Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Laptop Intel Sesuai Fungsinya Secara Lengkap!

Laptop Intel_1a
Laptop Intel. (Sumber: Intel)

Unbox.id – Sejak kemunculannya di tahun 70-an, laptop bukan lagi barang mahal yang hanya dimiliki segelintir orang. Bahkan saat ini sudah banyak laptop dengan harga yang berbeda-beda yang memungkinkan masyarakat untuk memilikinya. Laptop bukan lagi sekedar barang mewah tetapi “wajib” yang membantu orang melakukan banyak tugas yang sebelumnya hampir tidak mungkin dilakukan. Berbagai jenis laptop pun telah dirilis, mulai dari laptop minimalis hingga laptop high-end untuk kerja berat. Sebagai orang yang aktif, Anda tentu juga membutuhkan perangkat ini, mulai dari mengetik, browsing, mendesain hingga mengedit foto. Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk membeli laptop sendiri, mari telusuri rak buku untuk menemukan berbagai jenis laptop yang paling banyak digunakan.

Traditional Laptop

Komputer laptop tradisional adalah jenis laptop paling awal yang dikenal manusia. Bentuk laptop tradisional seringkali seperti kulit kerang, juga dikenal sebagai kulit kerang, dengan layar di dalam dan keyboard di sisi yang berlawanan.

Dalam perkembangannya, laptop jenis ini tidak lagi sepenuhnya melengkung, melainkan hanya melengkung di semua sudutnya.

Selain itu, laptop jenis ini juga biasanya memiliki layar berukuran 10 hingga 17 inci dan dilengkapi dengan sistem operasi mainstream seperti macOS, Linux atau Windows 10. Laptop ini merupakan jenis laptop paling populer yang tersedia di pasaran.

Dapat Anda temukan di pasar, beberapa contoh komputer notebook tradisional yang sering Anda lihat adalah salahs atu contohnya.

Subnotebook

Subnotebook_2b

Subnotebook. (Sumber: CNET)

Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi, laptop sub-portable adalah pilihan terbaik. Jenis sub-portabel ini dirancang khusus untuk ultra-portabel, berukuran kecil, ringan, seringkali dengan masa pakai baterai yang lama. Biasanya sub laptop memiliki bobot yang lebih ringan dari laptop biasa, berkisar antara 0,8 – 2kg.

Tidak berhenti sampai di situ, daya baterai yang dapat digunakan hingga 10 jam menjadi keunggulan laptop dibandingkan dengan laptop sebelumnya. Namun sejak kemunculan netbook dan ultrabook, pembagian antara subnotebook dan laptop semakin kabur.

Netbook lebih standar dan lebih terjangkau, sementara beberapa ultrabook terlalu besar untuk dianggap sebagai laptop sekunder.

Nah, untuk membedakan ketiga tipe ini, dibutuhkan jeli, baik melalui spesifikasi maupun tampilan luarnya. Beberapa contoh ultraportable sangat populer di pasaran saat ini.

Baca juga: Pilihan Laptop Untuk Konten Kreator Yang Canggih

Netbook

Sedikit berbeda dengan laptop sebelumnya, netbook merupakan laptop ringan dengan harga terjangkau dan daya tahan baterai rendah. Laptop ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008, dengan bobot kurang dari 1kg dan lebar layar kurang dari 9 inci. Ini menjadikannya laptop paling ringan saat itu.

Nama “netbook” sendiri merupakan gabungan dari kata “net” yang berarti internet dan “book” yang berarti notebook. Pada dasarnya laptop jenis ini didesain khusus untuk browsing internet dan mengetik aplikasi office. Oleh karena itu, daya tahan baterai laptop ini tidak terlalu lama.

Oleh karena itu sangat ideal bagi Anda yang membutuhkan laptop terjangkau untuk pekerjaan standar yang tidak terlalu berat. Beberapa model netbook populer saat ini ada di pasaran.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Review Produk

Jakarta, Unbox.id – Lenovo GeekPro Gaming Desktop 2024 telah rilis di negara asalnya, Tiongkok. Produk tersebut memiliki beberapa tambahan baru pada jajaran mesin gaming...

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah AS disebut-sebut sedang mempertimbangkan untuk memberikan subsidi lebih dari USD 10 miliar atau setara sekitar Rp 157 triliun kepada Intel Corp....

Review Produk

Jakarta, Unbox.id – Pada bulan Januari lalu, perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Samsung telah meluncurkan laptop seri Galaxy Book 4. Peluncuran perangkat laptop ini...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Brand teknologi asal Taiwan, MSI (Micro Star International) saat ini tengah bersiap-siap untuk merilis laptop TITAN 18 HX. Produk ini menyasar...