Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Dobrak Tantangan Untuk Optimalkan Teknologi Pengembangan Bisnis di Indonesia

Teknologi Digital_1a
Teknologi Digital. (Sumber: ToffeeDev)

Unbox.id – Pada seminar literasi digital dengan tema “Investasi dan bisnis menguntungkan di era digital”, Tina Maryana, Direktur Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Pangandaran, menjelaskan Cinta bahwa teknologi dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis. Namun, masih banyak tantangan di Indonesia untuk mengoptimalkan teknologi dalam pengembangan bisnis. Tantangan tersebut meliputi masalah keterampilan sumber daya manusia, serta inovasi dan teknologi. “Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) saat ini tidak bisa lagi mengabaikan teknologi digital. Memang pemasaran, jual beli produk tidak hanya dilakukan dengan cara konvensional, tetapi juga dengan cara konvensional yang dilakukan secara digital,” kata Tina. saat workshop yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan organisasi Cyber ​​​​Innovations of the National Movement for Digital Literacy (GNLD).

Peningkatan Performa Bisnis

Ia menambahkan, peningkatan efisiensi bisnis dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai teknologi yang ada. Misalnya aplikasi manajemen keuangan, metode pembayaran online, teknologi barcode untuk informasi produk, serta cara penggunaan point of sale.

Selain itu, kata Tina, di era digital saat ini, konsumen juga banyak yang melek digital, sehingga produsen juga harus bisa mengikutinya.

“Hasilnya, UMKM dapat mewujudkan transformasi digital melalui penggunaan aplikasi akuntansi kas, aplikasi manajemen inventaris, pemasaran digital, pembayaran digital, atau menggunakan fitur chatbot di Whatsapp untuk bisnis,” tambahnya.

Menurut Kepala Bidang Informasi, Komunikasi dan Statistik, Dinas Media, IT, Statistik dan Sandi Provinsi Pangandaran, Dudung Cahyadi, siapa saja bisa menggunakan teknologi digital sebagai sarana investasi.

Menyerap Tenaga Kerja Baru

Teknologi Digital_2b

Teknologi Digital. (Sumber: JawaPos)

Beberapa contoh penerapan teknologi digital dalam investasi adalah investasi emas digital, reksa dana digital, saham digital, investasi valas, investasi real estate dan elektronik komersial.

“Investasi pada e-commerce akan tetap menjadi andalan perekonomian Indonesia pada 2023 karena sektor tersebut terus mendominasi pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Dudung mengutip pernyataan Ketua Dewan Asosiasi E-Commerce Indonesia Rudiantara.

Terkait e-commerce, lanjutnya, akan membawa banyak keuntungan bagi pelaku bisnis. Selain tidak mengeluarkan banyak uang untuk pemasaran, biaya operasional juga bisa ditekan. Ini tentu dapat meningkatkan efisiensi bisnis. Daya saing dapat memperkuat dan menarik pekerja baru.

“Namun, pemanfaatan digital untuk mengembangkan bisnis tetap harus disertai dengan kewaspadaan terhadap keamanan transaksi digital. Selain itu, pastikan alamat tujuan pengiriman sudah benar dan lakukan due diligence untuk mengkonfirmasi setiap transaksi,” ujar Dudung.

Kenali Potensi dan Minat Diri

Sedangkan menurut leader/key influencer Husein Ali, untuk menjadi orang yang dominan dan kompeten dalam konteks teknologi digital yang marak digunakan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

Pertama-tama, kita harus menyadari potensi dan minat kita sendiri. Kedua, biasakan untuk selalu berbagi informasi di kamera.

“Bagaimana menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan bertalenta di era digital?” Yang bisa dilakukan adalah menyelenggarakan pertunjukan yang baik, menciptakan motivasi atau memilih program yang bernilai atau berkualitas,” ujarnya.

Baca juga: Ketahui Apa E-Wallet Yang Paling Populer Di Indonesia

Peran Pemerintah

Pemerintah dapat mengembangkan kebijakan dan peraturan yang memfasilitasi pertumbuhan industri teknologi. Ini termasuk menerbitkan kebijakan tentang perizinan, perpajakan, investasi, dan peraturan yang terkait dengan teknologi baru seperti keamanan siber dan perlindungan data.

Seperti memperluas akses internet berkecepatan tinggi, mendukung pengembangan teknologi 5G dan meningkatkan konektivitas di daerah terpencil dan terisolasi. Infrastruktur yang memadai sangat penting untuk mendukung pertumbuhan perusahaan teknologi di seluruh negeri.

Pemerintah dapat membantu menyiapkan fasilitas penelitian dan pengembangan (R&D) yang dapat digunakan perusahaan teknologi untuk mengembangkan produk dan layanan inovatif. Dukungan tersebut dapat berupa insentif, dana penelitian dan kemitraan dengan perguruan tinggi dan lembaga penelitian.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Belakangan ini, iPhone SE 4 sedang ramai diberitakan. Kabar terkini menunjukkan bahwa Samsung telah menolak tawaran Apple untuk memproduksi panel OLED untuk...

Tech Industry

Unbox.id – Biasanya sebagian masyarakat masih meneruskan tradisi memberi bingkisan saat Natal dan Tahun Baru, tidak hanya kepada teman dekat dan sanak saudara saja,...

Tech Industry

Unbox.id – Pernahkah Anda membaca headline yang mengandung unsur clickbait? Judulnya eksplosif dan mengundang rasa penasaran, padahal isinya belum tentu sama. Situs clickbait ini...

Tech Industry

Unbox.id – Konferensi Perjalanan AI Internasional VIII diadakan di Moskow, Rusia, pada tanggal 22 hingga 24 November 2023. Acara tersebut merupakan forum terdepan bagi...