaran, mulai dari model...