Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Mengetahui Lebih Detail TV 8K UHD Yang Berkualitas OK

TV 8K UHD_1a
TV 8K UHD. (Sumber: ZDNET)

Unbox.id – Tren TV beresolusi 8K sedang menjadi pilihan banyak orang saat ini. Samsung adalah merek pertama yang menawarkan TV dengan teknologi 8K. Kehadiran teknologi ini tentunya membawa beberapa keunggulan yang tidak dimiliki TV generasi sebelumnya, yakni 4K UHD dan Full HD. Seperti yang Anda ketahui, TV saat ini tidak hanya terbatas untuk keperluan menonton TV, tetapi juga banyak kebutuhan lain seperti mengakses komputer, menjelajahi web, menonton video, dll. Produk TV saat ini semuanya menggunakan asisten suara seperti Alexa, Bixby, Google Assistant dan memungkinkan interaksi jarak jauh dengan suara melalui fitur mikrofon TV. Semakin besar ukuran panel, semakin tinggi pula resolusi tampilannya, sehingga resolusi 8K akan semakin banyak di pasaran. Beberapa perusahaan percaya bahwa 8K secara bertahap akan digunakan pada layar yang lebih besar untuk menggantikan resolusi 4K.

Kelebihan TV 8K

TV 8K UHD_2b

TV 8K UHD. (Sumber: CNET)

TV 8K memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan TV lain yang saat ini ada di pasaran. Berikut adalah beberapa keunggulan TV ini. TV beresolusi 8K hadir dengan 33 juta piksel (7680 x 4320). Resolusi ini 4 kali lebih tinggi dari 4K dan 16 kali lebih tinggi dari FHD.

Hadir dengan dukungan Quantum HDR24X, yang memungkinkan penyesuaian kurva PQ atau Perceptual Quantizer pada setiap scene untuk menghasilkan warna yang lebih tajam dan tingkat kecerahan yang maksimal serta detail yang sangat baik. TV 8K hadir dengan berbagai pilihan layar. Layar terbesar hadir dengan ukuran 98 inci.

Layar yang lebih besar membutuhkan lebih banyak piksel untuk mendapatkan gambar yang sempurna. Resolusi 8K dapat meningkatkan kerapatan piksel untuk menampilkan gambar dengan kualitas lebih tajam.

Ultra Viewing Angle

TV dengan teknologi 8K hadir dengan pembaruan Ultra Wide Viewing Angle sehingga backlight dapat menembus panel TV secara lebih merata di seluruh layar. Ini karena struktur panel yang lebih baik dan adanya algoritme kalibrasi layar baru untuk sudut pandang TV yang lebih baik.

Hasilnya adalah kualitas gambar yang memukau secara konsisten dari sudut mana pun, tanpa pantulan atau silau di siang hari atau di ruangan yang terang. Kemampuan HDR atau Rentang Dinamis Tinggi TV ini memengaruhi rentang cahaya dan memberikan gamut warna yang lebih luas.

Alhasil, TV ini memiliki peningkatan resolusi 4x lipat dan mampu memberikan tampilan yang lebih realistis. TV 4K memiliki kerapatan piksel 52 ppi sedangkan TV 8K memiliki kerapatan piksel 104 ppi. Fitur ini memberikan detail TV yang lebih baik dan gambar yang lebih realistis.

Saat menonton dari jarak dekat dari TV, area menonton yang nyaman lebih luas karena pikselnya tidak terlihat.

Baca juga: Pilihan Rekomendasi TV Digital Harga Dibawah 2 Juta

Kekurangan TV 8K

TV 8K UHD_3c

TV 8K UHD. (Sumber: Best Buy Canada)

Transisi dari teknologi 4K ke 8K ini sama dengan transisi yang diaktifkan panel dari Full HD ke 4K. Tingkat keberhasilan transisi harus didukung oleh ekosistem yang mencakup kemampuan untuk memproduksi dan mendistribusikan konten 8K.

Ekosistem 8K masih jarang digunakan, sehingga diperlukan upgrade atau peningkatan pada TV untuk menampilkan kualitas 8K yang mumpuni. Meskipun TV 8K ini didukung dengan resolusi yang sangat tinggi dan tampilan super jernih, namun kenyataannya konten yang tersedia untuk TV ini masih belum 8K.

Sepertinya butuh waktu lama agar konten unggulan memiliki resolusi 8K. TV beresolusi 8K yang saat ini beredar di pasaran masih memiliki banderol harga yang tinggi. Bahkan ada produk yang ditawarkan untuk dijual dengan harga yang sama dengan mobil mewah.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – LG Electronics Indonesia merilis jajaran TV OLED LG level tertinggi yakni evo G3. Layarnya menawarkan kecerahan dan kejelasan yang lebih tinggi serta...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – TV 8K terbaik menghadirkan gambar yang benar-benar luar biasa. Itu karena mereka memiliki piksel empat kali lebih banyak daripada TV 4K terbaik,...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Kehadiran smartphone diharapkan dapat menggantikan berbagai perangkat elektronik, termasuk televisi. Namun hingga saat ini permintaan penggunaan TV masih tinggi, terutama Smart TV...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Kominfo 2 November 2022 mengimbau masyarakat untuk mengalihkan semua televisi analog ke digital. Sebelumnya, Kominfo juga melakukan migrasi dalam 2 tahap: 30...