Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Nintendo Switch Hentikan Integrasi dengan X Twitter

Nintendo Switch_1a
Nintendo Switch. (Sumber: Games Idea)

Unbox.id – Ada kabar buruk bagi pengguna Nintendo Switch yang dulu suka membagikan tangkapan layar dan video gameplay mereka di X atau Twitter. Pasalnya Nintendo mengumumkan akan berhenti mengintegrasikan Switch ke jejaring sosial. Mengutip informasi dari Gizmodo, berakhirnya integrasi antara Nintendo Switch dan Twitter akan berlangsung pada 10 Juni 2024. Oleh karena itu, setelah tanggal tersebut, pengguna Switch tidak akan bisa berbagi konten secara langsung di X atau Twitter juga.

Integrasi ke Platform Sosial media

X Twitter_1a

X Twitter. (Sumber: Unilad)

Dengan pengumuman ini, satu-satunya opsi berbagi konten yang bisa dilakukan secara langsung adalah Facebook. Namun, Nintendo telah menyatakan bahwa opsi ini mungkin juga akan dihapus di masa mendatang.

Sementara bagi pengguna yang ingin terus berbagi momen bermain game, Nintendo menyarankan untuk menghubungkan Switch langsung ke PC atau mengirimkannya secara nirkabel ke perangkat lain.

Berakhirnya integrasi ini juga mempengaruhi hits populer seperti Super Smash Bros. Ultimate, Splatoon 2 dan Splatoon 3. Karena beberapa game tersebut sebelumnya memiliki opsi khusus untuk mengirimkan tweet yang berhubungan langsung dengan game tersebut. Selain itu, pengguna Switch tidak lagi dapat mengirim permintaan pertemanan di jejaring sosial karena integrasi ini rusak.

Sekadar informasi, Nintendo menjadi produsen konsol terbaru yang berhenti mendukung integrasi dengan X atau Twitter. Sebelumnya, Microsoft pertama kali melakukan hal ini pada April 2023, disusul Sony dengan PlayStation pada Oktober lalu.

Salah satu alasan di balik keputusan ini adalah biaya akses ke Twitter API X yang meningkat. Selain itu, integrasi dengan jejaring sosial mungkin tidak lagi menjadi prioritas bagi perusahaan seperti Microsoft, Sony, atau Nintendo.

Nintendo Beri Sinyal Ada Peluncuran Switch 2

Nintendo Switch 2_1a

Nintendo Switch 2. (Sumber: Gamers Corner)

Di sisi lain, Nintendo akan segera mengumumkan penerus Switch pada tahun fiskal berjalan yang berakhir Maret 2025. Namun, informasi mengenai konsol tersebut belum akan terungkap dalam waktu dekat.

Informasi tersebut diketahui dari seseorang yang diposting oleh Presiden Nintendo Shuntaro Furukawa di akun X-nya Dikutip Engadget, Shuntaro juga menulis bahwa informasi mengenai Nintendo Switch 2 tidak akan diungkap selama acara Nintendo Direct pada Juni 2024.

“Kami akan mengadakan Nintendo Direct pada bulan Juni. Tahun ini akan memperkenalkan lini perangkat lunak Nintendo Switch pada tahun 2024, tetapi dengan Note tidak akan ada informasi tentang penerus Nintendo Switch selama program presentasi”, tulis Shuntaro.

Dengan pengumuman ini, kemungkinan besar informasi tentang Penerus Switch berikutnya baru akan terungkap pada paruh kedua tahun 2024. Bahkan, bukan tidak mungkin pihak perusahaan akan mengumumkannya pada akhir tahun ini.

Sebagai informasi, kepastian tersebut sekaligus membantah beberapa rumor sebelumnya yang mengklaim bahwa Switch generasi kedua akan hadir diperkenalkan pada tahun 2024. Switch sendiri sudah diumumkan pertama kali pada bulan Maret 2015.

Baca juga: Nintendo Beri Sinyal Ada Peluncuran Switch 2

Laporan Keuangan Nintendo

Bersamaan dengan pengumuman tersebut, Nintendo juga merilis laporan pendapatan perusahaannya. Dari laporan tersebut, diketahui penjualan Switch mencapai 15,7 juta unit pada tahun fiskal yang berakhir Maret 2024. Jumlah tersebut jauh melebihi perkiraan perusahaan sebelumnya sebesar 15,5 juta unit.

Hal ini tentu berdampak pada peningkatan pendapatan dan laba dibandingkan tahun sebelumnya. Namun, perkiraan pendapatan untuk tahun finansial saat ini tidak terlalu bagus. Penjualan Nintendo Switch diperkirakan turun menjadi 13,5 juta unit pada tahun fiskal berjalan, yang berdampak pada penurunan pendapatan dan laba operasional perusahaan.

Informasi ini senada dengan rumor terbaru yang menyebut kalau Nintendo akan merilis konsol Switch generasi baru di awal Maret depan. Informasi ini diketahui berdasarkan laporan terbaru dari Nikkei News.

Sebagaimana dikutip dari GizChina, Nintendo akan meluncurkan generasi penerus Switch pada awal Maret 2025.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Hardware

Unbox.id – Pejabat Nintendo telah secara resmi mengakui keberadaan konsol baru tersebut dan memberi isyarat kapan Nintendo Switch 2 akan diungkap. Namun Nintendo Switch...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Nintendo akan segera mengumumkan penerus Switch pada tahun fiskal berjalan yang berakhir Maret 2025. Namun, informasi mengenai konsol tersebut belum akan diungkap...

Tech Industry

Unbox.id – Elon Musk saat ini sedang mengembangkan aplikasi baru untuk platform jejaring sosial X miliknya agar dapat diinstal di perangkat Smart TV. Ya,...

Apps & Games

Unbox.id – X, alias Twitter, telah memperluas dukungan untuk keamanan login kata sandi, menjadikan opsi tersebut tersedia bagi pengguna di seluruh dunia, selama mereka...