Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Intel Hadirkan Chipset Terbaru Core Generasi Ke 14

Intel
Intel | foto: Trusted Reviews

Jakarta, Unbox.id – Intel telah mengumumkan prosesor desktop seri Core generasi ke-14 yang baru berdasarkan arsitektur Raptor Lake yang diperbarui. Mereka adalah Core i9-14900K/KF, Core i7-14700K/KF, dan Core i5-14600K/KF.

Chip baru ini pada dasarnya merupakan prosesor versi overclock dari model generasi sebelumnya, dengan beberapa perangkat lunak dan fitur konektivitas baru. Hanya model i7 yang mengalami beberapa perubahan pada tata letak intinya.

Baca juga: Xiaomi 14 Terbaru Segera Rilis, Simak Bocoran Spesifikasinya

Tapi pertama-tama, mari kita mulai dari atas. 14900K (dan varian non-iGPU 14900KF) memiliki sedikit peningkatan pada kecepatan clock. Akan tetapi cukup bagi Intel untuk mengklaim mahkota CPU pertama yang mencapai 6,0GHz untuk kedua kalinya. 

Intel Luncurkan Generasi Terbaru, Core Series Generasi Ke 14

Perusahaan telah membuat klaim ini dengan 13900KS tetapi chip tersebut terjual dalam jumlah kecil sedangkan 14900K di katakan sebagai chip pertama yang mencapai 6.0GHz yang akan tersedia dalam jumlah besar. Selain itu, tidak banyak perubahan ketimbang varian 13900K.

Intel

ilustrasi | foto: beebom

14700K sedikit mengubah keadaan dan menambahkan beberapa E-core tambahan ketimbang pendahulunya, mengambil angka dari 8+8 menjadi 8+12. Kecepatan jam (clockspeed)-nya juga meningkat, begitu pula jumlah cache.

Baca juga: Laptop Baru Asus Vivobook Go 14 dan Go 15, Apa Bedanya?

Lalu yang terakhir adalah 14600K, yang kembali mengalami sedikit peningkatan kecepatan clock (clockspeed) untuk membenarkan keberadaannya. Model dengan GPU terintegrasi memiliki fitur UHD Graphics 770 yang sama dengan model generasi sebelumnya.

Fitur-fitur Baru di dalamnya

Yang baru untuk generasi ini adalah Intel Application Optimization, yang dirancang untuk meningkatkan threading aplikasi dan penjadwalan thread pada sistem operasi agar dapat memanfaatkan arsitektur hybrid chip ini dengan lebih baik.

Perusahaan memberi peningkatan hingga 16% pada judul-judul tertentu dengan fitur baru ini, tetapi juga mengakui bahwa fitur tersebut tidak akan menguntungkan semua game. Mereka juga memamerkan perangkat lunak Intel XTU baru.

Intel

ilustrasi | foto: wccftech

Perangkat lunak tersebut dilengkapi fitur overclocking berbantuan AI untuk chip barunya. Produk terbaru ini tampaknya telah meningkatkan pengontrol memorinya, dan sekarang mengklaim dukungan untuk lebih dari kit XMP 8000 MHz.

Informasi Lainnya

Ada juga peningkatan di bagian depan konektivitas. Chip generasi ke-14 yang baru akan menampilkan dukungan terintegrasi untuk Wi-Fi 6/6E dan Bluetooth 5.3, serta dukungan terpisah untuk Wi-Fi 7 dan Bluetooth 5.4. 

Ada juga dukungan untuk Thunderbolt 5 mendatang, yang menggandakan bandwidth Thunderbolt menjadi 40Gbps. Terakhir, chip generasi ke-14 yang baru akan kompatibel dengan motherboard chipset seri 600 dan 700 yang sudah ada dengan soket LGA 1700.

Artinya motherboard apa pun yang mendukung Intel generasi ke-12 dan ke-13 juga akan berfungsi dengan generasi ke-14. Chip Intel baru akan tersedia dengan harga yang sama dengan suku cadang generasi sebelumnya, mulai 17 Oktober.

Sumber: GSM Arena

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Pemerintah Tiongkok telah mengeluarkan pedoman yang melarang penggunaan prosesor AMD dan Intel. Menurut Financial Times, seperti dikutip Engadget, larangan prosesor AS menandai...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Qualcomm baru-baru ini mengumumkan agenda konferensi peluncuran produk baru pada hari Senin, tanggal 18 Maret 2024. Rencananya, mereka akan meluncurkan prosesor...

Software

Jakarta, Unbox.id — MediaTek kini berhasil menyaingi dominasi SoC Snapdragon dari Qualcomm dengan seri Dimensity 9000 miliknya. Hal ini terbukti dari skor milik Oppo...

Review Produk

Jakarta, Unbox.id – Lenovo GeekPro Gaming Desktop 2024 telah rilis di negara asalnya, Tiongkok. Produk tersebut memiliki beberapa tambahan baru pada jajaran mesin gaming...