Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Membahas Peran Penting AI Untuk Kebutuhan Manusia

Kecerdasan Buatan AI_2b
Kecerdasan Buatan AI. (Sumber: JAIN Online)

Unbox.id – Konferensi Perjalanan AI Internasional VIII diadakan di Moskow, Rusia, pada tanggal 22 hingga 24 November 2023. Acara tersebut merupakan forum terdepan bagi para ilmuwan dan pelaku industri untuk membahas perkembangan terkini terkait kecerdasan buatan atau AI. Acara ini memberikan penekanan khusus pada jaringan saraf dan perannya dalam penemuan ilmiah baru, sekaligus menyoroti pentingnya AI bagi perkembangan bisnis dan masyarakat secara keseluruhan. Berdasarkan keterangan resmi yang diterima, acara ini dihadiri lebih dari 200 pembicara dari berbagai negara, seperti Rusia, India, China, Brazil, Malaysia, Indonesia, Uni Emirat Arab, Amerika, dan Afrika Selatan.

Mengetahui Gagasan Utama dari Konferensi

Kecerdasan Buatan AI_1a

Kecerdasan Buatan AI. (Sumber: InfoWorld)

Ide utama dari konferensi ini adalah untuk mempopulerkan AI, khususnya di kalangan generasi muda, terutama dengan partisipasi siswa berbakat yang telah mengembangkan proyek inovatif.

Disiarkan oleh ba Bahasanya adalah Rusia, Inggris dan Arab, ini konferensi ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa kecerdasan buatan sebagai sebuah alat dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi manusia di berbagai bidang kehidupan.

Puncak konferensi ini adalah diskusi mengenai revolusi AI yang inovatif: peluang baru, di mana Presiden Rusia, Vladimir Putin, berpartisipasi langsung. Diskusi ini dimoderatori oleh Herman Gref, CEO dan Ketua Dewan Direksi Bank Tabungan, yang membahas perkiraan kemajuan terbesar AI di bidang kesehatan, pendidikan, dan pengembangan sistem manajemen baru.

Seperti diketahui, semakin banyak orang yang berinvestasi dalam penciptaan model inovatif. Semakin banyak perusahaan yang mempercayakan AI dengan tugas-tugas rutin yang tidak memerlukan campur tangan manusia. Selain itu, perusahaan internasional juga menggunakan AI umum dalam perdagangan, optimalisasi logistik, dan banyak aktivitas lainnya.

Faktanya, Tiongkok dan India telah belajar menggunakan AI untuk meningkatkan produktivitas pertanian, dan di Malaysia, AI digunakan untuk memverifikasi keaslian barang konsumsi, obat-obatan, dan makanan.

Peran Jaringan Neural Untuk Perlindungan

Di bidang perlindungan lingkungan, jaringan saraf memainkan peran yang lebih penting. Misalnya, dalam dekarbonisasi, restorasi hutan, dan pengelolaan limbah, meskipun hal ini juga menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana cara mengurangi emisi hidrokarbon dari model AI itu sendiri.

Salah satu solusi saat ini adalah mendaur ulang dan menggunakan kembali model yang sudah ada dibandingkan membuat model baru dari awal. Relevansi dan legalitas penggunaan AI dalam perlindungan lingkungan juga dikonfirmasi oleh survei yang dilakukan di Rusia oleh Sber dan Rambler & Co.

Hasil penelitian tersebut menegaskan keyakinan masyarakat Mereka memasukkan AI dalam konteks agenda ramah lingkungan. Sebagian besar responden mengatakan mereka percaya AI akan membantu umat manusia mengatasi tantangan iklim dengan memprediksi bencana alam, perubahan dan risiko, dan bahkan membantu menciptakan material ramah lingkungan.

Selain itu, jaringan saraf juga menempati posisi penting dalam dunia medis. Di Rusia, visi komputer digunakan untuk menafsirkan CT scan, gambar sinar-X, mammogram, serta secara otomatis mengisi dokumen medis dengan suara dan bahkan untuk mendiagnosis penyakit.

Baca juga: Chatbot AI Google Bard Mulai Belajar Pahami YouTube

Penerapan AI Dalam Dunia Kreatif

AI Generatif_3c

AI Generatif. (Sumber: Tech Inspiring)

AI juga diterapkan dalam industri seni dan kreatif. Misalnya, Sber memperkenalkan model generatif Kandinsky 3.0 sebagai jaringan saraf yang kini memahami kueri teks dengan lebih baik dan dapat membuat gambar realistis hanya dalam beberapa detik, gambar dan ilustrasi artistik disertai sketsa.

Kandinsky 3.0 adalah jaringan saraf yang nyaman, berfungsi penuh, dan gratis. Jaringan ini memahami permintaan dalam lebih dari 100 bahasa dan menawarkan lusinan gaya pembuatan gambar.

Jaringan neural juga berkinerja baik dalam memproses gambar bergerak. Bukti paling mencolok dari kemungkinan ini ditunjukkan oleh Kandinsky Video, model pertama di Rusia yang memproduksi video berdurasi penuh hingga 8 detik.

Kemampuan model ini telah ditunjukkan oleh Alexander Vedyakhin, yang pertama wakil ketua dewan direksi Bank Tabungan. Pengguna dapat menggunakan jaringan saraf ini untuk membuat klip video unik secara gratis.

Menurut pernyataan pengembang, template ini akan membuka banyak peluang baik untuk kreativitas maupun manajemen pekerjaan sehari-hari.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Adobe kembali meluncurkan alat unik yang mereka sebut sebagai Project Music GenAI Control. Sebuah alat yang mampu mengubah teks menjadi musik...

Tech Industry

Unbox.id – CEO Apple Tim Cook baru-baru ini mengirimkan pesan ke Wall Street. Ia yakin tahun ini Apple akan melakukan inovasi dalam hal penciptaan...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Publik telah akrab dengan asisten virtual seperti Siri, Alexa, dan Google Assistant, akan tetapi tidak dengan buatan Tecno. Perusahaan tersebut kini...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Baru-baru ini, Elon Musk tengah menggugat perusahaan pengembang kecerdasan buatan OpenAI. Tokoh yang mendirikan SpaceX tersebut menuntut OpenAI untuk membuka suara...